.

Sabtu, 20 Agustus 2016

Biomassa



Biomassa merupakan sumber energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang belum lama mati (dibandingkan dengan bahan bakar fosil). Sumber-sumber biomassa yang paling umum adalah bahan bakar kayu, limbah dan alkohol.

The mission of the Biomass Conversion Research Laboratory at Michigan State University is to develop cost effective and environmentally attractive means of generating fuels, chemicals, materials, foods and feeds from renewable plant biomass. We seek to shift the raw material basis of modern society away from excessive dependence on fossil resources, particularly petroleum, and toward biomass. As a global society, one of our greatest economic and environmental risks is our near total reliance on petroleum as a source of liquid transportation fuels. Obviously, the BCRL has chosen no small mission. But we do not believe it is “mission impossible”. In fact, the mission is completely possible.

Misi dari Laboratorium Penelitian Biomassa Konversi di Michigan State University adalah untuk mengembangkan biaya cara yang efektif dan menarik lingkungan menghasilkan bahan bakar , bahan kimia, bahan , makanan dan feed dari biomassa tanaman terbarukan . Kami berusaha untuk menggeser basis bahan baku dari masyarakat modern jauh dari ketergantungan yang berlebihan pada sumber daya fosil , khususnya minyak bumi , dan ke arah biomassa . Sebagai masyarakat global , salah satu risiko ekonomi dan lingkungan kita yang terbesar adalah Total ketergantungan dekat kita pada minyak bumi sebagai sumber bahan bakar transportasi cair . Jelas , BCRL telah memilih tidak ada misi kecil . Tapi kami tidak percaya itu adalah " mission impossible " . Bahkan , misi benar-benar mungkin



Tetapi bukan berarti biomassa adalah sumber energy yang benar-benar ramah lingkungan, karena dari hasil pembakaran bahan biomassa akan menghasilkan gas yang menimbulkan efek rumah kaca.

Tetapi Para pendukung biomassa mengatakan bahwa konsep biomassa secara berkelanjutan akan mudah tercapai dengan menerapkan peraturan yang ketat antara bahan dan cara pembakaran biomassa.

Biomassa digunakan dengan berbagai cara sebagai sumber energy, penggunaan biomassa di tentukan oleh sifat dan kebutuhan konsumen, bentuk pemanfaatan biomassa paling sederhana adalah kompor dan boiler.


Biomassa dari Bahan Baku Pangan

Gandum, tebu dan jagung adalah contoh bahan pangan yang juga dapat diolah menjadi energi dari biomassa. Energi tersebut tergolong energi ramah lingkungan yang bahan dasarnya disediakan alam. Namun, penggunaan energi dari biomassa kadang membawa dampak sampingan yang tidak diinginkan.
 
System biomassa yang lain yaitu pemanfaatan anaerobik, yang memproses bahan organic yang di pecah oleh bakteri anaerob yang menghasilkan biogas yang kaya akan metana.
Penggunaan biomassa juga memiliki keunggulan dan kelemahan

Keunggulan
·         Biomassa merupakan energy terbarukan
·         Biomassa lebih ramah lingkungan di bandingkan dengan sumber energy fosil
·         Sumber biomassa bisa di temukan di semua Negara di dunia
·         Membantu meningkatkan sumber energy Negara

Kelemahan
·         Kayu masih sumber biomasaa paling utama, karena menggunakan kayu sebagai bahan bakar bisa menyebabkan ketidak seimbangan untuk alam
·         Teknologi untuk mengkonversikan biomassa membutuhkan bisaya yang tinggi
·         Jika tanaman di bakar langsung tanpa proses untuk menjadi biomassa, akan menyebabkan tingkat polusi seperti energy fosil
·         Ketergantungan pada kayu sebagai sumber energy


Daftar Pustaka


Anonim.2012. Pengertian Biomassa 
http://www.indoenergi.com/2012/04/pengertian-biomassa.html 

Anonim. 2012. Keunggulan dan kelemahan biomassa 
http://www.indoenergi.com/2012/04/keunggulan-dan-kelemahan-biomassa.html 

Anonim. 2013. Unlocking the Power of Renewable Plant Biomass 
http://www.everythingbiomass.org/

Anonim. 2008. Biomassa sebagai Sumber Energi Terbarukan 
http://www.dw.com/id/biomassa-sebagai-sumber-energi-terbarukan/a-3057079-0 

18 komentar:

  1. Pazrin (001)

    Komentar:
    Dewasa ini tentunya penggunaan energi bahan bakar fosil sudah sangat ketergantungan, para ilmuan berlomba membuat inovasi atau cara alternatif dengan mencoba mengganti energi fosil dengan enenrgi lain yang mempunyai fungsi yang sama, ya salasatunya dengan biomassa, tapi perlu ditekankan jikalau penggunaan biomassa tidak berkelanjutan maka dampak yang ditimbulkan jauh daripada efek negatif energi fosil karena lama kelamaan biomassa akan "menggersangkan" dunia.

    Pertanyaan:
    Bagaimana cara mengatasi dampak negatif jika penggunaan biomassa tidak terkontrol? contoh kecilnya seperti memakai kayu namun tidak ditanam kembali pepohonannya.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Iqbal (008)
    Mungkin untuk saat ini biomassa adalah energi terbarukan yang paling efesien, ramah lingkungan dan bahan nya dapat ditemukan dinegara manapun dengan menggunakan biomassa harapan nya kita bisa mulai meninggalkan ketergantungan dari energi fosil.
    Yang jadi pertanyaan nya biomassa juga menghasilkan efek rumah kaca yang sangat berbahaya bagi lingkungan, bagaimana cara mengurangi efek rumah kaca dari proses pembuatan biomassa itu..?

    BalasHapus
  4. Tedy 049

    penggunaan biomassa untuk bahan pangan mungkin bisa menghemat sumberdaya alam lain nya dan saya juga setuju akan hal itu ...

    pertanyaannya apa dampak sampingan yang tidak diinginkan dari biomassa itu ?

    BalasHapus
  5. bahrul (055). biomassa merupakan sumber energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang belum lama mati (dibandingkan dengan bahan bakar fosil). sumber-sumber biomassa yang paling umum adalah bahan bakar kayu, limbah dan alkohol.

    siapa penemu teknologi biomassa ? jelaskan kronologinya!

    BalasHapus
  6. bahrul (055). biomassa merupakan sumber energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang belum lama mati (dibandingkan dengan bahan bakar fosil). sumber-sumber biomassa yang paling umum adalah bahan bakar kayu, limbah dan alkohol.

    siapa penemu teknologi biomassa ? jelaskan kronologinya!

    BalasHapus
  7. Ternyata biomassa ini masih harus dikembangkan lagi agar kekurangan-kekurangan yang ada bisa diminimalisir sehingga mampu menjadi produk yang sangat berguna bagi manusai.
    Pertanyaannya, jika biomassa ini hanya berasal dari kayu dan tanaman, berarti produk ini tidak bisa mengurangi limbah yang ada dan malah mengurangi ketersediaan pohon yang ada?

    020-BINTANG

    BalasHapus
  8. Kenny (076)
    Berdasarkan tulisan di atas "Tetapi bukan berarti biomassa adalah sumber energy yang benar-benar ramah lingkungan, karena dari hasil pembakaran bahan biomassa akan menghasilkan gas yang menimbulkan efek rumah kaca."

    Apakah semua energi terbarukan bisa di katakan belum ramah lingkungan ? mengapa ?

    BalasHapus
  9. wida (077)
    energi biomassa dapat menjadi energi alternatif yang dapa digunakan untuk membantu melangsungkan kehidupan masa yang akan mendatang, dibandingkan dengan bahan bakar dari fosil, energi ini dapat dihasilkan dengan waktu yang tidak terlalu lama. walaupun penggunaan energi ini telah terlihat dampaknya baik positif dan negaif.
    setelah kita melihat dampak yang akan kita hadapi, apakah telah ada solusi yang baik dan tepat untuk mengahadapi dampaknya?

    BalasHapus
  10. wida (077)
    energi biomassa dapat menjadi energi alternatif yang dapa digunakan untuk membantu melangsungkan kehidupan masa yang akan mendatang, dibandingkan dengan bahan bakar dari fosil, energi ini dapat dihasilkan dengan waktu yang tidak terlalu lama. walaupun penggunaan energi ini telah terlihat dampaknya baik positif dan negaif.
    setelah kita melihat dampak yang akan kita hadapi, apakah telah ada solusi yang baik dan tepat untuk mengahadapi dampaknya?

    BalasHapus
  11. ARI(044)
    Pemanfaatan biomassa dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil,dan bahan bakunya lebih mudah didapatkan

    Mengapa biomassa dapat menimbulkan efek rumah kaca ?

    BalasHapus
  12. Samsul Hadi (037)
    Biomasa memang memiliki kontroversial dikalangan praktisi lingkungan dan kesehatan. pada dasarnya biomasa merupakan teknologi awal yang digunakan oleh manusia. banyak kalangan yang ingin mengunakan tekologi tersebut di abad ini namun dengan berbagai pertimbangan banyak yang harus dikaji mana saja biomasa yang menguntungan dan tidak menguntungkan serta harus memperhatikan kemaslahatan lingkungan dan makhluk hidup yang ada.


    Apakah biomasa dapat dibuat aman setelah penggunaannya? bagaimana standar industri harus membuat patokan agar biomasa tidak mencemari lingkungan? serta pengelolaan seprti apa yang benar-benar sesuai dengan zaman ini. Terimakasih

    BalasHapus
  13. Rendi (022) Penggunaan biomassa ini mungkin sangat membantu apalagi untuk mengurangi pencemaran lingkungan
    yang jadi pertanyaan adalah adakan dampek negatif dari penggunaan biomassa ini..?

    BalasHapus
  14. Stefanie (023)
    Biomassa sebagai energi alternatif sangat bagus untuk diterapkan karena tergolong cukup ramah lingkungan walaupun masih memiliki kekurangan seperti dari segi ekonomi karena membutuhkan biaya yang cukup besar dan lainnya.
    Bagaimana cara mengatasi agar gas hasil dari biomassa tersebut tidak menyebabkan efek rumah kaca?

    BalasHapus
  15. Yosep (073)
    saran/kritik:
    1. Tulsan awal artikel tidak ada namanya
    2. Artikel isinya cukup jelas
    pertanyaan:
    Apa keunggulan dan kelemahan energi massa bagi kehidupan kita sehari hari?

    BalasHapus
  16. Yulius(074)
    Terimakasih informasi yg sangat membantu

    BalasHapus
  17. Yulius(074)
    Terimakasih informasi yg sangat membantu

    BalasHapus
  18. Yulius(074)
    Terimakasih informasi yg sangat membantu.
    uraian artikel cukup lengakap dan mudah dibaca.
    terimakasih.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.