.

Selasa, 19 September 2017

Materi 4 : Kimia Industri (Bagian 1)

Sumber : https://image.slidesharecdn.com
Kalau dibuat klasifikasi maka ada : Industri ekstraktif, yaitu jika bahan baku diperoleh melalui ekstraksi sumberdaya alam, seperti pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan dan pertambangan; Industri non ekstraktif, yaitu jika bahan baku berbentuk setengah jadi untuk diproses lebih lanjut, seperti industri otomotif, mesin, elektronik dan kimia; dan Industri jasa dengan produk utama berupa jasa (bukan barang), seperti ekspedisi, transportasi, asuransi, perbankan, pendidikan dan rumah sakit.


Berikan komentar, catatan, review terhadap materi kuliah ini.

Materi Kimia Industri (Bagian 1)

45 komentar:

  1. @E02-Elvi
    Industri merupakan seluruh bentuk ekonomi yang mengolah bahan baku yang memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi termasuk jasa industri. Teknologi industri ada hasil pengembangan, perbaikan, invensi atau inovasi dalam bentuk teknologi proses dan teknologi produk termasuk rancang bangun dan perekayasaan, metode, dan sistem yang diterapkan dalam kegiatan industri. Kementrian Perindustrian RI membagi bidang bidang industri yang ditanganinya menjadi basis industri manufaktur, industri agro, industri unggulan berbasis teknologi tinggi. Selain itu, Kemenperin membuat pengelompokan terhadap semua industri yang ada di Indonesia menjadi 60 pohon industri.

    BalasHapus
  2. @E15-Anastasia

    Kimia Industri (Proses Industri Kimia) merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses-proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat (stoikiometri), maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukana dalam suatu proses tertentu. Dengan unit proses pengolahan meliputi:
    1. Preparasi (persiapan bahan baku)
    2. Sintesa (mengolah bahan baku menjadi bahan jadi)
    3. Finishing (melibatkan proses fisika,diperlukan alat penyesuaian bentuk sdan fasa, penyesuaian komposisi dan kemurnian, penyesuaian suhu dan tekanan, serta alat pengepakan).

    BalasHapus
  3. @E09-Maulani
    Kimia industri merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses-proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat (stoikiometri), maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam suatu proses tertentu.
    Kimia industri dihasilkan melalui kegiatan industri yang menghasilkan zat kimia, contoh hasil penambangan (semen), pertanian dll. Proses-proses kimia yang dilakukan dalam industri proses kimia adalah reaksi kimia dan peristiwa kimia fisik

    BalasHapus
  4. @E04-Chrispendi

    Kimia Industri merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam suatu proses tertentu. kimia berkaitan dengan komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya, yang dimaksud dengan perubahan materi ialah apapun yang dapat menempati ruang dan mempunyai massa. dengan demikian pada dasarnya kimia mengupas tuntas mengenai materi dan perubahannya.

    BalasHapus
  5. @E10-Farhan
    kimia industri adalah suatu proses yang mengubah bahan-baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai-tambah. Sumber Bahan Baku : bahan baku yang diproses dalam industri, dapat diperoleh melalui proses penambangan, petrokimia, pertanian atau sumber-sumber lainnya.

    BalasHapus
  6. @E14-Devi
    Kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan.
    Meskipun proses kimia laboratorium disesuaikan secara tradisional dengan skala industri, proses tersebut dimodelkan dengan cermat sesuai dengan skala mereka. Dengan demikian, fenomena seperti perpindahan massa atau panas, model arus atau sistem kontrol dikelompokkan dibawah lingkup teknik kimia.

    BalasHapus
  7. @E17-Nabilla
    ada beberapa definisi mengenai industri, antara lain :
    1.seluruh bentuk kegiatan ekonomi yg mengelolah bahan baku memanfatkan sumber daya industri
    2. usaha/kegiatan pengolahan bahan mentah/barang setengah jadi yg memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan
    3. bidang yg menggunakan keterampilan dan ketekunan kerja
    4. kegiatan ekonomi yg diselenggarakan berkaitan dengan pembuatan
    dengan demikian, kalau dibuat klasifikasi maka ada: industri ekstraktif, ada juga yang mengelompokkan industri budidaya
    lalu industri kimia meliputi kimia dasar dan kimia hilir

    BalasHapus
  8. @D09-Huda
    jadi,kimia industri adalah suatu proses yang mengubah bahan-baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai-tambah. Sumber Bahan Baku : bahan baku yang diproses dalam industri, dapat diperoleh melalui proses penambangan, petrokimia, pertanian atau sumber-sumber lainnya.

    BalasHapus
  9. @D28-Selvy
    Industri kimia merupakan pengembangan, optimasi dan monitoring proses kimia dasar yang digunakan dalam industri untuk mengubah bahan baku dan prekursor menjadi produk komersial yang berguna bagi masyarakat . kimia industri memainkan peran penting sebagai ilmu terapan diberbagai bidang yang berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia mulai dari stabilitas ekonomi, lingkungan dan politik. Industri kimia menghasilkan beragam produk yang dapat dimanfaatkan dalam beragam aspek kehidupan manusia

    BalasHapus
  10. @D25-Bendy
    Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2014 , bahwa teknologi industri adalah hasil pengembangan, perbaikan, invensi, dan atau inovasi dalam bentuk teknologi proses dan teknologi produk seperti rancang bangun dan perekayasaan, metode, dan atau sistem yang diterapkan dalam kegiatan industri. Industri kimia mengalami perkembangan yang pesat dalam kurun waktu antara 1935-1955.

    BalasHapus
  11. @D18-Rifqi
    Kimia industri / industri kimia bisa menghasilkan beragam produk yang dapat dimanfaatkan dalam beragam aspek kehidupan manusia , Sebagai contoh produk industri detergen,sabun,parfum dapat dibeli dan dapat digunakan secara langsung oleh konsumen .

    BalasHapus
  12. @D15-Lutfi
    Industri kimia mengalami perkembangan yang pesat dalam kurun waktu antara 1935-1955, bersama dengan bermunculannya inovasi di berbagai bidang dan kimia industri hanya terpusat di eropa,amerika serikat dan jepang

    BalasHapus
  13. @D24-Alvian
    Kata industri mempunyai arti yang luas, tidak hanya sekedar proses pengolahan bahan baku atau bahan setengah jadi, tidak hanya pada manufaktur, akan tetapi sekarang ini kata industri sudah di terapkan pada bidang-bidang lainnya seperti industri jasa, perbankan, film, pariwisata, pendidikan, dll. Banyak definisi mengenai industri, tetapi industri itu intinya adalah mengolah bahan mentah atau setengah jadi menjadi bahan jadi atau produk yang sudah jadi. Dari industri juga dapat di hasilkan energi terbarukan yang merupakan bagian dari materi kimia indutri.

    BalasHapus
  14. @D29-daffa
    Menurut buku, ada beberapa definisi mengenai industri, antara lain:
    -seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah, termasuk jasa industri.
    -usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan.
    -bidang yang menggunakan keterampilan dan ketekunan kerja dan penggunaan alat alat dibidang pengolahan hasil hasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya.

    BalasHapus
  15. @D13-Mega
    Industri kimia menghasilkan beragam produk yang dapat dimanfaatkan dalam beragam aspek kehidupan manusia, seperti kimia industri deterjen, sabun dan parfum dapat dibeli dan dimanfaatkan secara langsung oleh konsumen. Dalam hal ini juga bahwa industri kimia merupakan pengembangan, optimasi dan monitoring proses kimia dasar yang digunakan dalam industri untuk mengubah bahan baku dan prekursor menjadi produk komersial yang berguna bagi masyarakat.

    BalasHapus
  16. D06-rebekka
    Industri merupakan seluruh bentuk ekonomi yang mengolah bahan baku yang memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi termasuk jasa industri. Teknologi industri ada hasil pengembangan, perbaikan, invensi atau inovasi dalam bentuk teknologi proses dan teknologi produk termasuk rancang bangun dan perekayasaan, metode, dan sistem yang diterapkan dalam kegiatan industri. Kementrian Perindustrian RI membagi bidang bidang industri yang ditanganinya menjadi basis industri manufaktur, industri agro, industri unggulan berbasis teknologi tinggi. Selain itu, Kemenperin membuat pengelompokan terhadap semua industri yang ada di Indonesia menjadi 60 pohon industri.

    BalasHapus
  17. @D20-Novia
    industri kimia melakukan proses perubahan bahan baku menjadi produk primer, sekunder, dan tersier. Ada produk yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh konsumen, ada juga yang memerlukan beberapa kali proses. Karakteristik utama dari industri kimia adalah bahwa produk yang dihasilkan hampir selalu membutuhkan proses lebih lanjut sebelum dinikmati konsumen akhir

    BalasHapus
  18. @D08-Arief
    Ilmu teknik yang mempelajari masalah-masalah atau kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan produksi barang-barang yang berguna secara ekonomis, dengan langkah-langkah yang melibatkan peristiwa kimia dan /atau fisis".

    Definisi ini memiliki cakrawala yang luas, bahwa sebenarnya dalam teknik kimia tak ada batasan penggunaan ilmu pengetahuan, dari ilmu teoritis yang digunakan dalam pekerjaan penelitian sampai ilmu terapan yang digunakan dalam pengelolaan produksi. Teknologi kimia mencakup semua aspek yang terlibat di dalam proses industri kimia baik aspek rekayasa, ekonomi maupun sosial.

    Peranan Kimia dalam bidang industri banyak sekali diantaranya dalam Industri Petrokimia yang mengolah bahan berasal dari Fraksi minyak bumi seperti Etilen dan Propilen, Industri cat dalam proses pencampuran zat zat sehingga didapat komposisi yang tepat, Industri makanan, Industri minyak bumi dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  19. @D05-Yulia
    Sederhananya, kimia industri adalah mengolah dari bahan mentah menjadi bahan jadi dengan penggabungan beberapa zat hingga menjadi nilai tambah atau jual dan memberikan manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Atau relasi antara penelitian yang ada di laboratorium atau pusat penilitian dengan teknik kimia dalam skala industri dengan memanfaatkan pengetahuan dan pemahaman yang luas.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. @D27-SHEVA

    salah satu sumber mengemukakan bahwa industri adalah usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. hasil industri pun tidak hanya berupa barang, namun bisa berupa jasa.

    BalasHapus
  22. @D10-Khalil
    Singkatnya, kimia industri adalah suatu proses yang mengubah bahan-baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai-tambah. Sumber Bahan Baku : bahan baku yang diproses dalam industri, dapat diperoleh melalui proses penambangan, petrokimia, pertanian atau sumber-sumber lainnya.

    BalasHapus
  23. @D30-Rafli
    Kemenperin membuat pengelompokan terhadap semua industri yang ada di Indonesia menjadi 60 pohon industri, seperti industri baja, industri alumunium, industri timah, industri mesin pengerjaan logam, industri mesin proses tekstil, industri barang jadi kulit, industri emas, industri makanan-daging, industri minuman dan tembakau-buah, industri hasil hutan dan perkebunan-karet alam, industri kimia hulu-semen, dan sebagainya.

    BalasHapus
  24. @D23-Abi
    Kimia industri atau industri kimia menurut pendapat saya tidak hanya pengimplementasiannya berada pada aspek produksi yang terpaku pada kuantitas produksi, tetapi pemenuhan kebutuhan kualitas dari produk untuk mensejahterakan konsumen dan menciptakan produksi yang ramah lingkungan. Semisal produksi berbagai sektor kategori industri kimia telah memuaskan masyarakat tetapi produk tersebut memberikan efek kerusakan lingkungan akan terjadi ketidakseimbangan. Karena pada dasarnya saat terjadi kerusakan lingkungan akibat industri yang mengimplementasikan ilmu kimia,jelas itu bukan salah dari ilmu kimianya melainkan dari pengolahan produk-produk yang menyimpang dari prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah ilmu kimia.Dapat juga berasal dari kelalaian-kelalaian yang seharusnya tidak dilakukan.

    BalasHapus
  25. @D07-Aldy
    Ada juga yang mengelompokan industri
    -Industri budidaya
    Yaitu industri yang mengelola sumber daya alam yang dapat terbarukan
    -Industri ekstraktif
    Yaitu industri yang mengelola sumber daya alam yang tidak terbarukan
    -Industri fabrikasi
    Yaitu industri yang menghasilkan produk dengan mengolah dan memprosesnya dalam suatu sarana fisik seperti pabrik, seperti industri manufaktur dan industri proses kimia
    -Industri konstruksi
    Yaitu industri yang berhubungan dengan penyediaan bangunan bangunan fisik yang di manfaatkan untuk kepentingan publik maupun sosial

    Sementara Kementrian Perindustrian(kemenperin) Republik Indonesia membagi bidang-bidang industri yang ditanganinya mrnjadi basis:
    -Industri Manufaktur
    -Industri Agro
    -Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi

    BalasHapus
  26. @D11-Fateh
    Industri kimia adalah suatu proses yang membuat suatu bahan mentah menjadi bahan jadi dengan menggunakan konsep kimia untuk menghasilkan suatu nilai tambah. Kimia industri muncul karena adanya inovasi, perkembangan dan perbaikan untuk memenuhi kebutuhan manusi

    BalasHapus
  27. @D12-Arya
    Industri kimia merujuk pada suatu industri yang terlibat dalam produksi zat kimia. Industri ini mencakup agrokimia, farmasi, polimer, dan oleokimia.Industri kimia terlibat dalam pemrosesan bahan mentah yang diperoleh melalui penambangan, pertanian, dan sumber-sumber lain, menjadi material, zat kimia, serta senyawa kimia yang dapat berupa produk akhir atau produk antara yang akan digunakan di industri lain.

    BalasHapus
  28. D03-Almira
    Kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan.

    BalasHapus
  29. @D16-Fauzi
    Industri kimia merupakan pengembangan, optimasi dan monitoring proses kimia dasar yang digunakan dalam industri untuk mengubah bahan baku dan prekursor menjadi produk komersial yang berguna bagi masyarakat

    BalasHapus
  30. @D14-Humairoh

    Menurut Killheffer(2014), mengemukakan, ruang lingkup industri kimia dapat di lihat dari bahan baku utama yang di pergunakan, dan bahan khusus yang di pergunakan. Dalam hal ini industri kimia melakukan proses perubahan bahan baku menjadi produk primer, produk sekunder, dan produk tersier.
    Sebagaimana industri lainnya, industri kimia tidak terlepas dari isu lingkungan seperti masalah bau yang di timbulkan oleh polusi bahan bahan kimia akibat proses industri kimia. Dengan demikian perlu adanya tindakan dalam mengendalikan dampak tersebut.

    BalasHapus
  31. @D26-Niko
    Pasti kita mengetahui belajar kimia, pasti yang ada dipikiran anda hanya laruta dan zat-zat saja tetapi tidak hanya itu saja melainkan ada materi tentang kimia industri. Dalam materi ini kita bisa mengetahui apa saja manfaat kimia industri bagi kehidupan seperti kimia industri dalam bidang kesehatan seperti Rumah Sakit segala kegiatan Rumah Sakit pasti selalu berhubungan dengan kimia industri seperti barang yang digunakan dan segala obat yang diberikan.
    Seperti yang diungkapkan oleh kementerian perindustrian
    (Kemenprian) Republik Indonesia membagi bidang-bidang industri yang ditanganinya menjadi 3 basis yaitu: industri manufaktur, industri Agro, industri unggul berbasis teknologi tinggi.
    Bahwa industri sangat berpengaruh bagi ekonomi suatu negara. Seperti contoh hasil industri yang memiliki dengan nilai ekspor terbesar.

    BalasHapus
  32. @E12-Guntur
    Kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan.

    Meskipun proses kimia laboratorium disesuaikan secara tradisional dengan skala industri, proses tersebut dimodelkan dengan cermat sesuai dengan skala mereka. Dengan demikian, fenomena seperti perpindahan massa atau panas, model arus atau sistem kontrol dikelompokkan dibawah lingkup teknik kimia.

    Untuk prediksi pengaruh fluida dan model aliran panas, serta momentum transfer, evaluasi pengaruh hanya dapat didekati secara empiris, skala percobaan (pilot plant) sangat digunakan, untuk mengukur dan memilih bahan dan peralatan.

    BalasHapus
  33. @E01-Faldy

    kimia industri adalah ilmu kimia yang dipadukan kedalam material atau produk yang dihasilkan, keuntungan dari kimia industri dalam produksi makanan yaitu mampu mengawetkan makanan dalam jangka waktu tertentu. ini adalah salah satu contoh ilmu kimia dalam industri

    BalasHapus
  34. @D21-NISA

    Aspek penting dari kimia industri adalah pemahaman tentang peracikan material kimia organik dan anorganik industi

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. @E06-Ridho
    Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia.

    BalasHapus
  37. @E03-Rayhan

    Kimia Industri merupakan jurusan yang masih sedikit pesaingnya ketika akan masuk di dunia kerja. Seseorang yang memiliki keterampilan di bidang kimia industri tentu akan banyak dibutuhkan di dunia industri, dunia usaha maupun instansi pemerintah.

    BalasHapus
  38. @E19-Lestari

    Kimia industri merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia,perhitungan yang menyertai proses-proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat (stoikiometri),maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun yang diperlukan dalam suatu proses tertentu.
    Industri kimia menghasilkan banyak ragam produk yang dapat dimanfaatkan dalam beragam aspek kehidupan manusia. Sebagai contoh , produk industri kimia seperti deterjen,sabun dan parfum dapat dibeli dan dimanfaatkan secara langsung oleh konsumen.serta industri kimia merupakan relasi antara penelitian yang ada di laboratorium perguruan tinggi atau pusat-pusat penelitian dengan teknik kimia dalam skala industri.

    BalasHapus
  39. @E07-Lucia
    Kimia industri adalah proses yang terjadi dalam industri kimia. Produk dalam kimia industri dihasilkan melalui kegiatan industri yang menghasilkan zat kimia, dengan bahan baku yang diproses bersumber dari hasil penambangan. Yang nantinya produk dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Sebagai contoh produk industri kimia seperti deterjen, sabun, parfum, dll.

    BalasHapus
  40. @E05-Rudolf
    Kimia industri adalah jurusan yang mempelajari pengolahan bahan baku (mentah) menjadi bahan jadi (produk). Kimia industry merupakan bidang yang memiliki prospek yang luas, dan diharapkan terdapat lulusan2 yang memiliki kompetensi yang diperlukan untuk seseorang bisa handal bekerja pada bidang kimia industri.

    BalasHapus
  41. @E16-Tania
    Industri adalah seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan/atau memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau memanfaat lebih tinggi, termasuk jasa industri. Dengan begitu industri diklasifikasi ada industri ekstraktif, industri non ekstraktif, industri jasa. Menurut Hidayat (2008) industri dikelompokan menjadi industri budidaya, industri ekstraktif, industri fabrikasi, industri konstruksi, industri jasa.

    BalasHapus
  42. Selain yang disebut diatas, industri masih banyak lagi jenisnya, salah satunya yaitu industri jasa yang saat ini banyak berkembang di Indonesia. Industri merupakan basic di dunia ekonomi. Namun saat ini di Indonesia, penopang Industri nasional adalah kelapa sawit. di Riau, industri yang bergerak di bidang kelapa sawit luasnya hampir 90% menguasai.

    BalasHapus
  43. @E11-Yan
    Kimia Industri merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam suatu proses tertentu. kimia berkaitan dengan komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya, yang dimaksud dengan perubahan materi ialah apapun yang dapat menempati ruang dan mempunyai massa. dengan demikian pada dasarnya kimia mengupas tuntas mengenai materi dan perubahannya.

    BalasHapus
  44. @D22-Maytasya
    proses yang mengubah bahan-baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai-tambah. Sumber Bahan Baku dapat diperoleh melalui proses penambangan, petrokimia, pertanian atau sumber-sumber lainnya.

    BalasHapus
  45. @H02-RYAN
    Pencemaran lingkungan terjadi bila daur materi dalam lingkungan hidup mengalami perubahan sehingga keseimbangan dalam hal struktur maupun fungsinya terganggu. Ketidakseimbangan struktur dan fungsi daur materi terjadi karena proses alam atau juga karena perbuatan manusia. Dalam abad modern ini banyak kegiatan atau perbuatan manusia untuk memenuhi kebutuhan biologis dan kebutuhan teknologi sehingga banyak menimbulkan pencemaran lingkungan.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.