.

Selasa, 12 November 2019

Pencemaran lingkungan Di NTT



Oleh : RAMA NUR HIDAYAT

(@N01-RAMA)

ABSTRAK
Pengertian dari pencemaran lingkungan yaitu masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang
menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Kata kunci :pencemaran lingkungan

Bahan pencemar disebut dengan polutan
Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup, hal ini dapat terjadi jika terdapat pada kondisi :
(1)Jumlahnya melebihi jumlah normal
(2)Berada pada waktu yang tidak tepat
(3)Berada pada tempat yang tidak tepat.


Macam Pencemaran:

Pencemaran Udara

Pencemaran udara diartikan sebagai adanya bahan- bahan atau zat-zat  asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan (komposisi) udara dari keadaan normalnya. Komponen yang paling berpengaruh dalam zat pencemar yaitu karbon monoksida, nitrogen oksida, belerang oksida, hidro karbon dan partikel. Komponen pencemar udara tersebut bisa mencemari udara sendiri-sendiri atau dapat mencemari udara secara bersama-sama.

Pencemaran Air
Pencemaran air, air merupakan kebutuhan utama bagi kehidupan manusia, air yang relatif bersih sangat di dambakan oleh manusia baik untuk keperluan hidup sehari-hari, untuk keperluan industri untuk kebrsihan sanitasi kota, maupun untuk keperluan pertanian dan sebagainya. 
Bahan bauangan dan air limbah penyebab utama terjadinya pencemaran.
Komponen pencemaran air di kelompokan sebagai berikut:   
(1) bahan buangan padat, 
(2) bahan buangan organik, 
(3) bahan buangan anorganik, 
(4) bahan buangan olahan bahan makanan, 
(5) bahan buangan cairan berminyak, 
(6) bahan buangan zat kimia, 
(7) bahan buangan berupa panas.

Pencemaran daratan (tanah) 
Tanah merupakan sumber daya alam yang mengandung benda organik dan anorganik yang mampu mendukung pertumbuhan tanaman. Kompenen Pencemar Tanah menggunakan pupuk secara berlebihan, pemberian pestisida atau insektisida, dan pembuangan limbah yang tidak dapat di uraikan seperti plastik. Pencemaran juga dapat melalui air. Air yang mengandung bahan pencemar (polutan)

Pencemaran yang terjadi di NTT

Aktivitas Tambang PT Nusa Lontar Resource sebabkan Pencemaran Mangan

Ratusan masyarakat Belu yang berada di pinggiran sungai mengalami luka di sekujur tubuh sejak November 2013, hulu sungai berada di dalam lokasi tambang dan limbah pencucian mangan mengalir langsung ke sungai.
Sementara itu, sungai tersebut merupakan satu-satunya sumber air bagi masyarakat yang dimanfaatkan untuk minum, mandi, cuci dan mengairi areal pertanian.
berdasarkan fakta-fakta tersebut, maka kuat dugaan kami sungai tersebut telah tercemar limbah mangan dan zat kimia lainnya yang menyebabkan munculnya penyakit kulit yang mewabah di tiga desa. Oleh karena itu, kami minta Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan hidup dalam waktu 3 X 24 jam segera malakukan pengobatan terhadap masyarakat lingkar tambang yang terkena penyakit sekaligus meneliti sampel air sungai

Tumpahnya Minyak Salah Satu perusahaan milik Australia di Laut Sekitar NTT

Telah terjadi pencemaran air laut di laut sekitar Nusa Tenggara Timur sampai ke negara tetangga kita Timor Leste, hal ini dikarenakan terjadinya kebocoran kilang minyak Montara salah satu perusahaan milik Australia. Air laut mulai dari Queensland, Australia hingga laut sekitar NTT telah terjadi pencemaran akibat minyak mentah tersebut. Air laut berubah menjadi putih karena tertutup minyak mentah setebal 15cm (terutama Laut Timor).

Karena kejadian ini, para nelayan NTT harus pergi menjala ikan lebih jauh lagi dan membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu tiga kali lipat dari sebelumnya, hasil yang didapatpun tidak sebanyak hasil sebelum terjadi pencemaran (biasanya para nelayan dapat menangkap 1 ton ikan dalam satu perahu tapi sekarang hanya dapat menangkap 200 kg saja), hal ini tentu berdampak negatif bagi para nelayan. Sekitar 5000 nelayan terpakasa menganggur karena tidak sanggup membeli bahan bakar. Mereka berupaya keras untuk menangani musibah ini dengan cara menanam rumput laut di laut sekitar pulau-pulau yang air lautnya tercemar.


Daftar Pustaka:
Hidayat, Atep Afia. 2016. Modul KPLI 09.JAKARTA.29 November 2016
Teknodik, Mahasiswa. 2016. Jurnal Ilmiah: Pencemaran Lingkungan. [Online]. Tersedia: http://jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/pencemaran-lingkungan.html. [29 Desember 2016]. 
Anonymous.2014. Warga Belu Minta Aktivitas Tambang PT Nusa Lontar Resource Dihentikan. http://www.beritasatu.com/nasional/182698-warga-belu-minta-aktivitas-tambang-pt-nusa-lontar-resources-dihentikan.html. [29 November 2016]. 
Sahabat, Radio. 2010. Pencemaran air laut di NTT. http://world-of-wilhan.blogspot.co.id/2010/01/pencemaran-air-laut-di-ntt.html. [29 November 2016]. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.