.

Selasa, 12 November 2019

Materi 9 : Pencemaran Air (Bagian 2) Kelas P

Industri saat ini lebih terfokus pada upaya untuk melakukan efisiensi seiring makin melambungnya biaya produksi, belanja pegawai hingga ongkos energi. Sehingga mau tak mau akan menomorduakan persoalan pembuangan limbahnya. Apalagi pengolahan limbah memerlukan biaya tinggi. Padahal limbah industri sangat potensial sebagai penyebab terjadinya pencemaran. Pada umumnya limbah industri mengandung limbah B3, yaitu bahan berbahaya dan beracun. Menurut PP 18/99 pasal 1, limbah B3 adalah sisa suatu usaha atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang dapat mencemarkan atau merusak lingkungan hidup sehingga membahayakan kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan mahluk lainnya (Ridhotulloh, 2008).


Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

16 komentar:

  1. Bagas Fadhlullah akmal ( @P25-BAGAS )

    Menurut saya aktivitas manusia berpotensi untuk menimbulkan pencemaran air, sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas air. Menurut Hanze dan Yves (2008), produksi limbah dari aktivitas manusia tidak dapat dihindari. Salah satu bagian terpenting dari limbah akan berakhir sebagai air limbah. Penyebab pencemaran air berasal dari limbah manusia, limbah nutrisi, limbah minyak, limbah kimia, limbah radioaktif, dll.

    BalasHapus
  2. AULIYAH PERTIWI (@P02-AULIYAH) analisis saya adalah penyebab pencemaran air salah satunya ialah limbah plastik merupakan salah satu sumber polutan yang menimbulkan pencemaran air, baik dilautan, sungai, danau dan badan perairan lainnya. Jika diakumulasikan secara keseluruhan. Ratusan lahan dipermukaan bumi ini tertutup oleh plastik yang salah satu sifat sulit di uraikan.

    BalasHapus
  3. Rosa Amaria Putri (@P09-Rosa)
    Menurut analisa saya,mengidentifikasi air agar mengetahui air itu sudah tercemar atau belum sangat diperlukan karena planet bumi ini penduduknya sudah melampaui 7 miliyar jiwa, identifikasi Dengan cara melihat warna air,bau air,atau dengan mengambil sampel air,kemudian mengukur konsentrasi nya,atau dengan cara menganalisis hewan yang hidup di air seperti ikan.

    BalasHapus
  4. Rachmatika A.A (@P18-ANANTIA)

    Menurut analisa saya yaitu, penyebab dari pencemaran air salah satunya adalah limbah plastik. Limbah plastik merupakan salah satu sumber polutan yang menimbulkan pencemaran air baik dilautan, sungai, dan perairan lainnya. Bahkan limbah plastik mengancam keberadaan air tanah. Ratusan km lahan di permukaan bumi tertutup oleh plastik yang susah diuraikan. Komponen plastik dapat bermigrasi ke jaringan tubuh dan memasuki rantai makanan.

    BalasHapus
  5. Rahmat yasin (@P19)

    Industri merupakan salah satu bidang perekonomian yang menjanjikan dalam kesuksesan. Bahkan salah satu tolok ukur suatu negara dikatakan maju adalah apabila mata pencaharaian penduduknya yang semula di bidang pertanian dapat beralih ke bidang industri. Industri di dunia pun ada banyak sekali macamnya, ada industri makanan, industri tekstil, industri pembuatan elektronik, industri pembuatan alat transportasi, hingga pembuatan alat- alat berat.

    BalasHapus
  6. Arolvo Artya (@P12-AROLVO)

    Menurut analisa saya, aktivitas manusia berpotensi untuk menimbulkan pencemaran air,sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas air.pada dasarnya pengelolaan limbah manusia masih dilakukan secara tradisional dan manua, makan di buang dan dialirkan langsung je perairan. Pengelolaan limbah manusia yang tidak sempurna,maka akan menimbulkan santitas lingkungan yang buruk

    BalasHapus
  7. Sunu Dwi Prambudi (@P11-SUNU)
    Menurut analisa saya limbah plastik merupakan salah satu sumber polutan yang menimbulkan pencemaran air baik di lautan sungai danau dan badan perairan lainnya. Bahkan limbah plastik mengancam keberadaan air tanah terutama dengan kemampuannya untuk menghalangi infiltrasi air hujan masuk ke dalam pori pori tanah.

    BalasHapus
  8. AL valro brilliant cahya ( P08-AL VARLO,)

    penyebab pencemaran air yang tak kalah pentingnya ialah limbah minyak. Industri minyak bumi memiliki potensi sebagai sumber dampak terhadap pencemaran air, tanah dan udara baik secara langsung maupun tidak langsung. Minyak yang merembes ke dalam tanah dapat menyebabkan tertutupnya suply oksigen dan meracuni mikrooganisme tanah sehingga mengakibatkan kematian mikrooganisme tersebut. Tumpahan minyakbdi lingkungan dapat mencemari tanah dan perairan hibgga ke daerah sub-sureface dan lapisan aquifer air tanah.

    BalasHapus
  9. Gayatri Wahyu Andini (@P13-GAYATRI)
    Menurut saya, salah satu penyebab pencemaran air terjadi karena ulah manusia itu sendiri terutama kegiatan pabrik dan pembuangan sampah anorganik ke sungai dan laut. Tanpa disadari bahwa faktor penyebab tersebut dapat berbalik ke kita sendiri. Seperti membuang sampah ke sungai, namun air yang berasal dari sungai kita pakai untuk mandi, mencuci dan bahkan dikonsumsi.Dan misalkan terdapat ikan yang hidup sungai lalu ikan itu kita tangkap dan dikonsumsi secara tidak langsung ikan tersebut mengandung zat zat yang berbahaya.

    BalasHapus
  10. ADI LESMANA (@P20-ADI)

    Menurut analisa saya, Air merupakan komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan, makhluk hidup di muka bumi ini tak terlepas dari kebutuhan akan air. Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi, sehingga tidak ada kehidupan seandainya di bumi tidak ada air, namun demikian, air dapat menjadi malapetaka bilamana tidak tersedia dalam kondisi yang benar, baik kualitas maupun kuantitasmya. Namun sekarang ini air mulai tercemar oleh sampah plastik dan air limbah pabrib dan detergen yang sangat merugikan bagi manusia dan ekosistem lainnnya, karena didalam air tersebut memiliki banyak zat kimia berbahaya untuk kehidupan alam.

    BalasHapus
  11. Hana Muyesca (@P10-HANA)
    Penyebab pencemaran paling sering disebabkan oleh limbah manusia yang berupa limbah rumah tangga. Kemudian limbah nutrisi juga menyebabkan pencemaran air karena jumlah pupuk yang di buang ke dalam air berjumlah terlalu banyak, sehingga dapat mengancam biota air.

    BalasHapus
  12. Widy Hartono (@P21-Widy)
    Menurut analisa saya penyebab pencemaran air dikarenakan joroknya prilaku manusia sehingga lingkungan dan mahluk hidup di air terkena dampaknya. Solusinya adalah dimulai dari diri kita sendiri yaitu melakukan perbuatan yang baik seperti tidak membuang sampah di kali dan sebagainya.

    BalasHapus
  13. Andi Muhamad Iskandar (@P16-Andi)

    Menurut analisa saya kondisi perairan pada saat ini sudah mulai membahayakan, karena banyaknya jumlah limbah yang terlarut didalam air terutama di kota-kota besar. Pencemaran air tersebut kebanyakan disebabkan oleh ulah manusia, contohnya seperti membuang sampah ke sungai, membuang limbah-limbah industri ke sungai dan laut, penggunaan detergen secara berlebihan, dan lain-lain.Tentu saja jika tidak segera ditanggulangi hal-hal itu sangat membahayakan bagi kelangsungan makhluk-makhluk hidup di Bumi ini.

    BalasHapus
  14. Viviancho Samosir P (@P24-VIVIANCHO)
    Aktivitas manusia berpotensi untuk menimbulkan pencemaran air, sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas air. Sebenarnya untuk mengidentifikasi pencemaran air sehingga kualitasnya diketahui dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama dengan mengambil sampel air, kemudian mengukur konsentrasi bahan kimia yang terkandung didalamnya. Sedangkan cara kedua ialah dengan menganalisis kondisi kehidupan satwa seperti ikan, serangga dan hewan invertebrata yang habitatnya disekitar perairan.

    BalasHapus
  15. Gimawati Sudibyo (@P17-gimawati)
    Pencemaran air merupakan efek samping dari berbagai aktivitas manusia dan sulit terhindarkan. Berbagai aktivitas seperti proyek infastruktur, didirikannya beberapa industri, merupakan faktor utama penyebab pencemaran air.
    Dampak dari pencemaran air bisa berbagai hal seperti kerusakan biota laut karena tertutupnya suplai oksigen di dala laut, kerusakan keindahan lingkungan, dan kesehatan pada manusia, pencemaran air mengakibatkan berbagai penyakit seperti diare, gatal-gatal, iritasi, bahkan kanker kulit.

    BalasHapus
  16. Rusdi munir(@p15-rusdi)
    Pencemaran air adalah menurun ya tatanan air oleh kegiatan manusia sehingga berkurangya kualitas air. Penyebab pencemaran air biasanya disebabkan oleh kegiatan manusia seperti membuang sanpah sembarangan,dan limbah industri sehingga berdampak pada kehidupan biota air dan berdampak pada manusianya juga.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.