.

Selasa, 26 September 2017

Materi 5 : Kimia Industri (Bagian 2)

Source : https://www.yokogawa.com/
Pengelompokan industri kimia meliputi banyak versi, The Essential Chemical Industry dan The University of York, dalam situs web ECI (2013) menjelaskan, bahwa produk industri kimia meliputi empat kelompok, yaitu : Kimia Dasar,  Kimia Khusus,  Kimia Konsumen, dan Kimia yang Berkaitan dengan Ilmu Kehidupan (Biologi).


Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

52 komentar:

  1. @D19-Ellyza
    kelompok industri kimia dasar meliputi plasti dan serat yang terbagi menjadi beberapa jenis produk, yaitu polyethilen, polysteren, PVC,polipropilen. kimia anorganik menghasilkan produk di antaranya garam, klorin, kaustik soda, natrium karbonat, dan asam.

    BalasHapus
  2. @E09-Maulani Pengelompokkan Industri kimia :
    A. Kimia Dasar
    - Bahan Petrokimia (minyak)
    - Bahan Polimer (material yang memenuhi kebutuhan hidup manusia)
    - Bahan dasar onorganik (Klorin, Natrium hidroksida, sulfat dll)
    B. kimia Khusus
    industri kimia yang menghasilkan bahan kimia khusus terutama untuk perlindungan tanaman, cat dan tinta, termasuk didalamnya bahan kimia yang digunakan oleh industri tekstil dan kertas.
    C. bahan kimia konsumen
    Bahan yang dijual secara langsung kepada masyarakat co : diterjen, sabun, kosmetik, dan parfum.
    D. Ilmu kehidupan
    Produk Industri kimia berkaitan dengan ilmu kehidupan atau biologi, contoh farmasi, vitamin, produk kesehatan hewan dan pestisida.

    BalasHapus
  3. @E02-Elvi
    Pengelompokan industri kimia meliputi banyak versi, The Essential Chemical Industry dan The University of York dalam situs web ECI (2013) menjelaskan produk industri kimia meliputi 4 kelompok yaitu :
    1.Industri Kimia Dasar
    Sub-Kelompok :
    a. Bahan Petrokimia
    b. Bahan Polimer
    c. Bahan Dasar Anorganik
    2. Bahan Kimia Khusus
    Industri Kimia yang menghasilkan bahan kimia khusus terutama untuk perlindungan tanaman, cat dan tinta, pewarna (pewarna dan pigmen), termasuk didalamnya bahan kimia yang digunakan oleh industri tekstil dan kertas. Bahan Kimia khusus juga dipergunakan sebagai bahan gas industri,perekat, bahan kimia pembersih industri,pelapis, aditif, antioksidan, inhibitor korosi, pelumas dan bahan kimia elektronik.Bahan kimia khusus, diproduksi untuk penggunaan khusus dengan volume yang lebih rendah dari bahan kimia dasar
    3. Bahan Kimia Konsumen
    Contoh : detergen, sabun, perlengkapan mandi lain, kosmetik dan parfum.
    4. Ilmu Kehidupan
    Produk industri kimia yang berkaitan : produk farmasi, vitamin, produk kesehatan hewan, dan pestisida (insektisida, fungisida, herbisida,rodentisida)
    Pengelompokan Oleh Kemenperin
    Adapun pengelompokan industri kimia oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, meliputi :
    1. Industri Kimia Hilir
    2. Industri Kimia Hulu

    BalasHapus
  4. @E14-Devi
    Pengunaan Istilah "Petrokimia" tidak selalu tepat, karena berbagai bahan selain minyak seperti batubara Dan biomassa dapat dipergunakan untuk menghasilkan produk yang sama. Contoh : metanol yang umum nya dihasilkan dengan bahan baku dari minyak Dan gas alam di Amerika Serikat dan Eropa, namun di Tiongkok dengan bahan baku batubara.
    Dalam hal ini Industri Petrokimia dibagi menjadi dua bagian besar (Yuliusman, 2011), yaitu Industri Petrokimia Hulu (upstream petrochemical), masih berupa produk dasar (produk primer) Dan produk antara (produk setengah jadi); Industri Hilir (downstream petrochemical ) berupa produk akhir dan atau produk jadi.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. @D08-Arief
    Pesatnya kemajuan industri tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu efek dari kemajuan teknologi. Akifitas manusia yang dinamik dan cenderung berkembang tanpa batas sangat mempengaruhi keadaan lingkungan hidup. Industri yang mengalami laju pertumbuhan relatif cepat merupakan bagian dari teknologi. Teknologi industri sebagai teknologi yang modern memiliki andil besar dalam proses Global Warming. Meski demikian potensi industri juga telah memberikan sumbangan bagi perekonomian indonesia melalui barang produk dan jasa yang dihasilkan.

    BalasHapus
  7. D17-Nabila
    Yang termasuk ke dalam industri proses kimia adalah :
    Industri kimia dasar: yaitu industri proses kimia yang menghasilkan produk zat kimia dasar, seperti Asam Sulfat (H2SO4) dan Ammonia (NH3)
    Industri pengolahan minyak bumi atau petroleum refinery:Pada industri ini biasanya dihasilkan komponen-komponen bahan bakar minyak (BBM), seperti : bensin, kerosene, bahan bakar penerbangan, solar, minyak diesel. Di samping itu dihasilkan juga produk-produk selain komponen bahan bakar minyak (non BBM), seperti, pelumas, wax, aspal, solvent maupun produk petrokimia.
    Industri petrokimia:yaitu industri yang mengolah zat atau bahan yang berasal dari fraksi minyak bumi, seperti : Etilen (C2H4) dan Propilen (C3H6).
    Industri pengolahan logam
    Industri oleokimia:yaitu industri yang mengolah zat atau bahan yang berasal dari fraksi minyak atau lemak nabati atau hewani, seperti pabrik CPO (Crude Palm Oil).
    Industri agrokimia: yaitu industri yang memproduksi aneka pupuk dan bahan kimia untuk budidaya pertanian, seperti pestisida, urea, ammonium sulfat.

    BalasHapus
  8. @D18-Rifqi
    Industri kimia merujuk pada suatu industri yang terlibat dalam produksi zat kimia. Industri ini mencakup petrokimia, agrokimia, farmasi, polimer, cat, dan oleokimia. Industri ini menggunakan proses kimia, termasuk reaksi kimia untuk membentuk zat baru, pemisahan berdasarkan sifat seperti kelarutan atau muatan ion, distilasi, transformasi oleh panas, serta metode-metode lain.
    Industri kimia terlibat dalam pemrosesan bahan mentah yang diperoleh melalui penambangan, pertanian, dan sumber-sumber lain, menjadi material, zat kimia, serta senyawa kimia yang dapat berupa produk akhir atau produk antara yang akan digunakan di industri lain.

    BalasHapus
  9. @D02-Anastasia
    Aspek penting dari kimia industri adalah pemahaman tentang peracikan material kimia organik dan anorganik industri. Bahan kimia dasar dihasilkan dari bahan baku organik minyak bumi, batubara dan bahan baku terbarukan. Berbagai produk antara dan produk akhir diproduksi darinya. Proses kimia terus menyelidiki proses dan reaksi dari produk kimia industri yang paling penting

    BalasHapus
  10. @D25-Bendy
    Industri kimia yang menghasilkan bahan kimia khusus terutama untuk perlindungan tanaman, cat, dan tinta, pewarna (pewarna dan pigmen).
    Bahan kimia khusus juga dipergunakan sebagai bahan gas industri, perekat, bahan kimia pembersih industri, pelapis, aditif, antioksida, inhibitor korosi, pewarna, pelumas, pigmen, dan bahan kimia elektronik.

    BalasHapus
  11. oleh: sheva salsabilah
    @D27-Sheva

    pada dasarnya, kimia industri merupakan proses yg terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses-proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat (stoikiometri), maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun yang diperlukan dalam proses tertentu.

    BalasHapus
  12. @D15-Lutfi
    Kimia industri, industri petrokimian berbasis aromatik senyawa aromatik merupakan hidrokarbon tak jenuh mempunyai ikatan atom C siklis, berupa ikatan atom antara C6-C8,seperti benzena,toluena, xilena, dan sebagai nya.bahan baku pembuatan plastik, tekstil, detetjen dan paracetamol.

    BalasHapus
  13. @D09-Huda
    Jadi, Ilmu Kimia adalah ilmu yang terkait dengan kehidupan sehari-hari atau gejala-gejala alam, karena mulai dari urusan sandang dan pangan, bahan bakar, obat-obatan sampai bahan konstruksi bangunan, bahan industri elektronik dan bahan produk melibatkan ilmu kimia.

    BalasHapus
  14. @D10-Khalil
    *Industri Kimia Dasar
    Dikelompokan menjadi : bahan petrokimia , bahan polimer, bahan dasar anorganik
    *Kimia Khusus
    Bahan kimia khusus juga di pergunakan sebagai bahan gas industri, perekat,bahan kimia pembersih industri,pelapis,aditif,antioksidan,inhibitor korosi
    *Kimia Konsumen
    Contohnya deterjen,sabun,kosmetik dan parfum
    *ilmu kehidupan
    Yang berkaitan dengan ilmu kehidupan antara lain produk farmasi,vitamin,produk kesehatan hewan dan pestisida

    BalasHapus
  15. @D20-Novia, industri kimia dasar dikelompokkan menjadi bahan petrokimia, bahan polimer, dan bahan dasar anorganik. bahan kimia dasar biasanya relatif murah antara lain meliputi poimer, petrokimia, bahan kimia industri dasar, bahan kimia anorganik, dan pupuk. poimer merupakan komponen yang paling dominan.

    BalasHapus
  16. @D26-Niko
    Bahan petrokimia, penggunaan istilah"petrokimia" tidak selalu tepat,karena berbagai bahan selain minyak seperti batu bara dan biomassa dapat dipergunakan untuk menghasilkan produk yang sama. Dalam hal industri petrokimia dibagi menjadi dua bagian besar(Yulia sman, 2011) yaitu industri petrokimia Hulu, tapi masih berupa produk dasar(produk primer) dan produk antara(produk setengah jadi) dan industri petrokimia hilir berupa produk akhir dan produk jadi. Contoh produk dasar, produk antara serta produk akhir

    BalasHapus
  17. D03-Almira
    Ilmu Kimia adalah ilmu yang terkait dengan kehidupan sehari-hari atau gejala-gejala alam, karena mulai dari urusan sandang dan pangan, bahan bakar, obat-obatan sampai bahan konstruksi bangunan, bahan industri elektronik dan bahan produk melibatkan ilmu kimia. Yang membedakan ilmu kimia denga ilmu lainnya adalah, Kimia mengkhususkan diri pada struktur, susunan, sifat dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan materi.

    BalasHapus
  18. @D24-Alvian
    Petrokimia masuk kedalam bagian salah satu industri kimia dasar. Bahan kimia dasar diproduksi dalam jumlah besar dan dijual kepada industri kimia dan industri lainnya sebelum menjadi produk untuk konsumen.
    Kemenperin mengelompokkan industri petrokimia menjadi tiga kelompok yaitu :
    1. Industri petrokimia berbasis aromatik
    2. Industri petrokimia berbasis olefin
    3. Industri petrokimia berbasis C1
    Masing-masing dari bagian petrokimia tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri dan kegunaannya sendiri.

    BalasHapus
  19. @D30-Rafli
    Penggunaan istilah "petrokimia" tidak selalu tepat, karena berbagai bahan selain minyak seperti batubara dan biomassa dapat dipergunakan untuk menghasilkan produk yang sama.

    BalasHapus
  20. @D22-Maytasya
    Industri kimia dasar yaitu industri yang bahan baku atau olahannya menggunakan bahan-bahan kimia. Contohnya, industri semen, pupuk pestisida, kertas, bahan peledak, dan ban kendaraan

    BalasHapus
  21. D16-Fauzi
    Ilmu kimia berpengaruh sekali dalam kehidupan manusia yaitu karena ada bahan kimia khusus, bahan kimia konsumen, ilmu kehidupan, pengelompokan oleh kemenperin dan lain-lain , telah mempermudah dalam kehidupan.

    BalasHapus
  22. @D23-Abi
    Dari berbagai kelompok kimia tersebut cenderung lebih mendalami bahan senyawa anorganik dan buatan tetapi tidak sedikit mengeksplorasi bahan-bahan alam yang mulai menipis. Konsumen hanya menerima yang sudah jadi, maka yang berperan dalam pemanfaatan secara efektif disini adalah manufaktur-manufaktur yang memproduksi barang ramah lingkungan.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Industri kimia dasar yaitu proses kimia yang menghasilkan produk zat kimia dasae, seperti Asam Sulfat dan amonia.
    1. Industri pengolahan minyak bumi (petroleum refinery), antara lain:menghasilkan komponen bahan bakar minyak
    2. Industri petrokimia, merupakan industri yang mengolah zat atau bahan yang berasal dari fraksi minyak bumi
    3. Industri pengolahan logam
    4. Industri oleokimia, merupakan industri yang mengolah bahan yang berasal dari fraksi minyak atau lemak nabati atau hewani.
    5. Industri agrokimia, merupakan industri yang memproduksi pupuk dan bahan kimia pertanian
    6.industri makanan dan minuman yang menghasilkan susu, gula, garam.
    7. Industri bahan pewarna dan pencelup
    8. Industri bahan peledak
    9. Industri pulp dan kertas
    10. Industri semen dan keramik
    11. Industri karet, kulit dan plastik

    Industri kimia merupakan relasi antara penelitian yang ada di laboratorium perguruan tinggi atau pusat-pusat penelitian dengan teknik kimia dalam skala industri.

    BalasHapus
  25. @D05-Yulia
    Industri kimia dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu:
    1. Industri Kimia Dasar : Bahan kimia dasar biasanya relatif lebih murah. Oleh karena itu, industri kimia dasar diproduksi dalam jumlah besar, yang dijual kepada industri kimia dan industri lainnya sebelum menjadi produk untuk konsumen. Adapun yang termasuk bahan kimia dasar : a. Bahan Petrokimia, b. Bahan Polimer, c. Bahan Dasar Anorganik.
    2. Bahan Kimia Khusus : Industri kimia khusus diproduksi untuk penggunaan khusus dengan volume yang lebih rendah dari bahan kimia dasar daengan menghasilkan bahan kimia khusus terutama untuk perlindungan tanaman, cat dan tinta, pewarna, termasuk di dalamnya bahan kimia yang digunakan oleh industri tekstil dan kertas.
    3. Bahan Kimia Konsumen : dijual langsung kepada masyarakat, contohnya deterjen, sabun, perlengkapan mandi lain, kosmetik dan parfum.
    4. Ilmu Kehiidupan : yg dimaksud adalah industri kimia yang berkaitan dengan biologi, antara lain produk farmasi, vitamin, produk kesehatan hewan dan peptisida. Dengan jumlah volume jauh lebih kecil dibanding produk industri kimia lainnya, namun memiliki rata-rata jual lebih tinggi.
    5. Pengelompokkan Oleh Kemenperin diabagi menjadi 2 kelompok, yaitu : Industri Kimia Hilir dan Industri Kimia Hulu.

    BalasHapus
  26. Industri kimia dasar yaitu proses kimia yang menghasilkan produk zat kimia dasae, seperti Asam Sulfat dan amonia.
    1. Industri pengolahan minyak bumi (petroleum refinery), antara lain:menghasilkan komponen bahan bakar minyak
    2. Industri petrokimia, merupakan industri yang mengolah zat atau bahan yang berasal dari fraksi minyak bumi
    3. Industri pengolahan logam
    4. Industri oleokimia, merupakan industri yang mengolah bahan yang berasal dari fraksi minyak atau lemak nabati atau hewani.
    5. Industri agrokimia, merupakan industri yang memproduksi pupuk dan bahan kimia pertanian
    6.industri makanan dan minuman yang menghasilkan susu, gula, garam.
    7. Industri bahan pewarna dan pencelup
    8. Industri bahan peledak
    9. Industri pulp dan kertas
    10. Industri semen dan keramik
    11. Industri karet, kulit dan plastik

    Industri kimia merupakan relasi antara penelitian yang ada di laboratorium perguruan tinggi atau pusat-pusat penelitian dengan teknik kimia dalam skala industri.

    BalasHapus
  27. @D07-Aldy
    Pengelompokan industri Kimia, bahwa kimia industri kimia meliputi empat kelompok, yaitu: Kimia Dasar, Kimia Khusus, Kimia Konsumen, dan Kimia yang Berkaitan dengan llmu kehudupan (biologi).
    -Industri Kimia Dasar
    Berdasarkan bahan makan industri kimia dasar disub-kelompokan menjadi:
    *Bahan petrokimia, yang umumnya berasal dari minyak
    *Bahan polimer
    *Bahan dasar anorganik
    -Bahan Kimia Khusus
    Bahan kimia khusus di produksi untuk penggunaan khusus dengan volume yang lebih rendah dari bahan kimia dasar.
    -Bahan Kimia Konsumen
    Bahan kimia konsumen dapat dijual langsung kepada masyarakat, contohnya deterjen, sabun, perlengkapan mandi lain, kosmetik dan parfum.
    -ilmu kehidupan
    Produksi industri kimia ada yang berkaitan dengan ilmu kehidupan atau biologi, antara lain produksi farmasi, vitamin, produk kesehatan hewan dan Pestisida.

    BalasHapus
  28. @D13-Mega
    Industri petrokimia berbasis C1 (bersumber dari Natural Gas, Condensate, Naphta) yang menghasilkan Synthetic Gas dan Methanol. Dari bahan synthetic Gas antara lain menghasilkan bahan obat/farmasi, kertas/buku tulis, tekstil, pupuk, peralatan makan/minum, dll. Sedangkan dari Methanol antara lain dihasilkan bahan pelapis cat, plywood, pestisida/insektisida, parfum, kebutuhan medis, dll. Oleh karna itu bahan kimia dasar diperoduksi dalam jumlah besar, terutama dijual kepada industri kimia dan industri lainnya sebelum menjadi produk untuk konsumen.

    BalasHapus
  29. @D14-Humairoh

    Produk industri kimia terdiri dari kimia dasar, khusus konsumen dan ilmu kehidupan. Berbagai produk dari industri kimia menghasilkan berbagai produk baru yang telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yang terpenting ialah, bagaimana kita menghasilkan suatu produk tanpa memberikan kenegatifan terhadap pengguna maupun lingkungan.

    BalasHapus
  30. @D21-Nisa

    Industri kimia juga memproduksi bahan kimia industri organik dan anorganik, produk keramik, petrokimia, agrokimia, polimer, karet, oleokimia (minyak, lemak, wax), peledak, dan aroma buatan.

    BalasHapus
  31. @D11-Fateh

    Kimia industri di zaman sekarang sudah mencakup segala aspek kehidupan, mulai dari yang umum hingga khusus. Semakin berkembang zaman membuat kimia industri semakin inovatif yang dimana di ciptakan untuk keperluan umat manusia.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. @D06-Rebekka
    Industri kimia dasar yaitu proses kimia yang menghasilkan produk zat kimia dasae, seperti Asam Sulfat dan amonia.
    1. Industri Kimia Dasar : Bahan kimia dasar biasanya relatif lebih murah. Oleh karena itu, industri kimia dasar diproduksi dalam jumlah besar, yang dijual kepada industri kimia dan industri lainnya sebelum menjadi produk untuk konsumen.
    2. Bahan Kimia Khusus : Industri kimia khusus diproduksi untuk penggunaan khusus dengan volume yang lebih rendah dari bahan kimia dasar daengan menghasilkan bahan kimia khusus terutama untuk perlindungan tanaman, cat dan tinta, pewarna, termasuk di dalamnya bahan kimia yang digunakan oleh industri tekstil dan kertas.
    3. Bahan Kimia Konsumen : dijual langsung kepada masyarakat, contohnya deterjen, sabun, perlengkapan mandi lain, kosmetik dan parfum.

    BalasHapus
  34. @D29-Daffa

    pengelompokan industri kimia meliputi banyak versi antara lain the essential chemical industry dan the university of york.
    dalam situs ECI menerangkan bahwa produk industri kimia meliputi empat kelompok antara lain kimia dasar, kimia khusus, kimia konsumen, dan kimia (ilmu kehidupan).

    BalasHapus
  35. @E11-Yan,

    Aspek penting dari kimia industri adalah pemahaman tentang peracikan material kimia organik dan anorganik industri. Bahan kimia dasar dihasilkan dari bahan baku organik minyak bumi, batubara dan bahan baku terbarukan. Berbagai produk antara dan produk akhir diproduksi darinya. Proses kimia terus menyelidiki proses dan reaksi dari produk kimia industri yang paling penting

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. @E21-Al Fiqih
    Adapun klasifikasi industri berdasarkan kriteria masing-masing, adalah sebagai berikut.

    1. Klasifikasi industri berdasarkan bahan baku

    Tiap-tiap industri membutuhkan bahan baku yang berbeda, tergantung pada apa yang akan dihasilkan dari proses industri tersebut. Berdasarkan bahan baku yang digunakan, industri dapat dibedakan menjadi:

    a. Industri ekstraktif, yaitu industri yang bahan bakunya diperoleh langsung dari alam. Misalnya: industri hasil pertanian, industri hasil perikanan, dan industri hasil kehutanan.

    b. Industri nonekstraktif, yaitu industri yang mengolah lebih lanjut hasilhasil industri lain. Misalnya: industri kayu lapis, industri pemintalan, dan industri kain.

    c. Industri fasilitatif atau disebut juga industri tertier. Kegiatan industrinya adalah dengan menjual jasa layanan untuk keperluan orang lain. Misalnya: perbankan, perdagangan, angkutan, dan pariwisata.

    BalasHapus
  38. @E17-Nabilla
    Pengelompokkan industri kimia meliputi kimia dasar, kimia khusus, kimia konsumen dan kimia yang berkaitan dengan ilmu kehidupan.
    1.industri kimia dasar meliputi: bahan petrokimia, bahan polimer, bahan dasar anorganik
    2. bahan kimia khusus
    3. bahan kimia konsumen
    4. ilmu kehidupan
    5. pengelompokkan oleh kemenperin
    isu lingkungan sekitar industri kimia
    pencemaran lingkungan olrh industri kimia terjadi di semua sentra industri. dampaknya yanh terpenting ialah menurunkan kualitas hidup manusia dan sekitarnya, bahkan dapat menimbulkan penyakit kronis.
    industri kimia menimbulkan beragam persoalan lingkungan terbesar, merupakan salah satu pengguna gas alam terbesar, baik untuk baha baku maupun kebutuhan energi

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. @E12-Guntur

    Kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan.

    Meskipun proses kimia laboratorium disesuaikan secara tradisional dengan skala industri, proses tersebut dimodelkan dengan cermat sesuai dengan skala mereka. Dengan demikian, fenomena seperti perpindahan massa atau panas, model arus atau sistem kontrol dikelompokkan dibawah lingkup teknik kimia.

    Untuk prediksi pengaruh fluida dan model aliran panas, serta momentum transfer, evaluasi pengaruh hanya dapat didekati secara empiris, skala percobaan (pilot plant) sangat digunakan, untuk mengukur dan memilih bahan dan peralatan.

    BalasHapus
  41. @E03-Rayhan
    Pengelompokan industri menjadi empat.

    1) Industri kimia dasar, yaitu industri yang mengelola bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan jadi.

    2) Industri mesin dan logam dasar, yaitu industri yang mengelola bahan mentah menjadi bahan baku atau barang satengah jadi.

    3) Aneka industri,merupakan industri yang menghasilkan beragam kebutuhan konsumen.

    4) Klompok industri kecil, yaitu industri dengan modal modal kecil dan peralatan yang sederhana.

    BalasHapus
  42. Saat ini industri kimia mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam kurun waktu yang singkat bersamaan dengan bermunculannya inovasi di berbagai bidang. Kimia industri adalah proses pengembangan bahan mentah atau setengah jadi menjadi bahan jadi dengan bahan kimia. Saat ini kimia industri juga ikut menyumbang manfaat ke kebutuhan manusia sehari-hari seperti pada pembuatan detergen, sabun, dan parfum.

    BalasHapus
  43. @E13-Fajar
    Industri kimia dasar: yaitu industri proses kimia yang menghasilkan produk zat kimia dasar, seperti Asam Sulfat (H2SO4) dan Ammonia (NH3)
    Industri pengolahan minyak bumi atau petroleum refinery:Pada industri ini biasanya dihasilkan komponen-komponen bahan bakar minyak (BBM), seperti : bensin, kerosene, bahan bakar penerbangan, solar, minyak diesel. Di samping itu dihasilkan juga produk-produk selain komponen bahan bakar minyak (non BBM), seperti, pelumas, wax, aspal, solvent maupun produk petrokimia.
    Industri petrokimia:yaitu industri yang mengolah zat atau bahan yang berasal dari fraksi minyak bumi, seperti : Etilen (C2H4) dan Propilen (C3H6).

    BalasHapus
  44. @E01-Faldy


    pengelompokan kimia industri ada 4 salah satunya bahan kimia khusus. bahan kimia khusus adalah produk kimia yang volume produksinya kecil, dengan tolak ukur kualitas komposisi kimia.

    salah satu contoh industri yang menggunakan bahan kimia khusus yaitu perusahaan pembuatan aki.

    BalasHapus
  45. @E19-Lestari

    Olefin merupakan senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang mempunyai ikatan rangkap terbuka yang sangat reaktif (mudah bereaksi dengan zat yang lain), bersifat mudah terpolimerisasi.
    Dan pada umumnya nafta merupakan senyawa siklis yang jenuh dan tidak reaktif, yang merupakan senyawa kedua terbanyak dalam minyak bumi. Senyawa ini memiliki berat molekul yang rendah dan digunakan sebagai bahan bakar, sedangkan senyawa nafta yang memiliki berat molekul yang tinggi terdapat pada fraksi oil dan minyak pelumas.

    BalasHapus
  46. @E07-Lucia
    Olefin merupakan senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang mempunyai ikatan rangkap terbuka yang sangat aktif (mudah bereaksi dengan zat lain), bersifat mudah terpolimerisasi. Senyawa tidak jenuh ini biasanya terdapat pada hasil minyak bumi dari proses cracking, dan hanya sedikit yang terdapat pada minyak mentah.

    BalasHapus
  47. @E16-Tania
    ‌Kimia Industri merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia perhitungan yang menyertai proses proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam suatu proses tertentu. Dengan proses pengolahan yang meliputi preparasi ,sintesa, finishing. Pada dasarnya kimia mengupas tuntas mengenai materi dan perubahannya. Materi yang dimaksud di dalamnya adalah meliputi zat murni atau koalisi dari beberapa zat murni (campuran). The Essential Chemical Industry dan The University of York, dalam situs web ECI (2013), menjelaskan bahwa produk industri kimia meliputi empat kelompok : industri kimia dasar, kimia khusus, kimia konsumen, dan kimia yang berkaitan dengan ilmu kehidupan (biologi) .

    BalasHapus
  48. @E15-Anastasia

    Pohon Industri yang disusun oleh Kemenperin mengelompokkan Industri Petrokimia menjadi tiga kelompok, yaitu berbasis Aromatik;Olefin; dan C1.

    Industri Petrokimia Berbasis Olefin (Jalur Olefin). Olefin merupakan senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang mempunyai ikatan rangkap terbuka yang sangat reaktif (mudah bereaksi dengan zat lain), bersifat mudah terpolimerisasi.
    Contoh produk yang dihasilkan melalui Industri Petrokimia berbasis Olefin yaitu: ban, plastik, cat, sabun kecantikan, minuman kesehatan, filter rokok sigaret, fungisida, dll. Dengan demikian terdapat kesamaan bahab dasar sabun kecantikan, minuman kesehatan, tinta, cat, dan fungisida tertentu.

    BalasHapus
  49. @E22-reno
    Industri kimia merupakan relasi antara penelitian yang ada di laboratorium perguruan tinggi atau pusat penelitian dengan teknik kimia dalam skala industri. Ahli kimia industri memanfaatkan pengetahuan dan pemaham yang luas. Dalam hal ini kimia industri merupakan bagian dari rantai panjang dalam proses desain dan manufaktur. Ahli kimia industri berurusan ide,desain,pengujian, dan protipe produk industri baru

    BalasHapus
  50. @E04-Chrispendi

    Kimia Industri merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia perhitungan yang menyertai proses proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam suatu proses tertentu

    BalasHapus
  51. @H02-RYAN
    Gas pencemar udara dapat bersumber dari alam dan hasil kegiatan manusia yang semakin hari semakin bertambah seiring bertambahnya penduduk dan meningkatnya terapan teknologi sebagai tuntutan hidup yang lebih baik dan sejahtera. Gas pencemar udara yang paling dominan mempengaruhi kesehatan manusia adalah: korbon monooksida (CO), nitrogen oksida (NOx), belerang oksida (SOx), hidro karbon (HC) dan partikel (particulate) serta gas rumah kaca.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.