.

Sabtu, 20 Agustus 2016

Biogas Kotoran Ternak




Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik ataufermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya adalah kotoranmanusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga),
limbah organik yangbiodegradable dalam kondisi anaerobic. Biogas diproduksi oleh bakteri daribahan organik di dalam kondisi tanpa oksigen (anaerobic process). Proses iniberlangsung selama pengolahan atau fermentasi. Gas yang dihasilkansebagian besar terdiri atas CH4 dan CO2. Jika kandungan gas CH4 lebih dari50%, maka campuran gas ini mudah terbakar, kandungan gas CH4 dalambiogas yang berasal dari kotoran ternak sapi kurang lebih 60%. Temperatur ideal proses fermentasi untuk pembentukan biogas berkisar 30
°
C (Sasse, L.,1992, Junaedi, 2002. Metana dalam biogas, bila terbakar akan relatif lebihbersih daripada batu bara, dan menghasilkan energi yang lebih besar denganemisi karbon dioksida yang lebih sedikit.Komposisi biogas bervariasi tergantung dengan asal proses anaerobik yangterjadi. Nilai kalori dari 1 meter kubik Biogas sekitar 6.000 watt jam yangsetara dengan setengah liter minyak diesel. Oleh karena itu Biogas sangatcocok digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkunganpengganti minyak tanah, LPG, butana, batu bara, maupun bahan-bahan lainyang berasal dari fosil.

, Pemanfaatan limbah peternakan menjadi biogas merupakan salah satusolusi untuk mengatasi krisis sumber energi. Berikut kotoran yang dihasilkanoleh tiap satu ekor ternak
Jenis Ternak
Kotoran padat
Kotoran cair
Sapi
Kuda
Babi
Domba
Ayam
23,59
16,10
2,72
1,13
0,05
9,07
3,63
1,59
0,68
-

Komposisi Biogas
Komponen
%
Metana (CH4)
Karbon dioksida (CO2)
Nitrogen (N2)
Hidrogen (H2)
Hidrogen Sulfida (H2S)
Oksigen (O2)

55-75
25-45
0-0,3
1-5
0-3
0,1-0,5

Beberapa Manfaat biogas dari kotoran ternak:

1. Manfaat biogas yang pertama yaitu dapat mengurangi penggunaan dari gas LPG, hal ini dapat saja dilakukan karena gas metana yang terkandung di dalam biogas dapat digunakan sebagai pembakaran seperti halnya yang terdapat di dalam gas LPG.
2. Manfaat Biogas yang kedua ialah lingkungan menjadi lebih bersih dan indah, hal ini terjadi karena memanfaatkan limbah dan kotoran untuk dijadikan bahan pembuat biogas.
3. Manfaat Biogas yang ketiga adalah dapat menghemat biaya operasional rumah tangga, dengan mengganti bahan bakar minyak dan gas yang relatif lebih mahal dengan penggunaan biogas.
4. Manfaat biogas selanjutnya yaitu limbah digester dari biogas dapat kita manfaatkan sebagai pupul organik, baik yang berupa cair maupun padat bagi pertanian.
5. Manfaat biogas berikutnya adalah biogas dapat berkonstribusi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, pengurangan emisi ini terjadi karena kurangnya pemakaian bahan bakar minyak dan kayu.
6. Manfaat biogas selanjutnya ialah biogas dapat menjadi bahan bakar alternatif yang dapat menghasilkan listrik untuk menggantikan penggunaan solar. Bahan bakar biogas ini dapat menghasilkan sekitar 6000 watt per jamnya dengan menggunakan sekitar 1 meter kubik biogas.
7. Biogas juga bermanfaat untuk mengurangi asap dan kadar karbon dioksida di udara.


Daftar Pustaka:
Takamoto, 2013, manfaat biogas, http://www.takamotobiogas.com/about/blog/. Di unduh tanggal 19 agustus 2016
Kirai Ga Miefta,2011-2012 pengolahan biogas dari kotoran ternak, https://www.scribd.com/doc/77914777/MAKALAH-BIOGAS. Di unduh tanggal 19 agustus 2016
Misa dody, 2015, pemanfaatan biogas dari kotoran ternak, http://dodymisa.blogspot.co.id/2015/05/makalah-pemanfaatan-biogas-dari-kotoran.html. Di unduh tanggal 19 agustus 2016
Putri, 2012, Biogas, http://ejournal.undip.ac.id/index.php/ijred/article/view/3805. Di unduh tanggal 19 agustus 2016

28 komentar:

  1. Agus darmawan 029

    Dengan pemanfaatan limbah kotoran hewan menjadi biogas membuat pemanfaatan limbah tersebut menjadi efektif untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil yang lambat tahun mulai berkurang.

    Pertanyaan saya bagaimana cara menghilangkan bau yang tidak sedap dari kotoran hewan tersebut.?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. slamet hariadi 060
    di dalam artikel diatas biogas emang perlu di perhatikan masyarakat dimana masyarakat tersebut memakai biogas ternak banyak manfaatnya yaitu mengurangi penggunaan gas LPG,mengurangi asap dan kadar karbondioksida .apakah biogas ternak bisa di gunakan sebagai bahan bakar?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. bahrul (055). biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktifitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya adalah kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobic.

    butuh berapa lama proses penelitian ini ? jelaskan !

    BalasHapus
  6. Nandar(009)
    (1)pemanfaatan kotoran hewan seperti kotoran sapi atau disebut biogas untuk energi alternatif sangat baik dalam segi lingkungan, karena kotoran-kotoran hewan ternak itu dapat bermanfaat dan tidak mencemari lingkungan..
    (2)bagaimana agar semua masyarakat kita sadar akan pentingnya memanfaatkan kotoran ternak sebagai energi alternatif..?

    BalasHapus
  7. Nandar(009)
    (1)pemanfaatan kotoran hewan seperti kotoran sapi atau disebut biogas untuk energi alternatif sangat baik dalam segi lingkungan, karena kotoran-kotoran hewan ternak itu dapat bermanfaat dan tidak mencemari lingkungan..
    (2)bagaimana agar semua masyarakat kita sadar akan pentingnya memanfaatkan kotoran ternak sebagai energi alternatif..?

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Kenny (076)
    Masayarakat Indonesia lebih banyak berternak ayam karena, ayam itu mudah dirawat maka juga mudah untuk di ternakan dan di ambil telur, bulu dan lain-lain. namun berdasarkan tabel di atas ayam mengambil peran yang sangat kecil dalam pemanfaatan biogas ini

    Apakah ada cara konvensional lain yang dapat membantu masyarakat Indonesia khususnya para peternak ayam untuk memanfaatkan kotoran ayam ?

    BalasHapus
  11. Faisal ardhi h(046)
    Ini merupakan suatu energi temuan yang baru, dan memerlukan sosialisasi yang tepat. Kebanyakan orang hanya tau kalau kotoran bisa diolah menjadi biogas tanpa tahu prosesnya

    Bagaimana proses pengolahan kotoran tersebut agar bisa menjadi biogas?

    BalasHapus
  12. Samsul Hadi (037)
    Biogas memang sangat menguntungkan apabila dapat diterapkan oleh petani dan peternak tradisional kita. banyak penghematan yang terjadi di berbagai lini jika biogas ini berhasil mendominasi masyarakat. namun kebanyakan masyarakat yang mengerti teknologi biogas bukanlah seorang petani atau peternak sehingga ilmu tentang biogas perlu digalakan dan difasilitasi agar petani dan peternak mau menggunakan teknologi terbarukan.


    apakah gas yang dihasilkan dari biogas lebih ramah terhadap ozon atau malah lebih merusak? jelaskan ! Terimakasih

    BalasHapus
  13. VindiAF(070)
    Komentar:
    Memang bagus sekali program tersebut..tetapi banyak masyarakat Kita yang tidak paham betul mengenai itu..

    Pertanyaan:
    apakah ada kriteria-kriteria kotoran tersendiri supaya menjadi biogas?

    BalasHapus
  14. anto erdiyanto 075

    Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik ataufermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya adalah kotoranmanusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga),

    pertanyaan saya mang ,apakah semua kotoran hewan dapet di buat biogas ? coba jelaskan mang ?

    BalasHapus
  15. Di Indonesia yang masyarakatnya banyak mempunyai hewan ternak seperti sapi seharusnya lebih mengedepankan pembuatan biogas ini agar tidak selalu bergantung pada bahan bakar fosil yang semakin hari semakin berkurang
    Pertanyaannya, apakah biaya pembuatan serta harga produk biogas ini akan terjangkau bagi masyarakat karena jika harganya mahal maka jelas masyarakat khusunya Indonesia akan pikir-pikir untuk membelinya?

    020-BINTANG

    BalasHapus
  16. Ayu (085)
    Sraan dan Kritik : Artikel yang anda buat cukup bagus .Penggunaan biogas di Indonesia ini sudah cukup bermanfaat namun hal tersebut hanya bisa digunakan di Desa di daerah perkotaan sendiri biogas belum banyak digunakan karena tidak banyak lahan untuk meletakkan hewan maupun menampung kotoran hewan tersebut.Ayam yang berperan kecil dalam penghasil biogas namun di perkotaan Ayam digunakan hanya untuk dimakan dan tidak banyak yang gas dapat dihasilkan dari limbah kotoran ayam tersebut.

    Pertanyaan : Bagaimana caranya menghasilkan biogas dengan memanfaatkan lahan perkotaan yang sempit?

    BalasHapus
  17. ARI(044)
    Penggunaan biomassa bertujuan untuk mengurangi penggunaan gas LPG. saya sangat mendukung apabia biomassa dimanfaatkan dengan baik.

    Mengapa kita lebih memilih menggunakan gas LPG ?

    BalasHapus
  18. ARI(044)
    Penggunaan biomassa bertujuan untuk mengurangi penggunaan gas LPG. saya sangat mendukung apabia biomassa dimanfaatkan dengan baik.

    Mengapa kita lebih memilih menggunakan gas LPG ?

    BalasHapus
  19. Hendrik (034)
    (1) Biogas yang bersumber dari hasil sisa-sisa pencernaan kotoran hewan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, apalagi sekarang ini hasil-hasil sumber bumi sudah mulai menipis misalnya untuk bahan bakar. Dengan memanfaatkan hasil dari kotoran-kotoran hewan untuk diolah dan dijadikan bahan bakar sangat baik dan membantu mengurangi polusi udara.
    (2) Pertanyaan saya: Gimana cara kita untuk mengembangkan biogas dari kotoran ternak supaya bisa diterapkan dan dikembangkan lebih baik lagi?

    BalasHapus
  20. Adit(042)
    Biogas ini mungkin sangat mudah didapatkan, tetapi lebih sering digunakan menjadi pupuk

    Tpi apakah ada kriteria tersendiri untuk kotoran tersebut ?

    BalasHapus
  21. Rendi (022) membuat energi seperti biogas dengan menggunakan kotoran ternak memang sangat membantu apalagi di jaman sekarang energi fosil semakin langka dan mahal
    yang jadi pertanyaan saya yaitu apakan gas yang di hasilkan dari kotoran ternak sudah layak untuk di gunakan...?

    BalasHapus
  22. Yosep (073)
    saran/kritik:
    1. Awal tulisan tidak ada nama penulis
    2. Tulisan tidak sama ada yang besar dan kecil
    3. Tidak ada tulisan bahasa inggris nya dalam artikel
    Pertanyaan:
    Bagaimana caranya Biogas mengurangi asap dan karbon dioksida di udara?

    BalasHapus
  23. Iqbal (008)
    Biogas dari kotoran adalah salah satu energi terbarukan, dengan lebih banyak memakai biogas secara tidak lansunh kita telah meneylamatkan lingkungan dari pencemaran akibat terlalu banyak memakai bahan bakar fosil.

    Pertanyaan nya: bisakan anda menyebutkan satu persatu cara membuat biogas yang baik dan benar..?

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Stefanie (023)
    Dengan adanya biogas kita tidak perlu lagi khawatir lagi mengenai sumber energi, karena biogas dapat menghasilkan berbagai macam sumber energi yang kita perlukan untuk kebutuhan sehari-hari.
    Apakah biogas juga dapat menggunakan kotoran manusia?

    BalasHapus
  26. Sandi (048)

    Komentar:
    Pemanfaatan kotoran ternak menurut saya sangat efektif dan efisien, selain sebagai energi alternatif cara ini juga sekaligus mengurangi limbah sampah kotoran ternak, jadi cara ini memiliki keuntungan yang double

    Pertanyaan:
    Bagaimana proses pembuatan energi biogas ini? Apakah semua jenis kotoran menggunakan proses yang sama untuk membuat biogas ini?

    BalasHapus
  27. sangat menarik, jika teknologi tersebut bisa terus dikembangkan maka teknologi tersebut akan menjadi energi terbarukan dan bermanfaat bagi manusia

    BalasHapus
  28. sangat menarik, jika teknologi tersebut bisa terus dikembangkan maka teknologi tersebut akan menjadi energi terbarukan dan bermanfaat bagi manusia

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.