.

Selasa, 29 Agustus 2017

Materi 01 : Kimia dan Perkembangannya

i
Perubahan kimia atau lebih popular dengan istilah rekasi kimia  memungkinkan terbentuknya zat-zat baru yang sebelumnya tidak dikenal. Hal ini memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan, mulai dari industri, pertanian, kedokteran, konstruksi, dan sebagainya.
Namun di sisi lainnya tidak semua proses pembentukan zat baru menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, banyak juga di antaranya yang justru merugikan peradaban manusia seperti limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan sebagainya. Contoh sederhana perubahan materi dari besi murni menjadi besi berkarat dianggap sangat merugikan, karena mengurangi sifat penting yang ada pada materi tersebut.



Selengkapnya pelajari Buku Kimintek Hijau Bab 1 "Kimia dan Perkembangannya"

59 komentar:

  1. @D07-aldy @proyek01

    Menurut saya kita harus mempelajari perubahan kimia atau yang sering kita dengar reaksi kimia, karena kita dapat mengetahui zat zat yang ada di sekeliling kita dan juga memungkinkan terbentuk nya zat zat baru karena zat zat sebagaian besar bermanfaat bagi kita tapi banyak pula juga yang tidak bermanfaat.

    BalasHapus
  2. @D09-Huda, @ProyekB01
    Menurut saya peranan kimia sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat modern seperti saat ini.

    BalasHapus
  3. @D08-arief @proyekB01
    Menurut saya banyak sekali pencemeran lingkungan seperti asap kendaraan Dan pabrik seharusnya kita harus mencegah karna kalau kita tidak mencegah lama kelamaan lapisan ozon akan semakin tipis . dan mengurangi pembuatan gedung yang dilapisin kaca .

    BalasHapus
  4. @D29-Daffa @proyekB01
    Menurut saya perubahan kimia atau rekasi kimia memiliki efek positif dan negatif, efek positif nya adalah memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan seperti industri, pertanian, kedokteran dll.
    Sisi negatifnya adalah menghasilkan limbah dari industri

    BalasHapus
  5. @D23-Abi, @ProyekB01 bagi segala bidang kemajuan didalam kimia menentukan masa depan seluruh manusia. Sangat baik apabila banyak orang yang mendapat wawasan baru tentang pandangan kimia secara luas, apalagi dalam menghadapi kemajuan era teknologi modern setiap individu terutama mahasiswa harus mampu mengetahui manfaat dan ketidak-untungan dari bidang kimia walaupun hanya bagian dasar saja.

    BalasHapus
  6. @DO3-Almira,@ProyekB01

    Artikelnya sangat bermanfaat saya bisa mengetahui kimia yg baik dan kimia yg merugikan untuk sekitar. Dan saya bisa tau kimia tidak hanya dipakai di lab penelitian saja tapi jga di bidang lainnya.

    BalasHapus
  7. @D25-Bendy, @ProyekB01
    Menurut saya, kita harus mempelajari perubahan kimia. Karna banyak sekali manfaatnya seperti pertanian, kedokteran, industri. Tetapi banyak sekali hal negatifnya seperti limbah.

    BalasHapus
  8. @D29-Daffa @proyekB01
    Menurut saya perubahan kimia atau rekasi kimia memiliki efek positif dan negatif, efek positif nya adalah memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan seperti industri, pertanian, kedokteran dll.
    Sisi negatifnya adalah menghasilkan limbah dari industri

    BalasHapus
  9. @D18-Rifqi,@ProyekB01
    Menurut saya ilmu kimia juga bermanfaat dalam bidang hukum yaitu jika terjadi pembunuhan ilmu kimia sangat berguna untuk sample Dna sehingga bisa membantu pihak hukum dalam menindak lanjuti kasus tersebut.

    BalasHapus
  10. @D24-Alvian @ProyekB01
    Menurut saya semua jenis reaksi kimia itu harus dicari berbagai dampaknya, agar semuanya itu bisa bermanfaat. Dampak yang merugikan itu harus di minimalisir sekecil mungkin agar tidak menyebar kemana-mana. Semoga manfaat reaksi kimia ini banyak agar masyarakat awam bisa menggunakannya dengan baik dan bermanfaat bagi semua

    BalasHapus
  11. @D30-Rafli , @ProyekB01
    Menurut saya kimia itu pelajaran yang harus disukai karena dengan itu kita dapat menambah wawasan dan dasar utama sebagai calon sarjana teknik

    BalasHapus
  12. @D17-Nabila @ProyekB01
    Menurut saya kimia adalah sebuah ilmu yang berkaitan dengam berbagai macam aspek dikehidupan manusia karena didalam kimia mempelajari tentang komposisi, sifat, dan perubahan zat. , maka dari itu kita perlu mempelajari kimia karena peranan ilmu kimia dalam bidang industri cukuplah penting

    BalasHapus
  13. @D10-Khalil,@ProyekB01 ya kimia sangat berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan tapi kita juga harus pintar memilih mana reaksi reaksi yang bermanfaat maupun yang merugikan dan kedepannya hal hal yang merugikan peradaban harus bisa diatasi

    BalasHapus
  14. @D22-Maytasya , @ProyekB01
    Menurut saya kimia sangat penting karena kita bisa mengetahui zat-zat yang tidak di kenal yang bisa memberikan manfaat di bergabai kepentingan.

    BalasHapus
  15. @D19-Ellyza, @ProyekB01 proses pembentukan zat baru yang bermanfaat harus memperhatikan dampak yang akan ditimbulkan pada lingkungan. Proses yang baik dan informasi mengenai pengelolaan hasil akan sangat berguna untuk memberikan kontribusi yang baik dan maksimal dalam kimia industri dan perkembangannya.

    BalasHapus
  16. @D-26Niko,@ProyekB01
    Menurut saya setelah saya mempelajari koagulasi jadi saya mengetahui pengertian, kegunaan, proses pengelolahan bahan koagulasi dalam kehidupan sehari-hari serta saya mengetahui dampak yang ditimbulkan dari bahan kimia tersebut.

    BalasHapus
  17. @D02-Anastasia @proyekB01

    Menurut saya perubahan kimia sangat penting untuk dipelajari dalam dunia Industri. Dimana kita dapat memahami untuk memberikan hal-hal baru dalam dunia Industri yang mungkin akan bermanfaat untuk kedepannya dan dapat membedakan dengan dampak negatif yang merugikan, agar dapat dihindari.

    BalasHapus
  18. @D27-Sheva @ProyekB01

    Menurut saya, reaksi kimia yang berefek negatif untuk peradaban manusia sangat berbahaya. Karena, bisa menimbulkan banyak penyakit untuk manusia itu sendiri. Dan untuk yang berefek positif sendiri, pabrik-pabrik industri, kedokteran, dll sangat diuntungkan.

    BalasHapus
  19. @D28-selvy @proyekB01

    Menurut saya ilmu kimia sangat berguna dalam kehidupan baik itu di kehidupan sehari - hari maupun dunia industri dan setiap tahunnya ilmu kimia semakin berkembang

    BalasHapus
  20. @D21-NISA , @ProyekB01

    menurut saya, artikel nya cukup menambah pengetahuan saya tmtg kimia

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. @D206-rebekka ,@proyekB0130 Agustus 2017 pukul 12.36

    menurut saya kimia itu sangat penting bagi kita manusia sebagai pengelola SDA
    kita sebagai pengelola harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai bagaimana mengelola SDA agar lebih bermanfaat bagi kehidupan kita
    dan pengetahuan itu kita akan temukan pada study KIMIA
    SELAMAT siang dan terimakasih
    ��

    BalasHapus
  23. @D12-Arya , @proyekB01
    Menurut saya mempelajari pelajaran kimia mempunyai banyak manfaat Dan salahsatunya dalam mempelajari kimia farmasi dapat mengetahui apa fungsi Dan cara pembuatan obat obatan yang berguna untuk masyarakat, itu harus mempunyai ahli dalam bidang khususnya pelajaran kimia.

    BalasHapus
  24. @D20-Novia, @proyeksiB01 untuk dapat menemukan zat zat baru yang belum ditemukan harus dilakukan penelitian dan memberikan perhatian yang baik serta mengikutsertakan pelajar dan mahasiswa dalam bidang kimia industri

    BalasHapus
  25. @D11-Fateh
    Menurut saya pribadi kimia bisa jadi solusi masalah untuk kehidupan di masa depan, karena konsep kimia yang sangat kompleks. Dari partikel terkecil seperti atom hingga yang besar seperti lingkungan adalah sebagaian besar materialnya.

    BalasHapus
  26. @E-11-Yan, @proyekA01
    Menurut saya proyek kimia itu mempunyai dampak positif dan negatif. Positifnya yaitu mempunyai dampak dan peluang besar untuk industri dan negatifnya menimbulkan banyak limbah yang dihasilkan dari suatu tempat industri tersebut

    BalasHapus
  27. @E18-Jevon, @proyekA01
    Menurut saya mata kuliah kimia sangat membantu untuk kehidupan sehari-hari dan dapat membantu menemukan unsur-unsur baru..

    BalasHapus
  28. @E06-Ridho, @proyekA01

    Menurut saya ilmu kimia itu penting itu kalo ada satu bahasan yang gak kita kuasain, kesulitannya bakal merembet ke bahasan selanjutnya.
    Teliti itu wajib, karena Kimia banyak pengecualian buat kasus2 tertentu.
    Menantang, seru, tapi kadang suka bikin pusing juga hehe

    BalasHapus
  29. @E12-Guntur, @proyekA01
    Menurut saya kimia sangat membantu dalam bidang industri,pertanian,kedokteran,konstruksi, dan sebagainya

    BalasHapus
  30. @D05-Yulia @ProyekB01
    Bukan hanya saya yang menyatakan bahwa kimia berhubungan erat dengan lingkungan kita,karena fakta tentang kimia sudah nampak jelas oleh mata. Seperti artikel yang Bapak Atep posting bahwa kimia mencakup berbagai kepentingan seperti pertanian,kedokteran dll. Tentunya kimia dalam menghasilkan zat-zat baru ini pun dapat memberikan dampak yang positif dan negatif. Oleh karena itu menjadi tugas kita pula untuk mengembangkan sesuatu yg telah menjadi positif dan mengolah sesuatu yg kontra(negatif) dengan lingkungan menjadi sesuatu yg pro(positif) terhadap lingkungan.

    BalasHapus
  31. @E10-Farhan, @ProyekA01
    , karena Kimia banyak pengecualian buat kasus-kasus tertentu.
    Menantang, seru, tapi suka bikin pusing juga.

    BalasHapus
  32. @E03-Rayhan, @ProyekA01
    Menurut pendapat saya ilmu kimia sangat erat kaitannya dengan ilmu kesehatan karena dalam kimia kita mengenal senyawa2 yang dpt saling bereaksi yang dpt membantu pemulihan kondisi kesehatan manusia dan bidang ini sering kita kenal sebagai bidang farmasi.

    BalasHapus
  33. @D13-Mega @proyekB01
    Menurut saya kimia merupakan peranan penting untuk segala bidang terutama dalam bidang industri,seperti yang kita tau tidak semua bahan kimia aman bagi lingkungan maupun dalam pemakaian sehari-hari maka dari itu kita perlu mempelejari bagaimana cara mengolahnya dengan baik. Sehingga terciptanya zat-zat kimia yg ramah lingkungan.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. @D14-humairoh @proyekB01

    Dengan kita mempelajari reaksi kimia kita semakin tahu bahwa banyak aspek aspek kehidupan menggunakan reaksi kimia, seperti yang sudah di sebutkan. Namun selain kita harus tau reaksi kimia itu apa, contohnya seperti apa, kita juga harus tau bagaimana cara kita menanggulangi akibat dari reaksi kimia tersebut seperti limbah, agar masalah tersebut tidak merusak lingkungan

    BalasHapus
  36. D04-Rizky
    Segala sesuatu akan berubah seiring waktu sesuai perkembangan zaman. Tanpa terkecuali dunia kimia. Kemajuan teknologi dapat membantu kemajuan di dunia kimia, baik positif ataupun negatif. Di atas adalah contoh dari perkaratan yang mungkin berdampak negatif bagi sebagian besar orang, namun saat ini terdapat bahan kimia yang dapat melindungi besi dari perkaratan yang dapat berdampak positif bagi banyak orang

    BalasHapus
  37. @D15-lutfi, @Pro5yekB01 terimakasih dengan blog nya pak sangat bermanfaat, membuat saya pahaham menambah ilmu kimia saya dan

    BalasHapus
  38. @E07-Lucia
    Kimia merupakan ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang terjadi, dan perubahan itu bisa terjadi dimana saja. Tidak hanya di lab tetapi juga di alam semesta. Ilmu kimia pun selalu berkembang mengikuti dengan perkembangan zaman dan teknologi. Kimia juga sangat berkaitan dengan bidang ilmu yang lain, seperti korelasi antara kimia dan industri. Maka dari itu kimia sangat berpotensi untuk memberi penjelasan dan pemahaman mengenai ber-bagai kehidupan manusia di bumi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  39. @E01-Faldy, @ProyekA01

    kimia dan perubahannya sangat dibutuhkan di dunia perindustrian, tapi sangat disayangkan masih banyak perusahaan yang tidak mengolah limbah kimia agar menjadi ramah lingkungan. Semoga dengan mempelajari ilmu kimia kita dapat mengolah limbah kimia agar dapat ramah lingkungan

    BalasHapus
  40. @E15-Anastasia,

    Kimia merupakan disiplin ilmu yang mempelajari sifat,komposisi,dan transformasi materi. Hubungan antara kimia dan industri sangat erat. Perkembangan ilmu dan teknologi kimia secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan teknologi industri. Contoh aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri yaitu pengolahan minyak bumi,petrokimia,pengolahan logam,pengolahan makanan dan minuman.

    BalasHapus
  41. @E05-Rudolf dari materi singkat menurut saya memang kimia selalu terjadi dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  42. @E21-Al Fiqih,@proyekA01
    Menurut saya kimia itu sangat diperlukan untuk kehidupan manusia dan dalam lingkungan industri karna kalau tidak ada kimia perindustrian tidak akan maju seperti sekarang. Semoga dengan mempelajari ilmu kimia kita bisa lebih memajukan perindustrian yg hijau

    BalasHapus
  43. @E04-Chrispendi

    Menurut ilmu kimia sangatlah penting karena di dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan unsur kimia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. dan juga di dalam dunia medis sangatlah penting karena dari unsur kimia tersebut dapat menciptakan sebuah obat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Oleh karena itu ilmu kimia dapat mempelajari perubahan materi yang dapat dikaji melalui aspek proses sifat dan energi yang terlibat dalam perubahan materi

    BalasHapus
  44. @E02-Elvi
    Ilmu kimia dibangun oleh dua pilar kajian yang saling mendukung satu sama lain sehingga ilmu kimia terus mengalami perkembangan. Perkembangan kimia tidak terlepas dari kemunculan alkimia.Kedua pilar yang dimaksud adalah kajian teoritis(upaya untuk menerapkan hukum-hukum fisika dan teorema matematika guna mengungkapkan sifat dan gejala alam dan empiris (upaya untuk menemukan keteraturan berdasarkan fakta yang ada di alam menggunakan metode ilmiah. Oleh karena itu, korelasi antara kimia dan industri sangat erat. Perkembangan ilmu dan teknologi kimia secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan teknologi industri. Aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri, contohnya oleokimia, pengolahan logam dan agrokimia, makanan dan minuman, dll.

    BalasHapus
  45. @E09-Maulani
    Kimia merupakan suatu senyawa yang didalamnya memuat perubahan secara fisik maupun kimia, disamping itu kimia adalah suatu ilmu alam yang dapat dijumpai di kehidupan masyarakat contohnya bioteknologi (pemanfaatan bakteri dan jamur tertentu), kedokteran (farmasi), dll. Kimia juga merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang suatu senyawa yang bersifat kompleks yang akan dirubah menjadi senyawa yang sederhana begitu pula sebaliknya.

    BalasHapus
  46. @E19-Lestari

    Menurut saya dengan adanya materi ini kita bisa tau bagaimana perkembangan dari kelompok-kelompok kimia tersebut dan pengertian dari kimia itu sendiri . Perkembangan kimia ini juga dapt berguna di berbagai kepentingan mulai dari industri,kedokteran dll. Kita juga bisa tau apa keuntungan dan kerugian dari kimia itu sendiri , Disela-sela itu kimia juga dapat menjadi ilmu disiplin yang mempelajari sifat,komposisi,dan transformasi materi yang setiap materi tersebut memiliki sifat tersendiri yang khas dan memiliki komposisi yang unik serta spesifikasi transformasi yang menjadi bentuk materi yang baik

    BalasHapus
  47. @E20-Naqi, @proyekA01
    Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan manusia terutma di industri, ilmu kimia telah menghantarkan produk – produk baru yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia salah satunya mengenai proses pengolahan akhir limbah industri.
    Maka dari itu suatu keharusan kita sebagai sarjana teknik industri untuk memahami ilmu kimia agar bisa mewujudkan industri yang ramah lingkungan

    BalasHapus
  48. @E09-Maulani
    Kimia merupakan suatu senyawa yang didalamnya memuat perubahan secara fisik maupun kimia, disamping itu kimia adalah suatu ilmu alam yang dapat dijumpai di kehidupan masyarakat contohnya bioteknologi (pemanfaatan bakteri dan jamur tertentu), kedokteran (farmasi), dll. Kimia juga merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang suatu senyawa yang bersifat kompleks yang akan dirubah menjadi senyawa yang sederhana begitu pula sebaliknya.

    BalasHapus
  49. @E17-Nabilla
    beberapa ahli memberikan definisi kimia antara lain ilmu alam yg mempelajari perubahan materi meliputi kimia dan fisika.
    ilmu kimia pertama kali muncul dimeeair yg kemudian berkembang diyunani,india dan tiongkok. lalu pada abad ke 18 alkimia mulai memudar karena berkembangnya kimia modern.
    kimia modern bermula dari hal2 yg kebetulan. ilmu kimia metalurgi mencangkup ilmu2 hasil pertambangan begitu pula farmasi keadaannya sudah cukup lama.
    kimia juga mengalami perkembangan sehingga terdapat beberapa cabang yaitu: kimia analisis (berkaitan dengan analisis zat), biokimia (berkaitan dengan peranan molekul dalam reaksi kimia), bioteknologi (berkaitan mempelajari mahluk hidup seperti bakteri)
    kolerasi antara kimia dan industri sangat erat. istilah produk dalam kimia industri melibatkan industri yg menghasilkan zat kimia dan limbah kimia.

    BalasHapus
  50. @E14-Devi Korelasi antara kimia Dan industri samgat erat, perkembangan ilmu dan teknologi Kimia secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan teknologi industri. Aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri semakin meluas baik untuk industri kimia dasar, pengolahan minyak bumi, petrokimia, pengolahan logam, oleokimia, agrokimia, makanan dan minuman, bahan pewarna dan pencelup, bahan peledak, bubur kertas, semen dan keramik, karet, kulit dan plastik, alat rumah tangga, pembersih dan toiletries, kemasan, alat tulis, farmasi, perumahan/bangunan, otomotif, sandang, serta pertanian dan peternakan.

    BalasHapus
  51. @E16-Tania
    Perubahan kimia tidak hanya terjadi di lab saja namun juga di alam semesta. Kimia dengan dengan mahkluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) saling berkaitan. Namun, tidak hanya itu kimia dengan hukum pun saling berkaitan.
    kimia telah mengalami perkembangan sehingga dibagi menjadi beberapa cabang seperti :
    kimia analisis : berkaitan dengan analisis zat, biokimia : berkaitan dengan peranan molekul dalam reaksi kimia, bioteknologi : berkaitan mempelajari mahluk hidup seperti bakteri, kimia anorganik : mempelajari senyawa anorganik, kimia organik : cabang kimia yang lebih fokus pada kajian senyawa organik .

    BalasHapus
  52. @D16-Fauzi,proyekB01
    Terimakasih pak artikelnya sangat bermanfaat untuk menambah ilmu dan pengetahuan , ilmu kimia memang sangat bermanfaat dalam kehidupan

    BalasHapus
  53. @E08-wulan,

    Kimia sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia baik yang kita sadari maupun tidak. Seperti reaksi kimia yang terjadi saat kita bernafas, saat manusia bernafas maka akan menghirul oksigen dan mengeluarkan karbonoksida atau CO2. Contoh lainnya seperti saat menyalakan korek api, kita akan melihat penghubungan molekul energi dg oksigen untuk menghasilkan karbondioksida dan air. Jadi kimia sangat bermanfaat dan berpengaruh dalam kehidupan manusia.

    BalasHapus
  54. @E16-Tania
    Perubahan kimia tidak hanya terjadi di lab saja namun juga di alam semesta. Kimia dengan dengan mahkluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) saling berkaitan. Namun, tidak hanya itu kimia dengan hukum pun saling berkaitan.
    kimia telah mengalami perkembangan sehingga dibagi menjadi beberapa cabang seperti :
    kimia analisis : berkaitan dengan analisis zat, biokimia : berkaitan dengan peranan molekul dalam reaksi kimia, bioteknologi : berkaitan mempelajari mahluk hidup seperti bakteri, kimia anorganik : mempelajari senyawa anorganik, kimia organik : cabang kimia yang lebih fokus pada kajian senyawa organik .

    BalasHapus
  55. @D25-Bendy, @ProyekB01
    Menurut saya, kita harus mempelajari perubahan kimia. Karna banyak sekali manfaatnya seperti pertanian, kedokteran, industri. Tetapi banyak sekali hal negatifnya seperti limbah.

    BalasHapus
  56. Menurut saya perkembangan reaksi kimia dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Ini terjadi karena kimia merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan tersebut, kita bisa sadar seberapa besar peranan kimia. Sehingga kita sebagai penerus bangsa harus menemukan gagasan terbaru terhadap rekasi kimia, disisi lain kita juga harus memperhatikan dampak negatifnya. Sehingga memungkin kan kita dapat mengontrol baik buruknya reaksi zat tersebut dengan persantase 90% bermanfaat dan 10% untuk dampak negatifnya

    BalasHapus
  57. @E22-Reno
    Menurut saya perkembangan reaksi kimia dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Ini terjadi karena kimia merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan tersebut, membuat kita sadar betapa besar peranan kimia. Kita sebagai penerus bangsa harus menemukan gagasan yang terbaru sehingga bisa melampaui pendahalu kita, disisi lain kita tetap harus memperhatikan dampak negatifnya yg terjadi.sehingga memungkin dapat mengontrol baik buruknya reaksi zat dan dapat mengurangi angka dampak negatifnya. Dengan perbandingan persentase 90% untuj sisi baiknya dan 10% untuk dampak negatifnya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.