.

Sabtu, 20 Agustus 2016

Energi hijau harus dimualai dari sekarang, kenapa tidak ?


Saat ini paradigma dan pola pandang terhadap penyediaan energi harus berubah arah. Awalnya memburu energi (energy hunting) dari energi yang tersedia, berubah menjadi ke pola upaya membudidayakan energi (energy farming) dengan hasil berupa energi nabati, atau dengan kata lain dari BBM (bahan bakar minyak) menuju BBN (bahan bakar nabati/energi hijau).

Diketahui bahwa energi yang bersumber dari fosil termasuk bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui, juga tidak ramah lingkungan sehingga dikenal sebagai pemicu polusi udara. Sementara penggunaan sumber energi nabati (energi hijau) merupakan pilihan yang paling tepat, mengingat kondisi lahan dan iklim yang mendukung serta sebagian besar penduduknya bertumpu pada sektor pertanian, perkebunan atau kehutanan. Pengembangan energi hijau disamping dalam rangka diversifikasi energi untuk mengatasi krisis energi juga untuk menunjang upaya diversifikasi usahatani, agro industri, meningkatkan pendapatan petani, serta sebagai rosot CO2 dalam mitigasi pemanasan global.

Menurut data ESDM (2006) cadangan minyak Indonesia hanya tersisa sekitar 9 milliar barel. Apabila terus dikonsumsi tanpa ditemukannya cadangan minyak baru, diperkirakan cadangan minyak ini akan habis dalam dua dekade mendatang. Sekitar 8-10 tahun, Indonesia akan kehabisan sumber energi minyak bumi. Sebagai contoh, produksi minyak bumi Indonesia yang telah mencapai puncaknya pada tahun 1977 yaitu sebesar 1.7 juta barel per hari terus menurun hingga tinggal 1.125 juta barel per hari tahun 2004. Di sisi lain konsumsi minyak bumi terus meningkat dan tercatat 0.95 juta barel per hari tahun 2000, menjadi 1.05 juta barel per hari tahun 2003 dan sedikit menurun menjadi 1.04 juta barel per hari tahun 2004. Sebentar lagi Indonesia akan mengalami defisit energi dengan volume defisit yang akan semakin meningkat. Kenaikan harga BBM yang terjadi pada saat ini cenderung akan berulang lagi pada beberapa waktu ke depan, mengingat cadangan dan sumber minyak bumi dunia juga semakin menurun. Penurunan sumber minyak bumi dunia akan berdampak pada peningkatan harga minyak dunia, yang secara langsung maupun tidak langsung juga akan meningkatkan harga BBM di dalam negeri. 

Ø  PENGERTIAN DEFINISI HIJAU
Definisi energi hijau paling sederhana adalah energi yang dihasilkan dari sumber energi yang lebih ramah lingkungan (atau "hijau") dibandingkan dengan bahan bakar fosil (batubara, minyak, dan gas alam). Karena itulah energi hijau mencakup semua sumber energi terbarukan (surya, angin, panas bumi, biofuel, tenaga air), dan menurut definisi juga harus mencakup energi nuklir meskipun ada banyak penggiat lingkungan yang menentang gagasan mengenai energi nuklir masuk ke dalam energi hijau karena nuklir memiliki masalah limbah, dan efeknya yang berbahaya terhadap lingkungan.
Pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia dapat digolongkan dalam tiga kategori. Yang pertama adalah energi yang sudah dikembangkan secara komersial, seperti biomassa, panas bumi dan tenaga air. Yang kedua adalah energi yang sudah dikembangkan tetapi masih secara terbatas, yaitu energi surya dan energi angin. Dan yang terakhir adalah energi yang sudah dikembangkan, tetapi baru saja sampai pada tahap penelitian, seperti energi pasang surut.

1.    Energi Biomassa
Energi biomassa adalah energi dibuat untuk bahan bakar yang didapatkan dari sumber alami yang dapat diperbarui. Jadi, energi biomassa ini bisa menjadi jalan keluar dari bahan bakar yang selama ini tidak dapat diperbaharui dan mencemari lingkungan hidup. Biasanya, bahan pembuat biomassa ini berasal dari dua jenis, dari kategori hewan yang bisa berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme. Seperti yang kita ketahui biomassa merupakan salah satu sumber energy terberu sehingga energi ini dapat diperoleh dari sumber-sumber yang dapat diproduksi lagi, salah satunya yaitu tumbuhan yang ada di alam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai contoj dari energi biomassa :
Contoh dari energi biomassa
o   Biogas
o   Kayu
o   Limbah Pertanian
o   Tanaman energy

Ø  Definisi Tentang Energi Biomassa
Dari definisi energi biomassa yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar, maka peran pembaruan lahan sebagai sumber energi biomassa harus dilakukan. Meskipun beberapa sumber energi biomassa untuk beberapa jenis memang secara alami tersedia, tapi untuk menghasilkan energi biomassa ini tentu diperlukan jumlah besar untuk menghasilkan energi bahan bakar yang besar. Pentingnya Penggunaan Energi Biomassa. Penggunaan energi biomassa dapat dijadikan jalan keluar dari terbatasnya energi yang tidak dapat dipperbaharui. Untuk itu, energi biomassa sejak tahun-tahun sebelumnya sudah banyak diteliti untuk menggantikan kelangkaan energi bahan bakar yang tidak terbarukan. Indonesia dengan potensi alam yang sangat melimpah sebenarnya berpotensi untuk menghasilkan energi biomassa yang beragam untuk keperluan manusia. Pengelolaan dari bahan-bahan penghasil energi biomassa ini sebenarnya akan lebih menghemat pengeluaran negara dengan manajemen pengelolaan yang baik. Untuk itu, pengertian energi biomassa perlu diketahui oleh semua lapisan masyarakat untuk mengembangkan energi terbarukan.

1.    ENERGI BIO ETHANOL
Bioetanol merupakan etanol (golongan alkohol) yang diproduksi dari bahan alami, terutama dari tumbuhan. Bahan baku yang biasa digunakan untuk memproduksi bioetanol antara lain tetes tebu (molases) yang merupakan by product dari industri gula; gula merah; singkong, ubi jalar, dan kelompok pati-patian lainnya. Bahan-bahan baku ini kemudian difermentasi dengan mikroba seperti Saccharomyces cereviseae dan mikroba penghasil etanol lainnya dan berperan sebagai substrat untuk pertumbuhan mikroba. Dari proses fermentasi tersebut dihasilkan etanol sebagai salah satu produknya. Produk etanol inilah yang paling diperhatikan dalam produksi bioetanol, selain pertumbuhan mikroba penghasilnya. Produk etanol yang dihasilkan dari proses fermentasi ini tentu saja masih tercampur dengan produk lainnya, air, biomassa, dan juga substrat yang masih tersisa. Bioetanol merupakan salah satu contoh energi alternatif dalam kategori biofuel, yang artinya bahan bakar alami yang bahan bakunya berasal dari alam, terutama dari tumbuh-tumbuhan dan juga hewan yang merupakan jenis sumber daya alam yang renewable. Contoh biofuel yang lain adalah biodiesel yang merupakan bahan bakar minyak yang berasal dari minyak tumbuhan seperti jarak, kelapa sawit, dan kelapa dan biomassa yang merupakan hasil pemanfaatan limbah ternak (kotoran ternak) dengan menggunakan mikroba untuk menghasilkan sumber energi.

1.    ENERGI BIO DIESEL

Biodiesel adalah bahan kimia yang dipakai sebagai chemical additive untuk minyak diesel atau sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan karena berasal dari minyak tumbuh-tumbuhan. Bio diesel dihasilkan dari minyak nabati, lemak hewani, ganggang atau bahkan minyak goreng bekas sebagai bahan bakar kendaraan. Namun bila diproduksi dalam skala besar akan meningkatkan beban lingkungan karena budidaya monokultur atau perkebunan dengan satu jenis tanaman dapat mengurangi produktivitas lahan serta mengganggu keseimbangan ekosistem. Kelemahan penggunaan biodiesel atau ethanol murni sebagai bahan bakar kendaraan adalah perlu modifikasi pada mesin karena ethanol dan biodiesel antara lain akan bereaksi dengan karet dan plastik konvensional. Menggunakan biodiesel sebagai pengganti diesel standar tidak hanya akan membantu lingkungan, tetapi juga akan membantu meningkatkan kemandirian energi dan keamanan energi negara. Kelemahan dari penggunaan biodiesel lebih karena biodiesel sebagian besar masih diproduksi dari tanaman pangan yang dalam skenario terburuk menyebabkan peningkatan harga pangan dan bahkan meningkatkan kelaparan di dunia. Inilah alasan utama mengapa para ilmuwan melihat berbagai bahan baku biodiesel potensial lainnya, contohnya adalah rumput dan alga. Keuntungan utama dari energi biodiesel adalah bahwa hal itu mengurangi emisi karbon monoksida ke lingkungan sekitar lima puluh persen. Alasan untuk ini adalah karena mengambil keuntungan dari unsur karbon yang sudah di udara. Manfaat lain untuk bahan bakar biodiesel adalah bahwa ia memiliki nilai cetane yang lebih tinggi dan mobil yang menggunakan energi biodiesel akan mulai lebih cepat dan bekerja lebih efisien daripada mobil yang menggunakan bahan bakar solar biasa. Keuntungan terbesar namun untuk energi biodiesel adalah bahwa hal itu biodegradable dan merupakan sumber daya energi terbarukan – yang baik untuk lingkungan. Hal yang baik tentang biodiesel adalah bahwa hal itu berasal dari tanaman kedelai yang dapat tumbuh di hampir semua negara yang berarti bahwa tidak ada negara-negara tertentu memiliki monopoli di pasar minyak.

1.    BIOGAS
Biogas merupakan sebuah proses produksi gas bio dari material organik dengan bantuan bakteri. Proses degradasi material organik ini tanpa melibatkan oksigen disebut anaerobik digestion Gas yang dihasilkan sebagian besar (lebih 50 % ) berupa metana. material organik yang terkumpul pada digester (reaktor) akan diuraiakan menjadi dua tahap dengan bantuan dua jenis bakteri. Tahap pertama material orgranik akan didegradasi menjadi asam asam lemah dengan bantuan bakteri pembentuk asam. Bakteri ini akan menguraikan sampah pada tingkat hidrolisis dan asidifikasi. Hidrolisis yaitu penguraian senyawa kompleks atau senyawa rantai panjang seperti lemak, protein, karbohidrat menjadi senyawa yang sederhana. Sedangkan asifdifikasi yaitu pembentukan asam dari senyawa sederhana. Energi yang terkandung dalam biogas tergantung dari konsentrasi metana (CH4). Semakin tinggi kandungan metana maka semakin besar kandungan energi (nilai kalor) pada biogas, dan sebaliknya semakin kecil kandungan metana semakin kecil nilai kalor. Kualitas biogas dapat ditingkatkan dengan memperlakukan beberapa parameter yaitu : Menghilangkan hidrogen sulphur, kandungan air dan karbon dioksida (CO2).
Hidrogen sulphur mengandung racun dan zat yang menyebabkan korosi, bila biogas mengandung senyawa ini maka akan menyebabkan gas yang berbahaya sehingga konsentrasi yang di ijinkan maksimal 5 ppm. Bila gas dibakar maka hidrogen sulphur akan lebih berbahaya karena akan membentuk senyawa baru bersama-sama oksigen, yaitu sulphur dioksida /sulphur trioksida (SO2 / SO3).
senyawa ini lebih beracun. Pada saat yang sama akan membentuk Sulphur acid (H2SO3) suatu senyawa yang lebih korosif. Parameter yang kedua adalah menghilangkan kandungan karbon dioksida yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas, sehingga gas dapat digunakan untuk bahan bakar kendaraan. Kandungan air dalam biogas akan menurunkan titik penyalaan biogas serta dapat menimbukan korosif


DAFTAR PUSTAKA : http://energihijauku-gsmlina.blogspot.co.id/2009/12/energi-hijau-potensi-pengembangan.htmlGusmailina & Han Roliadi, MINGGU, 13 DESEMBER 2009, 
Bogor Agricultural University, http://www.indoenergi.com/2012/04/pengertian-biodiesel.htmlhttp://kliksma.com/2015/05/pengertian-energi-biodiesel.htmlhttp://www.alpensteel.com/article/121-107-energi-bio-gas/2340-pemanfaatan-biogas-sebagai-energi-alternatif

13 komentar:

  1. Riswandi (071)

    Ya harus di mulai Dari sekarang, Karena kalau di nanti - nanti penduduk masyarakat sekitar akan malas dan segan mengenai energi hijau ini.

    Pertanyaan :

    1. Apakah di Indonesia sudah di terapkan nya energi hijau?

    BalasHapus
  2. Faisal ardhi h (046)

    Energi hijau memang sangat di perlukan, sudah dari dulu sebenaenya beberapa orang menerapkannya. Hanya saja kesadaran banyak orang tenteng pentingnya energi hijau masih kurang.

    Gimana cara menimbulkan kesadaran akan pentingnya energi hijau?

    BalasHapus
  3. Adit (042)
    Semua harus dilakukan lebih cepat dalam energi hijau ini sebelum terlambat.
    Tapi apakah ada peran pemerintah disitu ?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Rendi (022) saya sangat setuju sekali dengan adanya penggunaan energi hijau, dan energi hijau ini harus di tarapkan supaya pencamaran tidak semakin parah karena penggunaan energi fosil
    pertanyaan adalah apakan persediaan energi hijau ini melimpah untuk digunakan secara masal..?

    BalasHapus
  6. Nandar (009)
    (1) yang namanya tindakan penghijauan harus dilakukan secepat mungkin,karena sudah banyak kerusakan alam yang terjadi akibat ulah manusia..
    (2) bagaimana caranya agar masyarakat sekitar sadar akan pentingnya beralih ke energi hijau?

    BalasHapus
  7. Nandar (009)
    (1) yang namanya tindakan penghijauan harus dilakukan secepat mungkin,karena sudah banyak kerusakan alam yang terjadi akibat ulah manusia..
    (2) bagaimana caranya agar masyarakat sekitar sadar akan pentingnya beralih ke energi hijau?

    BalasHapus
  8. 061-Agus
    kenapa sekarang kenapa tidak dari dulu saja dilakukan energi hijau supaya lebih cepat kita mencegah terjadinya pemanasan global

    pertanyaan saya bagaimana caranya menumbuhkan rasa kesadaran setiap manusia pentingnya energi hijau bagi lingkungan hidup?

    BalasHapus
  9. Fajar (003) menurut saya sebarusnya energi hijau ini harus di terapkan secepatnya biar usia bumi ini bertahan lama
    pertanyan : apakah indonesia sudah menjalankan energi hijau??

    BalasHapus
  10. elgi riskiana (028)
    tida ada kata terlambat untuk memulai perubahan untuk masa depan bumi kita yang sudah sangat tua,

    pertanyaan saya, bagaimana menerapkan energi hijau yang lebih efisien dengan tidak menimbulkan dampak negatif dari limbah yang pasti akan ada

    BalasHapus
  11. Agus darmawan 029

    Kritik dan saran seharusnya di tambahkan contoh gambar agar pembaca bisa tahu dan dapat mengenal apa itu energi hijau.

    Pertanyaan saya adalah bagaimana cara merubah kayu menjadi biomassa.?

    BalasHapus
  12. Nova(013)
    Adanya Manfaat lain untuk bahan bakar adalah bahwa ia memiliki nilai cetane yang lebih tinggi dan mobil yang menggunakan energi biodiesel akan mulai lebih cepat dan bekerja lebih efisien daripada mobil yang menggunakan bahan bakar solar biasa

    Apakah Penggantian Bahan Bakar Yang Baru Bisa Diguanakan Dengan Jenis Mesin Yang Lama ..

    BalasHapus
  13. yulius(074)
    Terimakasih. memang betul sekali,, apabila energi hilau dapat dimulai dari sekarang,, dampaknya mungkin akan lebih baik di kemudian hari..

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.