.

Sabtu, 17 Februari 2018

EVALUASI DAMPAK INDUSTRI HIJAU

Oleh : Fatkhur Rokhman (F05-Fatkhur)
ABSTRAK
Indonesia masih memerlukan inovasi di sektor industri dalam upaya pengelolaan lingkungan hijau. Maka itu, pelaku industri dituntut untuk berusaha secara aktif dan bijak dalam menggunakan sumber daya dan teknologi yang ramah lingkungan sehingga menciptakan efektivitas dan efisiensi bagi keberlanjutan usahanya.Sedangkan, Kementerian Perindustrian sebagai pembina industri nasional, berkomitmen memacu para pelaku industri untuk terus mengembangkan inovasi yang mendorong peran perusahaan melakukan perbaikan lingkungan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Penganugerahan Social Business Innovation Award & Green CEO Award 2016 di Jakarta, Kamis malam (25/8). Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada kalangan dunia usaha yang telah mendukung dan berupaya keras dalam meningkatkan kualitas praktek bisnisnya agar semakin bermanfaat bagi perusahaan, masyarakat dan lingkungan.
Kata Kunci : Industry Hijau
Isi/Pembahasan
Menurut Ahmad dan kawan-kawan ada beberapa evaluasi Dampak Sosial dan Ekonomi Industri Hijau :
1. Efektifitas 
Tujuan meningkatkan pertumbuhan kegiatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kesempatan kerja dan peluang berusaha di sektor formal dan informal sudah tercapai. Hal serupa juga dikatakan oleh informan yang telah diwawancara. Selain itu pembangunan Kawasan Industri Candi juga meningkatkan PAD dan devisa negara.
2. Efisiensi 
Usaha yang dilakukan sangat mempengaruhi tingkat efisiensi suatu program. Semakin banyak usaha yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan maka semakin tidak efektif program tersebut. Usaha yang telah dilakukan antara lain adalah penghijauan, pembangunan embung sementara, dan perbaikan jalan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa usaha tersebut bersifat sementara dan tidak total. 
3. Kecukupan 
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat dilihat bahwa dari aspek ekonomi memang alih fungsi lahan hijau menjadi Kawasan Industri Candi telah cukup memecahkan masalah tenaga kerja dan peningkatan pendapatan. Namun, dari aspek sosial pemecahan masalah yang ada belum cukup yaitu Persepsi Masyarakat, Keresahan Masyarakat, Estetika Lingkungan, Kenyamanan dan Kesehatan
4. Pemerataan 
Dari hasil wawancara, sebagian besar informan mengatakan manfaat ekonomi dan sosial yang dirasakan belum merata antara masyarakat satu dengan lainnya. Faktor utama yang menyebabkan hal ini adalah tingkat pendidikan dan tingkat kreatifitas masyarakat dalam memanfaatkan peluang. Sedangkan pemerintah telah mendapatkan manfaat yang cukup besar. PT. IPU dinilai merupakan pihak yang paling diuntungkan dalam alih fungsi lahan hijau menjadi Kawasan Industri Candi ini.
5. Responsivitas 
Dalam hal ini baik pemerintah maupun masyarakat memiliki harapan dan kebutuhan masing-masing. Harapan dan kebutuhan masyarakat tersebut antara lain: penghijauan, pembangunan embung, perbaikan jalan, perekrutan tenaga kerja dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Pembangunan embung dan perbaikan jalan hingga saat ini belum terealisasi dengan baik karena tidak dilakukan dengan totalitas.
6. Ketepatan 
Berdasarkan hasil wawancara informan dari berbagai stakeholder dan dokumentasi, maka diperoleh beberapa kegunaan program alih fungsi lahan hijau menjadi Kawasan Industri Candi sebagai berikut:
(1) Melalui sumbangan PAD Kawasan Industri Candi, pemerintah Kota Semarang terbantu dalam melakukan aktifitas pemerintahan dan pelayanan publik,
(2) Pembangunan Kawasan Industri Candi membuka kesempatan kerja dan berusaha yang cukup besar,
(3) Peningkatan pendapatan masyarakat sekitar,
(4) Peningkatan devisa negara melalui ekspor.
Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil (2017) Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media. Jakarta.
Ahmad Lazuardi,Marom Aufarul,Djumiarti Titik (2014), Journal of Public Policy and Management Review Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014, EVALUASI DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI ALIH FUNGSI LAHAN HIJAU MENJADI KAWASAN INDUSTRI CANDI KOTA SEMARANG, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=142940&val=4925&title=EVALUASI%20DAMPAK%20SOSIAL%20DAN%20EKONOMI%20ALIH%20FUNGSI%20LAHAN%20HIJAU%20MENJADI%20KAWASAN%20INDUSTRI%20CANDI%20KOTA%20SEMARANG

(Diunduh 16 Feb 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar