.

Sabtu, 20 Agustus 2016

Energi Terbarukan Tenaga Air

Tenaga air yang memanfaatkan gerakan air biasanya didapat dari sungai yang dibendung. Pada bagian bawah dam tersebut terdapat lubang-lubang saluran air.
Pada lubang-lubang tersebut terdapat turbin yang berfungsi mengubah energi kinetik dari gerakan air menjadi energi mekanik yang dapat menggerakan generator listrik. Energi listrik yang berasal dari energi kinetik air disebut "hydroelectric".
Hydroelectric ini menyumbang sekitar 715.000 MW atau sekitar 19% kebutuhan listrik dunia. bahkan di Kanada, 61% dari kebutuhan listrik negara berasal dari Hydroelectric.
Saat ini para peneliti juga mencari kemungkinan hydroelectric yang berasal dari arus laut dan gelombang pasang. Semoga hal tersebut berhasil dan kita dapat memelihara Bumi yang kita cintai ini.
mengenal kincir air sebagai suatu alat untuk kepentingan pengairan atau irigasi, yaitu untuk mengalirkan air dari sungai ke persawahan. Kincir air seperti ini banyak kita jumpai diwilayah pedesaan dan sampai saat ini pun masih ada. Kincir air yang banyak terdapat dipedesaan adalah yang terbuat dari kayu, hal ini dikarenakan kayu memiliki beberapa kelebihan diantaranya biayanya bisa lebih murah, pembuatannya lebih sederhana dan lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan dengan kincir modern. Dan dibawah ini adalah 5 manfaat kincir air yang wajib kamu ketahui. So, simak pembahasannya berikut ini.


  • Untuk menggerakan generator (Pembangkit Listrik Tenaga Air).
  • Untuk dijadikan sebagai obyek wisata.
  • Untuk Untuk kepentingan irigasi (pengairan) persawahan.
  • digunakan sebagai alat pengering laut.
  • Untuk menggiling hasil pertanian seperti jagung, tebu, gandum, dll.

Green chemistry atau “kimia hijau” merupakan bidang kimia yang berfokus pada pencegahan polusi. Pada awal 1990-an, green chemistry mulai dikenal secara global setelah Environmental Protection Agency (EPA) mengeluarkan Pollution Prevention Act yang merupakan kebijakan nasional untuk mencegah atau mengurangi polusi. Green chemistry merupakan pendekatan untuk mengatasi masalah lingkungan baik itu dari segi bahan kimia yang dihasilkan, proses ataupun tahapan reaksi yang digunakan. Konsep ini menegaskan
tentang suatu metode yang didasarkan pada pengurangan penggunaan dan pembuatan bahan kimia berbahaya baik itu dari sisi perancangan maupun proses. Bahaya bahan kimia yang dimaksudkan dalam konsep green chemistry ini meliputi berbagai ancaman terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, termasuk toksisitas, bahaya fisik, perubahan iklim global, dan penipisan sumber daya alam



Green chemistry overlaps with all subdisciplines of chemistry but with a particular focus on chemical synthesisprocess chemistry, and chemical engineering, in industrial applications. To a lesser extent, the principles of green chemistry also affect laboratory practices. The overarching goals of green chemistry—namely, more resource-efficient and inherently safer design of molecules, materials, products, and processes—can be pursued in a wide range of contexts.

DAFTAR PUSTAKA:

Santosa, Sri Jauari, 2008, Kimia Hijau sebagai Pilar Utama Pembangunan Lestari, Universitas
Gajah Mada, Yogyakarta.
US EPA, 2004b, 1998, Designing Safer Chemicals Award
 Anastas,paul pada tahun 1991,green chemistry
https://berkelakar.wordpress.com/2014/12/09/5-manfaat-kincir-air-

Anastas, P.,dan Warner, J.C., 1998, Green Chemistry, Theory and Practice, Oxford University Press, Oxford.
http://bptba.lipi.go.id/

22 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Iqbal (008)
    Saya sangat setuju sekali dengan artikel anda, kincir angin sebagai energi terbarukan sangant banyak manfaatnya bagi kehidupan kita, dimulai dari pembangkit listrik, objek wisata, untuk menggiling hasil pertanian. Sebaik nya kincir angin harus di perbanyak lagi agar, manfaatnya dapat dirasakan oleh orang banyak.
    Tapi knapa ya kincir angin yang banyak manfaatnya itu kurang diminati oleh masyarakat, apa penyebabnya..?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. elgi riskiana (028)
    kincir tenaga air merupakan solusi yang bisa mengurangi polisu saat ini, karena pada alat ini tidak mengeluarkan polutan

    pertanyaan saya,adakah dampak yang di timbulkan di sekitar sungai dan biota biota yang ada di perairan tersebut atau bendungan yang dimanfaatkan tenaga arus airnya

    BalasHapus
  5. wida isdayantie (077)
    pertama saran yang ingin saya sampaikan yaitu kurangnya hubungan antara judul artikel dengan apa yang dijelaskan pada green chemistry, karena menurut saya "Green Chemistry menjelaskan tentang upaya mengurangi penggunaan bahan kimia yang berdampak pada lingkungan dan melalui kimia hijau kita dapat berinovasi untuk lingkungan yang lebih baik".
    tentang tenga air terbarukan saya setuju,apa sajakah yang menjadi kekurangan dari kincir modern?

    BalasHapus
  6. Pazrin (001)

    Komentar:
    Untuk daftar pustaka, seharusnya dicantumkan nama ataupun jika tidak ada nama memakai "anonim" jangan langsung sumbernya. Dan untuk isi artikelnya sedikit membingungkan antara topik energi hijau atau kimia hijau, seharusnya lebih diperjelas lagi.

    Pertanyaan:
    Untuk masalah energi air jika suatu daerah mengalami kekeringan, bagaimana cara mengatasi agar kincir air tersebut masih bisa berjalan dan menghasilkan air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimah kasih saudara fajrin atas komentarnya yang kurang jelas maksudnya

      Hapus
  7. Agus Darmawan 029

    Energi air memang seharusnya menjadi sumber utama bumi di karenakan bumi hampir keseluruhannya adalah air.

    Pertanyaan adalah bagaimana cara proses mengubah air laut menjadi energi listrik.?

    BalasHapus
  8. Nandar(009)
    (1) Untuk air dirubah menjadi energi listrik atau energi lainnya.. biasanya hanya dapat dilakukan kawasan yang dilalui sungai, Mungkin setiap daeran mempunyai energi alternatifnya sendri sesuai letak geografis suatu wilayahnya..
    (2)bagaimana kalau sungai mengalami kekeringan?

    BalasHapus
  9. Nandar(009)
    (1) Untuk air dirubah menjadi energi listrik atau energi lainnya.. biasanya hanya dapat dilakukan kawasan yang dilalui sungai, Mungkin setiap daeran mempunyai energi alternatifnya sendri sesuai letak geografis suatu wilayahnya..
    (2)bagaimana kalau sungai mengalami kekeringan?

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. VindiAF(070)
    Komentar:
    Menurut Saya ya memang betul energi yg berasal dari sumber air tersebut seharusnya bisa di laksanakan atau di imolementasikan dengan baik, karena memang di dunia ini banyak sekali sumber air...tetapi banyak sumber air di lingkungan kita ini yang sudah tercemar

    Pertanyaan:
    Menyambung komentar Saya di atas bagaimana cara penanganannya? apa yg harus di lakukan oleh kita? dan apakah masih bisa di jadikan sumber energi apabila sumber air tersebut sudah tercemar?

    BalasHapus
  12. Kenny (076)
    Artikel ini cukup bagus karena banyak informasi yang kita dapatkan dan juga di tunjukan cara kerajanya bukan hanya berdasarkan informasi dari tulisan namun di berikan gif. cara kerja / sistem putar turbinnya.

    Pertanyaan saya apakah energi terbarukan menggunakan tenaga air ini termasuk energi yang ramah lingkungan ? karena energi terbarukan hanya bagus berasal dari pemanfaatan alam di sekitar kita, bukan dari hasil penggunaannya.

    BalasHapus
  13. Ayu (085)
    Saran dan Kritik : Artikel diatas cukup menarik energi terbarukan mengenai tenaga air yang dapat banyak manfaanya dalam kehidupan sehari- hari. Di Indonesia hampir 3/4 bagian merupakan air laut dengan adanya kincir air , air dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal yaitu mengubah menjadi energi listrik. Untuk modern ini kincir air diganti dengan turbin maupun penggerak generator karena prosesnya membutuhkan tenaga dan menggunakan teknologi modern.

    Pertanyaan : Kapan dan bagaimana prinsip kerja Kincir air dapat diolah menjadi tenaga listrik ?

    BalasHapus
  14. Sumber energi memang bisa dihasilkan dari apa saja dan salah satu contohnya adalah dari aliran air.
    Pertanyaannya, pembuatan kincir air dari kayu bukannya malah membuat kayu di dunia ini semakin berkurang jika semua negara membuatnya ?

    BalasHapus
  15. ARI(044)
    saya setuju menggunakan tenaga air sebagai energi yang ramah lingkungan,lebih diperjelas manfaat menggunakan tenaga air.

    Seperti apa kriteria air yang dapat digunakan sebagai sumber energi ?

    BalasHapus
  16. Sumber energi memang bisa dihasilkan dari apa saja dan salah satu contohnya adalah dari aliran air.
    Pertanyaannya, pembuatan kincir air dari kayu bukannya malah membuat kayu di dunia ini semakin berkurang jika semua negara membuatnya ?

    020-BINTANG

    BalasHapus
  17. setiawan (027)

    saya sangat setuju dengan artikel ini karena air masih banyak yang belum bisa mengembangkannya padahal air sangat lah banyak.

    Pertanyaan :apakah masih efisien kincir angin di gunakan di zaman moderen ini ?

    BalasHapus
  18. Yosep (073)
    saran/kritik:
    1. Awal tulisan tidak ada namanya
    2. Tulisan artikel cukup jelas
    pertanyaan:
    Bagaimana caranya Energi Tenaga Air ini bisa digunakan sebagai alat pengering laut?

    BalasHapus
  19. Sandi (048)

    Komentar:
    Kincir air merupakan teknologi yang bisa disebut murah, karena bahkan di pedesaan yang terpencil sekalipun kita bisa menemukannya, akan lebih baik lagi jika teknologi kincir air ini ilmu nya bisa disebarluaskan, karena masalah yang paling banyak ditemui di pedesaan, adalah kurang nya pengetahuan mengenai teknologi tersebut

    Pertanyaan:
    Memgenai manfaat kincir air, sebagai alat pengering laut, bagaimana proses kerja nya? Adakah manfaat dari mengeringkan air laut?

    BalasHapus
  20. teknologi ramah lingkungan dan saving cost sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan hidup manusia, sangat menarik artikel anda, kita harus terus kembangkan energi energi terbarukan

    BalasHapus
  21. teknologi ramah lingkungan dan saving cost sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan hidup manusia, sangat menarik artikel anda, kita harus terus kembangkan energi energi terbarukan

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.