.

Kamis, 31 Agustus 2017

Yuk kenalan sama Kimia Terapan

@E09-Maulani - Kimia adalah suatu ilmu alam yang mempelajari tentang perubahan fisik maupun kimia yang terjadi di Alam semesta ini. Seperti yang kita ketahui bahwa kimia ada yang bersifat murni dan terapan, kali ini pokok bahasan kita adalah mengenal kimia terapan. 


Apa si Kimia terapan?
Kimia Terapan adalah suatu bahan kimia yang sering ditemukan dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari­-hari. Seperti pada penjelasan berikut ini.

·         Bidang Kesehatan : Sering kali kita temukan bahan kimia yang digunakan dalam bidang kesehatan ini. Misalnya dalam kimia farmasi (obat-obatan, antibiotik, penetralisir alat-alat kesehatan).
·         Pertanian: Fungsi Ilmu kimia dalam pertanian tidak lain untuk membantu proses penyuburan tanah dan pemberantasan hama. Contohnya pupuk dan pestisida.
·         Biologi :Dalam bidang biologi, ilmu kimia dapat dijumpai pada proses metabolisme, fotosintesis, bioteknologi dll. Serta dalam Al-Qur’an pun di jelaskan yang artinya.

“Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An Nahl, 16:10-11).
Seperti yang kita ketahui bahwa air H2O adalah senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan di muka bumi ini.

“Protoplasma merupakan dasar-dasar fisik kehidupan. Protoplasma bukan hanya bagian struktural sel, tetapi juga merupakan bagian penting sel sebagai tempat berlangsung reaksi-reaksi kimia kehidupan.” (Max Schultze, 1863).
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam bidang biologi terdapat banyak ilmu kimia yang berperan didalamnya.

·         Teknik Sipil  : Bahan-bahan seperti semen,cat,paralon dalah suatu bahan bnagunan yang dihasilkan dari hasil riset ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah agar  bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan di kemudian hari.
·         Bidang Hukum : Pemeriksaan alat bukti kriminalitas oleh tim forensik menggunakan ilmu Kimia di dalamnya. Bagian tubuh manusia seperti rambut dan darah dapat diperiksa struktur DNA-nya. Struktur DNA setiap individu akan berbeda sehingga dapat digunakan untuk identifikasi seseorang.
·         Bidang Arkeolog : Penentuan usia fosil yang bisa dilakukan saat ini merupakan salah satu hasil penerapan ilmu Kimia. Fosil yang ditemukan dapat ditentukan usianya dengan radioisotop karbon-14. Radioisotop sendiri adalah isotop dari zat radioaktif yang mampu memancarkan radiasi.
·         Bidang Industri : Di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Contoh yang paling sederhana adalah Kain sintetis yang kita gunakan merupakan hasil penerapan ilmu Kimia.
·         Bidang Mesin : Manfaat Ilmu kimia juga bisa mengenai bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin, mempelajari sifat, dan komposisi bahan bakar.
·         Geologi : Bidang ini berkaitan dengan penelitian batu-batuan (mineral) dan pertambangan gas dan minyak bumi. Manfaat ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan atau “benda-benda” alam.
  
Nah, ini adalah sebagian kecil dari perkenalan tentang kimia terapan. Asyik kan, karena kimia terapan menyangkut kehidupan sehari-hari kita.

DAFTAR PUSTAKA

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.