.

Selasa, 12 November 2019

Materi 8 : Pencemaran Air (Bagian 1) Kelas N

Air yang tersebar di permukaan seperti sungai dan danau, maupun air tanah, merupakan sumber air minum. Namun ternyata di sisi lainnya badan-badan air tersebut sekaligus menjadi tempat pembuangan limbah. Sehingga secara perlahan namun pasti akses untuk memperoleh air bersih semakin terbatas.


Sebagian penduduk bermukim di kawasan pesisir, seringkali berbagai aktivitasnya mencemari perairan. Penggunaan moda tranportasi perairan menimbulkan buangan minyak dan gas ke dalam air. Di sisi lainnya wisatawan yang berkumpul di pantai kerap meninggalkan sampah dan limbah. Begitu pula abrasi dan erosi pun terus menerpa kawasan pantai. Lebih jauh lagi hal tersebut dapat memusnahkan habitat untuk beragam flora dan fauna.

Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

19 komentar:

  1. Muhammad Arifin ( N14-Arifin )
    Pencemaran air ini tidak hanya terjadi pada air permukaan, tetapi pada air tanah juga. Kenapa air tanah juga di sebut pencemaran air ? Karena penggunaan herbisida yang berlebihan untuk mengendalikan gulma, secara langsung menyebabkan kontaminasi terhadap air tanah

    BalasHapus
  2. Terdapat banyak definisi mengenai pencemaran air.intinya ialah jika satu atau beberapa zat telah masuk ke dalam air atau perairan sedemikian rupa,sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada.(@N01-RAMA)

    BalasHapus
  3. (@N06-FIKRI)

    Pencemaran air adalah adanya beberapa zat yang telah masuk ke dalam air atau perairan sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada.
    Pencemaran air di sebabkan oleh Limbah Manusia, Limbah Nutrisi, Air Limbah, Limbah Kimia, Limbah Radioaktif, Limbah Minyak, dan Limbah Plastik.
    Pencemaran Air dapat menyebabkan pada kesehayan manusia, kerusakan ekosistem, kematian hewan.

    BalasHapus
  4. Muhammad Fathan Fadilah (@N10-Fathan)

    Menurut Kristanto, bahwa air limbah terdiri dari satu atau lebih parameter yang telah melampaui ambang batas yang telah ditetapkan. Air limbah ada kemungkinan mengandung minyak, lemak, bahan anorganik seperti besi, alumunium, nikel, plumbum, barium, fenol dan sebagainya.

    BalasHapus
  5. Ardy Triananda (N08-Ardy)

    Pencemaran air terjadi setiap saat, ada yang kasat mata karena perubahan warna air sesuai dengan polutan dominan yang masuk, ada yang teridentifikasi oleh indra penciuman karena bau yang menyengat. Namun pencemaran badan sungai yang dilakukan penduduk disepanjang DAS sudah tidak diberitakan lagi, karena frekuensi kasusnya terlalu banyak dari sebarannya terlalu luas.

    BalasHapus
  6. Sahlevi Ariputra (N09-Sahlevi)

    Permukaan planet Bumi meliputi 2/3 bagian ditutupi oleh air dan 1/3 oleh daratan. Pencemaran merupakan perosalan serius yang dihadapi oleh penduduk planet bumi. Pencemaran air dapat diartikan sebagai terjadinya kerusakan yang dialami oleh ekosistem perairan seperti lautan, sungai, danau, atau sumber air lainnya. Berradasarkan catatan World Wild Fund (WWF), bahwa pencemaran oleh bahan kimia beracun telah mengancam kehidupan di planet bumi, baik di lautan maupun daratan. Sebenarnya untuk mengindentifikasi pencemaran air sehingga kualitasnya diketahui dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu cara pertama dengan mengambil sampel air kemudian mengukur konsentrasi bahan kimia yang terkandung di dalamnya (indikator kimia kualitas air) kemudian cara kedua ialah dengan menganalisis kondisi kehidupan satwa seperti ikan, serangga, dan hewan invertebrata yang habitatnya di sekitar perairan (indikator kualitas air). Menurut hanze dan Yves (2008), produksi limbah dari aktivitas manusia tidak dapat dihindari, Sekitar 80% pencemaran lautan ternyata akibat sampingan dari aktivitas manusia.

    BalasHapus
  7. (@N07-Oky)

    Pencemaran air yaitu jika satu atau beberapa zat telah masuk ke dalam air atau perairan sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada dan terjadinya kerusakan yang dialami oleh ekosistem perairan. pencemaran air berdampak buruk terhadap kesehatan dan kerusakan ekosistem, oleh karena itu jagalah kebersihan air sehingga tidak tercemar dan dapat hidup di lingkungan yang sehat.

    BalasHapus
  8. Dymas Nurbayu Yulianto [@N02-DYMAS]
    Terdapat banyak definisi mengenai pencemaran air. Intinya ialah jika satu atau beberapa zat telah masuk ke dalam air atau perairan sedemikian rupa, sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada. Sebenarnya ekosistem perairan seperti lautan, danau, sungai dan yang lainnya memiliki kemampuan alami untuk membersihkan berbagai polutan yang masuk. Sebagai gambaran, jika sedikit tinta dituangkan ke dalam air sungai, maka dengan segera akan dinetralisir, sehigga dengan seketika sungai tampak bersih kembali.

    BalasHapus
  9. (@N03-YOGA)
    Menurut saya deterjen memiliki dampak positif dan dampak negatif bagi lingkungan tetapi untuk dampak buruknya lebih besar karena dapat merusak keseimbangan pengomposan air oleh tanah karena itu kita harus mencari cara agar dapat meminimalisir dampak buruk dari detergen di lingkungan

    BalasHapus
  10. @N13-Wildan
    Pencemaran air adalah terjadinya kerusakan yang dialami oleh ekosistem perairan seperti lautan, sungai, danau atau sumber lainnya. Pasca revolusi industri dengan cepat industrialisasi menyebar keseluruh dunia, sehingga berbagai jenis pabrik didirikan dimana-mana. Untuk mengidentifikasi kualitas pencemaran air dengan cara mengambil sample air dan menganalisis kondisi satwa perairan

    BalasHapus
  11. Wida Ayu Amidah (@N17-WIDA)

    Pencemaran air adalah masuknya komponen, energi atau zat tertentu ke dalam air oleh kegiatan manusia, sehingga mengakibatkan kualitas air turun sampai tingkat terentu dan tak bisa digunakan sesuai peruntukannya. Penyebab pencemaran air diantaranya aktivitas manusia yang menimbulkan pencemaran air, sehingga berdampak pada penurunan kualitas air, di berbagai aktivitas lainnya yaitu penebangan pohon, pembuangan sampah ke sungai, dan pembangunan gedung-gedung. Jenis dan jumlah limbah yang di hasilkan di setiap rumah tangga, yaitu tergantung pada gaya hidup, perilaku, serta budaya masyarakat.

    BalasHapus
  12. May Rose Indah Pratiwi Tedjo (@N21-MAY)

    Pencemaran air yaitu suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air, seperti pada danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. 
    Pencemaran air merupakan masalah global utama terutama di negara Indonesia yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat. Pencemaran air terjadi karena: Limbah rumah tangga, limbah pabrik, limbah kendaraan bermotor, dll. Nah, untuk membuat negeri tercinta ini aman dan nyaman maka jaga dan cintailah lingkungan di negara kita ini.

    BalasHapus
  13. (@N05-Caesar)

    "Identifikasi pencemaran air"
    Manusia mempunyai keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Bagaimana caranya? Diantaranya yaitu dengan mendirikan pabrik-pabrik yang dapat mengolah hasil alam menjadi bahan pangan dan sandang. Kemajuan dari teknologi dan industri ini dapat mempengaruhi kualitas dari lingkungan. Munculnya pabrik-pabrik yang menghasilkan asap dan limbah buangan yang dapat mengubah komponen yang ada pada lingkungan.
    Perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan merupakan pengaruh dari elemen sosial, ekonomi dan budaya dari didirikannya pabrik dan kebiasaan masyarakat yang belum sadar akan kualitas lingkungan.

    BalasHapus
  14. Satria Aji Surya (@N15-SATRIA)

    Air merupakan sumberdaya yang paling penting di dalam kehidupan karena manusia sangat membutuhkan air untuk minum, mencuci, mandi, dll. Selain itu air sangat berpengaruh terhadap terhadap ekosistem air dan hewan hewan yang hidup di air, jika air tercemar maka hewan hewan yang ada di dalam ekosistem air akan habis dan mati akibat tercemarnya air, dan itu juga akan berdampak pada pencemaran air tanah, jika air yang di serap oleh tanah, air tersebut akan membawa zat pencemar dan akan mengakibatkan air tanah juga tercemar

    BalasHapus
  15. (@N19-SATRIA)
    Cara menanggulangi pencemaran air ternyata beragam, yakni :
    Limbah rumah tangga dalam bentuk cair dialirkan ke dalam bak penampungan supaya tidak terjadi pencemaran pada sumber air dan juga untuk menghindari bau yang tidak sedap.

    Sampah plastik, karet, serta kaleng dapat di daur ulang menjadi bahan yang lebih berguna.

    Menghindari penggunaan pupuk secara berlebihan serta mencegah supaya tidak ikut larut ke danau ataupun sungai.

    BalasHapus
  16. ADETHA MUHAMMAD DZULFAQAR (@N11-Adetha)

    Air merupakan hal yang penting bagi kelangsungan makhluk hidup di bumi ini, tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga selalu membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Tetapi, manusia juga yang menyebabkan terjadinya pencemaran air seperti, membuang sampah sembarangan ke sungai, penebangan pohon, banyaknya pembangunan gedung dan jalan raya yang mengakibatkan menurunnya ketersediaan air. Oleh karena itu, kita harus saling mengingatkan dan menjaga kualitas air supaya tetap bersih dan selalu tersedia untuk kelangsungan makhluk hidup di bumi.

    BalasHapus
  17. Ni Wayan Andini Pitaloka
    @N20-WAYAN

    Menurut analisa saya, permasalahan kerusakan air di Indonesia yang terjadi saat ini adalah semakin berkembangnya industri-industri di Indonesia yang membuang limbahnya ke dalam sungai, danau maupun laut, belum maksimalnya pengendalian limbah rumah tangga dan pembuangan limbah pertanian tanpa melalui proses pengolahan.
    Dampak Pencemaran air diantaranya mencemari sumber air minum, menyebakan penularan penyakit, merusak ekosistem air, menimbulkan bencana banjir dan melumpuhkan perekonomian masyarakat sekitar.

    BalasHapus
  18. Alfina Septiyadevi (@N12-Alfina)

    Pada saat ini limbah plastik merupakan sumber polutan yang menimbulkan pencemaran lingkungan, khususnya pencemaran air. Bahkan limbah plastik mengancam keberadaan air tanah, terutama kemampuannya dalam menghalangi infiltrasi air hujan maik ke dalam pori-pori tanah. Kemudian dalam proses pembuatam plastik dibutuhkan berjuta-juta galon minyak, yang mana limbah minyak juga dapat mencemari air jika terjadi tumpahan limbah minyak di lingkungan. Maka secara tidak langsung limbah plastik memberikan peran yang utama dalam pencemaran air. Sadar atau tidak sadar lautam di planet bumi telah mengalami pencemaran plastik secara besar-besaran, maka dibutuhkan respon global dam strategi untuk menangani sampah plastik dengan mengurangi penggunaan plastik atau menggunakan plastik yang bersifat biodegradable

    BalasHapus
  19. Shabilla Maharani Wiyana (@N18-SHABILLA)

    Air merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan kehidupan manusia. Air di Indonesia sangat melimpah, hal ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Akan tetapi, hal ini tidak dimanfaatkan
    dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Sebaliknya, masyarakat kebanyakan
    menyalahgunakan kelebihan ini dengan mencemarinya.


    Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan ditempat penampungan air antara
    lain: danau, sungai, lautan, dan air tanah akibat aktivitas manusia. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat memerlukan air bersih untuk minum,memasak, mencuci, dan keperluan lain. Air tersebut juga mempunyai standar 3B (tidak berwarna, berbau, dan beracun).

    BalasHapus