.

Sabtu, 20 Agustus 2016

PENGELOLAAN LINGKUNGAN KAWASAN INDUSTRI HIJAU




OLEH : ANTO ERDIYANTO
 Kawasan industri adalah suatu daerah yang didominasi oleh aktivitas industri yang mempunyai fasilitas kombinasi terdiri dari peralatan-peralatan pabrik (industrial plants), sarana penelitian dan laboraturium untuk pengembangan, bangunan perkantoran, bank, serta fasilitas sosial dan fasilitas umum (Dirdjojuwono, 2004).   

  





Sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi harus diiringi dengan peningkatan pengelolaan lingkungan serta sektor-sektor penting yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi tersebut. Salah satu sektor yang penting adalah sektor industri. Sektor industri memberikan kontribusi sebesar 1.42% dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5.78% pada tahun 2013 terhadap 2012 tanpa migas, sedangkan bila dengan migas 6.28% (sumber www.bps.go.id).
Pembangunan kawasan industri di Indonesia pertama dimulai pada tahun 1973 yaitu dengan berdirinya Jakarta Industrial Estate Pulo Gadung (JIEP), kemudian tahun 1974 dibangun Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), selanjutnya dibangun Kawasan Industri Cilacap (tahun 1974), menyusul Kawasan Industri Medan (tahun 1975), Kawasan Industri Makasar (tahun 1978), Kawasan Industri Cirebon (tahun 1984), dan Kawasan Industri Lampung (tahun 1986) (Kwanda, 2000).
   


  Dengan pesatnya pertumbuhan sektor industri di Indonesia, telah diterbitkan Peraturan Pemerintah No 24 tahun 2009 yang antara lain mengatur keharusan perusahaan industri yang baru didirikan agar berlokasi di kawasan industri.
     
 
 
  menurut penelitian tentang ekologi industri di
 Russia oleh Salmi dan Toppinen (2007), 
concluded that the general framework of policy instruments efficiency, economy , 
and environment must be in tune with local perceptions . 
Research Salim et al . ( 2009) regarding the waste management strategy model steel in 
coastal areas Krakatau Cilegon industrial area concluded
 that environmental management strategies can be performed simultaneously between
 the activities of the population and industrial activity , 
with variable priority prevention strategies such as the generation of waste in the 
waste management steel.

   Pengelolaan lingkungan kawasan industri merupakan permasalahan yang relatif kompleks. Hal ini karena melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang saling berinteraksi. Dengan demikian pendekatan yang bersifat komprehesif diperlukan agar lebih mewakili (representative) terhadap kenyataan permasalahan yang sebenarnya (Kodrat 2006). Untuk itu diperlukan analisis atas kondisi 

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Atep Afia.2015. Modul 12 Kimia Dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Pusat Bahan Ajaran Elaerning 2015

Kemas Abdul Fatah , Arief Laila Nugraha , Haniah*KAJIAN PERUBAHAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) TERHADAP PERTUMBUHAN INDUSTRI BERBASIS GEOSPASIAL ,di unduh tgl 20 agustus 2016



 Temmy Wikaningruma, Bambang Pramudya Nb, Erliza Noorc,Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Vol. 5 No. 2 (Desember 2015): 111-120 e-ISSN: 2460-5824,DI unduh tgl,20 agustus 2016

18 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. bahrul (055). semestinya pengelolaan industri harus lebih di perketat, pasalnya banyak pengelolaan industri yang tidak mematuhi peraturan. banyak yang membuang limbah sembarangan, padahal letak pabrik tersebut di kelilingi oleh masyarakat setempat dan bisa terjadi pencemaran lingkungan. di karenakan pembuangan limbah yang berbahaya bagi mahluk hidup sekitar.

    BalasHapus
  3. Kenny (076) saya tidak bisa melihat ada pembahasan "pengelolaan kawasan lingkungan industri hijau". Ada yang bisa membantu bagaimana kesimpulan cara pengelolaan kawasan lingkungan industri hijau ?

    BalasHapus
  4. Faisal ardhi h (046)

    Menurut saya ini baru pengertiannya saja, untuk pembahasan lanjutannya belum ada

    Bagaimana sih cara pengelolaan yang tepat pada kawasan industri?

    BalasHapus
  5. Samsul Hadi (037)
    Menarik yang anda bahas, Kawasan industri harus diolah bukan hanya oleh pemerintah daerah yang mempunyai wilayah administrativ, melainkan peranan masyarakat mengenai lingkungan tempat tinggal mereka yang terimbas adanya kegiatan manufakturisasi juga harus diikut sertakan dan manufaktur itu sendiri harus mensejahterakan lingkungan baik dari segi sosial maupun segi lingkungan. di artikel yang anda buat belum menjelaskan secara mendetail mengenai langkah-langkah pengelolaan yang tepat yang sesuai dengan iklim bisnis di indonesia serta kondisi sosial masyarakat indonesia. semoga artikel anda dapat membuka wawasan bagi para pembacanya.


    pengelollan lingkungan di zona industri dilakukan oleh perusahaan terkait sehingga pengelolaan diluar kawasan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Apakah dengan adanya kawasan industri suatu daerah dapat memiliki kesimbangan antara lingkungan non industri dan lingkungan industri,terimakasih ^_^

    BalasHapus
  6. Adit(042)
    Saya masih kurang paham dengan penjelasannya
    Bagaimana cara pengelolaannya di kawasan industri tersebut ? Apakan ada badan yang mengurus semuanya di kawasan tersebut ?

    BalasHapus
  7. Yosep (073)
    A. kritik dan saran:
    1. Hurup buat judul jangan pakai hurup besar semua.
    2. Jarak tulisan perbaris ada yang terlalu renggang/tidak sama.
    3. Daftar pustaka jangan pakai tanggal dan bulan`

    Pertanyaan:
    Bagaimana caranya supaya lebih effesien dan effektif dalam hal pengelolaan lingkungan kawasan industri hijau,keluar biaya sedikit menghasilkan yang optimal?

    BalasHapus
  8. Muhammad Andi Yusuf (yusuf-002)
    saya sebagai salah seorang yang bekerja di suatu lingkungan kawasan industri dan menurut saya samapai sekarang kawasan diindustri diindonesia masih jauh dari kata bagus untuk pengolahan limbahnya dan menurut anda apa yang harus dilakukan untuk dapat mencapai suatu kawasan industri yang bisa dikatakan Industri Hijau
    Terima kasih.

    BalasHapus
  9. FIRMANSYAH-106, TUGAS 10

    Komentar :

    Seharusnya untuk pembangunan industri agar tidak terjadi pencemaran, pemerintah ikut andil didalamnya.

    Pertanyaan :

    Daerah seperti apa yang layak untuk tempat industi ?

    BalasHapus
  10. Raafi (064)

    memang pengelolaan lingkungan industri hijau harus sangat diperhatikan seiring perkembangan industri industri yang baru , hanya saja disini belum dijelaskan secara detail.

    apakah pemilik industri -industri tersebut memperhatikan tentang pengolahan lingkungan industri hijau ?

    BalasHapus
  11. slamet hariadi 060

    artikel di atas tersebut menyarankan manusia untuk lebih memper hatikan industri penghijauan

    apakah industri hijau bisa di gunakan untuk pekerjaan manusia?

    BalasHapus
  12. Agus darmawan 029

    Kritik dan saran judul dengan isi menurut saya kurang baik dan seharusnya isi dari artikel tersebut lebih mendetail lagi.seperti apa yang di lakukan oleh industri untuk pengelolaan lingkungan hijau industri.

    Dan pertanyaan nya apa sih kerjanyata pemerintah agar terciptanya lingkungan industri hijau bukan hanya ada undang undang nya saja.?

    BalasHapus
  13. Agus darmawan 029

    Kritik dan saran judul dengan isi menurut saya kurang baik dan seharusnya isi dari artikel tersebut lebih mendetail lagi.seperti apa yang di lakukan oleh industri untuk pengelolaan lingkungan hijau industri.

    Dan pertanyaan nya apa sih kerjanyata pemerintah agar terciptanya lingkungan industri hijau bukan hanya ada undang undang nya saja.?

    BalasHapus
  14. Nova(013)
    melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang saling berinteraksi. Dengan demikian pendekatan yang bersifat komprehesif

    Apakah Yang Dilakukan Pengelola Untuk Menghindari Risiko dampaknya

    BalasHapus
  15. Fajar (003) menurut saya pengertianya sudah ada..tapi cara mengeloahnya belum di masukan di artikel ini .sedangkan pabrik di indonesia masih ada yang tidak peduli tentang industri hijau

    Pertanyaan : kapan kawan industri bisa menjadi ruangan yang sehat...

    BalasHapus
  16. Teddy 049
    artikel nya membantu , terima kasih :) :)

    apakah ini akan berjalan baik dengan seiring nya waktu ????

    BalasHapus
  17. ARI(044)
    Pengelolaan lingkungan kawasan industri hijau seperti apa yang harus diterapakan,apakah kita sudah bisa mengelola lingkungan kawasan industri hijau.

    Mengapa Lingkungan Kawasan Industri Hijau harus dikelola dengan baik ?

    BalasHapus
  18. ARI(044)
    Pengelolaan lingkungan kawasan industri hijau seperti apa yang harus diterapakan,apakah kita sudah bisa mengelola lingkungan kawasan industri hijau.

    Mengapa Lingkungan Kawasan Industri Hijau harus dikelola dengan baik ?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.