.

Kamis, 14 November 2019

Materi 9 : Pencemaran Air (Bagian 2) Kelas N

Industri saat ini lebih terfokus pada upaya untuk melakukan efisiensi seiring makin melambungnya biaya produksi, belanja pegawai hingga ongkos energi. Sehingga mau tak mau akan menomorduakan persoalan pembuangan limbahnya. Apalagi pengolahan limbah memerlukan biaya tinggi. Padahal limbah industri sangat potensial sebagai penyebab terjadinya pencemaran. Pada umumnya limbah industri mengandung limbah B3, yaitu bahan berbahaya dan beracun. Menurut PP 18/99 pasal 1, limbah B3 adalah sisa suatu usaha atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang dapat mencemarkan atau merusak lingkungan hidup sehingga membahayakan kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan mahluk lainnya (Ridhotulloh, 2008).


Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

22 komentar:

  1. Muhammad Arifi ( N14-Arifin )
    Menurut oraganisasi kesehatan dunia WHO kadar air di dunia ini semakin menipis. oleh karane itu kita harus bisa menghemat air atau menggunakan air secukupnya saja sebab air ini sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang ada dunia.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. (@N03-YOGA)
    Manusia sebagai aktor utama dalam ekosistem global seharusnya dapat menanggulangi pencemaran yang terjadi di air dengan memperdalam pendidikan menegaskan hukuman bagi pelaku pencemaran dan membuat keseimbangan pada kegiatan ekonomi yang tetap menjaga kestabilan ekosistem terutama air

    BalasHapus
  4. Caesar Antonius (@N05-Caesar)

    Penyebab pencemaran air . Air merupakan komponen terpenting tempat berlangsung hidup semua makhluk hidup di muka bumi . Dan bayangkan jika komponen terpenting yang menyelamatkan banyak makhluk hidup ini tercemari dan tidak dapat digunakan akibat beberapa faktor yang mencemarin antara lain ;
    Limbah manusia
    Limbah nutrisi
    Air limbah
    Limbah kimia
    Limbah radioaktif
    Limbah minyak
    Limbah plastik

    BalasHapus
  5. Adrian rahadi (@N16-ADRIAN)
    tujuan utama dalam mengelola dan membuang limbah radioaktif adalah untuk melindungi masyarakat dan lingkungan. hal tersebut berarti mengisolasi atau menipiskan limbah sehingga tingkat atau konsentrasi dari setiap radionuklida kembali ke bisofer tidak berbahaya. untuk itu, hampir semua limbah yang menjalani pengelolaan, beberapa diantaranya membutuhkan perlakuan berupa penguburan secara permanen.

    BalasHapus
  6. (@N06-FIKRI)

    Pencemaran Air ditimbulkan atas beberapa aktivitas manusia. Menurut Hanze dan Yves (2008), produksi limbah dari aktivitas manusia tidak dihindari. Salah satu bagian terpenting dari limbah akan berakhir sebagai air limbah. Selain dari aktivitas manusia, pencemaran air ditimbulkan karena aktivitas-aktivitas kimia, minyak, radioaktif, plastik.
    Pencemaran air berdampak pada kesehatan manusia, kerusakan ekosistem , bahkan bisa menyebabkan hewan mengalami kepunahan.

    BalasHapus
  7. Roma Wibero (@N04-ROMA)14 November 2019 pukul 17.03

    ROMA WIBERO (@N04-ROMA)

    menurut dari pemahaman saya pencemaran air ada beberapa jenis yang mencemar air salah satu nya bahan pencemaran biologis yang dapat di bagi dua yaitu mikroorganisme patogen dan mikroorganisme yang pertumbuhannya tidak terkendali (bloming ) karena eutrofikasi. Mikroorganisme patogen terutama berasal dari tinja manusia. Ada 4 kelompok mokroorganisme yang terkandung dalam tinja yaitu virus, bakteri, protozoa, dan cacing. Mikroorganisme yang pertumbuhannya tidak terkendali antara lain adalah fitoplankton, ganggang ,dan eceng gondok.

    BalasHapus
  8. Dymas Nurbayu Yulianto [@N02-DYMAS]
    -Pencemaran air dapat diartikan sebagai terjadinya kerusakan yang di alami oleh ekosistem perairan seperti lautan, sungai, danau, atau sumber air lainnya.
    -Aktivitas manusua berpotensi untuk menimbulkan pencemaran air, sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas air.
    -Pencemaran air merupakan persoalan yang terus berkelanjutan, karena senantiasa terdapat interaksi antara manusia dengan sumberdaya air. Terdapat tiga strategi untuk menanggulangi pencemaran air, yaitu melalu strategi pendidikan, hukum dan ekonomi.

    BalasHapus
  9. Sahlevi Ariputra (N09-Sahlevi)

    Limbah Kimia yang menimbulkan pencemaran air dan sangat beracun ialah polychlorinated biphenyls (PCB). Berdasarkan catatan Greenfact (2003), sekitar 10 % dari PCB yang diproduksi sejak tahun 1929 masih tetap ada di lingkungan saat ini. PCB saat ini sangat mudah larut dalam air, sehingga dalam satu penelitian terbukti pada contoh burung dan ikan yang ada di arktik, positif mengandung PCB (woodford, 2014). Jenis polutan lainnya yang berpotensi meracuni ekosistem perairan ialah logam berat seperti cadmium (Cd), merkuri (Hg), Timbal (Pb), dan Arsen (As).

    BalasHapus
  10. Saya disini ingin menganalisa tentang contoh limbah cair,yaitu air bekas mencuci pakaian,air bekas pencelupan warna pakaian,dan sebagainya (said,2011).berdasarkan catatan Kristanto(2002),bahwa air limbah terdiri dari satu atau lebih parameter pencemar yang telah melampaui ambang batas yang telah di tetapkan.
    Dan air limbah ada kemungkinan mengandung minyak,lemak,bahan organik seperti besi,alumunium,nikel,plumbum,barium,fenol dan sebagainya,sehingga dalam proses pengolahannya di perlukan kombinasi dari beberapa metode dan peralatan.

    BalasHapus
  11. Wida Ayu Amidah (@N17-WIDA)

    Menurut saya,penyebab pencemaran air yaitu aktivitas manusia berpotensi untuk menimbulkan pencemaran air, sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas air. Berbagai aktivitas lainnya seperti penebangan pohon, pengembangan perumahan di daerah resapan air, pembuangan sampah ke sungai. Jumlah dan jenis limbah yang di hasilkan dari setiap rumah tangga tergantung pada perilaku, gaya hidup, serta budaya masyarakat dan peraturan yang berlaku. Cerobong pabrik dapat mengeluaskan polutan dan masuk ke troposfer, maka akan kembali bersamaan dengan air hujan sehingga memasuki sungai, danau, dan waduk.

    BalasHapus
  12. Ardy Triananda (@N08-Ardy)

    Pencemaran air merupakan efek samping dari berbagai aktivitas manusia dan sulit terhindarkan. Pembangunan kawasan industri,pengembangan perkotaan dan proyek insfrastruktur,pengembangan destinasi pariwisata sudah pasti menimbulkan kerusakan lingkungab. Namun semua biaya lingkungan harus diperhitungkan, jangan sampai kepentingan ekonomi mengorbankan kepentingan ekologi

    BalasHapus
  13. MUHAMMAD FATHAN FADILAH (@N10-FATHAN)

    Limbah plastik merupakan salah satu sumber polutan yang menimbulkan pencemaran air, baik di lautan, sungai, danau, dan badan perairan lainnya. Plastik telah menjadi bahan yang paling umum sejak awal abad ke 20 dan kehidupan modern sulit meninggalkan penggunaan plastik. Namun dampak pemakaiannya ternyata menimbulkan masalah terhadap kehidupan manusia dan kondisi lingkungan, termasuk gangguan terhadap sumberdaya perairan, puluhan juta ton sampah pelastik berakhir mengambang di lautan dunia dipecah menjadi microplastik yang disebut sup plastik.

    BalasHapus
  14. Satria Hotma Hizkia (@N19-SATRIA)

    Menanggulangi pencemaran air melalui pendidikan, hukum, dan ekonomi.
    (Woodford, 2015; Hidayat,20011)

    Indonesia sudah mengkaji ilmu lingkungan dari jenjang strata satu hingga doktoral. Harusnya dari hasil kajian mengenai lingkungan, dilanjutkan dengan sosialisasi pada pendidikan sekolah agar semua elemen pendidikan tau dan mengerti akan lingkungan.

    Regulasi yang tegas terkait pencemaran air mungkin akan mengurangi pencemaran air di lingkungan masyarakat.

    Pencemar membayar. Artinya siapa yang membuat lingkungan tercemar maka harus membayar. Contoh lain adalah dengan menggunakan kantong belanja sendiri agar tidak menggunakan kantong plastik yang sering menjadi penyebab utama pencemaran air.

    BalasHapus
  15. Satria Aji Surya (@N15-SATRIA)

    Penyebab pencemaran air yang tak kalah pentingnya ialah limbah minyak. Industri minyak bumi memiliki potensi sebagai sumber dampak terhadap pencemaran air, tanah dan udara baiksecara langsung maupun tidak langsung. Minyak yang merembes kedalam tanah dapat menyebabkan tertutupnya suplai oksigen dan meracuni mikroorganisme tanah sehingga mengakibatkan kematian mikroorganisme tersebut. Tumpahan minyak di lingkungan dapat mencemari tanah dan perairan hingga ke daerah sub-surface dan lapisan aquifer air tanah

    BalasHapus
  16. Shabilla Maharani W. (@N18-SHABILLA)
    Pencemaran air yang terjadi seperti pencemaran di laut dan di sungai mengakibatkan kualitas air menurun dan jika konsentrasi bahan kimia berbahaya melampaui standar baku air maka air dapat dinyatakan tercemar.

    Aktivitas yang dilakukan manusia seperti membuang limbah ke sungai dapat mengakibatkan pencemaran air. Beberapa limbah berbahaya yang dapat mencemari air adalah:
    1. Limbah Manusia
    2. Limbah Nutrisi
    3. Air Limbah
    4. Limbah Kimia
    5. Limbah Radioaktif
    6. Limbah Minyak
    7. Limbah Plastik
    Beberapa limbah diatas yang dibuang ke sungai/laut dapat menyebabkan pencemaran yang serius. Sehingga penting bagi manusia untuk mencegah dan menjaga lingkungannya.

    BalasHapus
  17. Adetha Muhammad Dzulfaqar (@N11-Adetha)

    Salah satu penyebab pencemaran air yaitu dari limbah manusia. Pada dasarnya pengelolaan limbah manusia masih dilakukan secara tradisional atau manual, kalau tidak dihimpun di septic tank, maka dibuang dan dialirkan langsung ke perairan. Tetapi sekarang sudah berhasil dikembangkab bio-toilet, yang sangat efisien dalam penggunaan air, karena tidaj diperlukan air untuk flushing, dan limah dari biotoilet ini dapat dimaanfaatkan untuk kompos dan material komposit lainnya. Penemuan itu sangat bermanfaat untuk mengurangi pencemaran air.

    BalasHapus
  18. (@N13-Wildan)
    Hampir setiap orang berkintribusi dalam penggunaan rumah tangga misal: mencuci piring, detergen sehingga sisa pemakaiannya masuk kepipa pembuangan dan memasuki sekolakn dan akhirnya mengalir kesungai.
    Menurut sopiah dan chaerunisah (2006) Deterjen selain memiliki dampak positif juga menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan maupun lingkungan. Senyawa fosfat sebagai zat aditif digunakan oleh semua merk deterjen, memberikan andil yang besar terhadap terjadinya proses eutrofikasi yang menyebabkan harmful algal bloom(HAB)

    BalasHapus
  19. Alfina Septiyadevi (@N12-ALFINA)

    Pencemaran air merupakan persoalan yang terus berkelanjutan karena senantiasa terdapat interaksi antara manusia dengan sumber daya air. Lalu jika sebagian besar air di permukaan bumi ini mengalami pencemaran tentu harus ada tindakan nyata agar dapat menanggilangi hal tersebut diantaranya adalah :
    1. Limbah rumah tangga dalam bentuk cair ke dalam bak penampungan agar tidak terjadi pencemaran
    2. Mengurangi jumlah sampah plastik dan kaleng, mendaur ulang agar dapat menjadi bahan yang berguna
    3. Mencegah terjadinya kebocoran pada tangki minyak atau industri dengan membuat kebijakan khusus : contoh ya konvensi PBB tentang Hukum Laut (1982)

    BalasHapus
  20. May Rose Indah Pratiwi Tedjo (@N21-MAY)

    Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.
    Dapat menyebabkan banjir, Erosi, Kekurangan sumber air bersih,
    Dan dapat membuat sumber penyakit.
    Pencemaran air banyak terjadi karena limbah rumah tangga, limbah plastik, limbah minyak, dan lain-lain.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Ni Wayan Andini Pitaloka (@N20-WAYAN)

    Menurut analisa saya,Penyebab Pencemaran air banyak bersumber dari Limbah industri maupun Limbah rumah tangga yang tidak dikelola dgn baik sehingga menimbulkan berbagai dampak terhadap kesehatan manusia maupun kerusakan ekosistem yg ada di air. Untuk menjaga agar air bersih tetap tersedia di masa depan maka, kita perlu mengelola sumber2 yg menjadi penyebab pencemaran air.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.