.

Sabtu, 11 Agustus 2018

LOGAM


LOGAM

Logam adalah material (sebuah unsur, senyawa, atau paduan) yang biasanya keras tak tembus cahaya, berkilau, dan memiliki konduktivitas listirik dan termal yang baik. Logam umumnya yaitu dapat ditempa atau ditekan permanen hingga berubah bentuk tanpa patah atau retak dan juga fusibel (bisa dilelehkan) dan ulet (dapat ditarik hingga membentuk kawat halus). Sekitar 91 dari 118 unsur dalam table periodik adalah logam, sisanya adalah non logam atau metaloid.

Sifat – Sifat Logam

Sifat Logam
·         Mempunyai sifat mengkilat.
·         Mempunyai sifat penghantar listrik yang baik.
·         Mempunyai sifat penghantar panas yang baik.
·         Dapat dibentuk menjadi lempengan atau lembaran.
·         Bisa direntang atau ditarik menjadi kawat.
·         Pada umumnya berwujud padat kecuali raksa (merkuri).

Sifat Non Logam
  • Pada sebuah suhu kamar ada yang berwujud padat, cair, dan gas.
  • Pada umumnya tidak mengilat kecuali karbon dalam bentuk intan.
  • Sifatnya penghantar listrik yang buruk kecuali karbon dalam bentuk grafit.
  • Penghantar panas yang buruk.
  • Tidak dapat ditempa atau digembleng.
  • Tidak dapat direntang atau ditarik.
Jenis – Jenis Logam
1. Alumunium
Alumunium ialah sebuah logam dengan warna putih yang keperak-perakan yang mempunyai sifat sangat ringan dan tahan terhadap korosi(karat). Logam yang satu ini berasal dari bijihnya, bauksit, dengan suatu proses elektrolisis. Alumunium ini digunakan dalam kabel-kabel listrik lintas udara, pesawat terbang, kapal, mobil, kaleg minuman, foil dapur (pembungkus makanan), dan lain sebagainya.

2. Baja
Baja ialah salah satu aloi yang sangat sering kita dengar dan kita jumpai namanya. Baja merupakan aloi besi dan karbon yang merupakan satu dari sedikit bahan yang terpenting dalam industri, seperti yang kita ketahui, biasanya industri ini mempengaruhi dunia secara global. Baja mempunyai sifat tahan karat, dan kegunaanya yang sangat penting ialah untuk bidang industri di ruang angkasa.

3. Besi
Besi ialah salah satu jenis logam yang mempunyai warna abu-abu keputih-putihan. Logam ini dihasilkan terutama dari peleburan biji hematit dalam tanur sembur. Kegunaanya ialah diapakai untuk bangunan dan bidang teknik, juga bisa dimanfaatkan untuk membuat suatu aloi baja.

4. Emas
Unsur logam emas mempunyai sifat yang lunak, dan mempunyai warna kuning terang yang digunakan untuk sebuah perhiasan dan alat-alat elektronik. Tentunya emas tidak mudah didapat di pasaran, karena mempunyai harga yang sangat tinggi dan terus meningkat.

5. Kalium
Kalium ialah salah satu jenis logam yang mempunyai berat yang ringan dengan warna keperakan, juga mempunyai suatu sifat sangat reaktif. Senyawa-senyawa kalium ini digunakan dalam sebuah pupuk kimia dan untuk dalam pembuatan kaca.

6. Kuningan
Kuningan ialah salah satu jenis logam yang mempunyai sebuah aloi yang terbuat dari tembaga dan seng. Dalam pemanfaatanya sangat banyak terjadi di bumi ini, yaitu untuk barang-barang hiasan, sekrup, alat-alat musik, paku-paku kecil, dan lain sebagainya.

7. Kupronikel
Kupronikel ialah sebuah aloi yang terbuat dari sebuah tembaga dan nikel yang digunakan untuk membuat uang logam yang berwarna perak.
 
8. Kromium
Kromium ialah salah satu jenis logam yang mempunyai warna abu-abu, dan memiliki sifat yang keras. jenis satu ini Sering digunakan untuk membuat sebuah baja tahan karat dan melapisi sebuah logam-logam lain untuk melindunginya dan memberi penampikan mengkilap yang memantul.
 
9. Magnesium
Magnesium ialah salah satu jenis logam yang mempunyai berat yang ringan dan  mempunyai warna perak keputih-putihan yang bila terbakar akan menghasilkan nyala api putih terang, logam ini digunakan dalam suara penyelamatan dan kembang api dalam aloi-aloi ringan.

10. Natrium
Natrium ialah salah satu jenis logam yang sangat reaktif, yang mempunyai sifat lunak dan berwarna putih keperakan logam ini terdapat dalam sebuah garam dapur dan digunakan untuk lampu jalanan dan dalam industri kimia.

11. Perak
Perak ialah salah satu jenis logam yang mudah dibentuk, dan mempunyai warna putih abu-abu yang merupakan konduktor panas dan listrik yang sangat baik. Logam ini digunakan untuk membuat sebuah perhiasan, peralatan perak dan film fotografi.

Kesimpulan
Pada umumnya sifat logam mempunyai sifat mengkilat, mempunyai sifat penghantar listrik yang baik, mempunyai sifat penghantar panas yang baik, dapat dibentuk menjadi lempengan atau lembaran., bisa direntang atau ditarik menjadi kawat, pada umumnya berwujud padat kecuali raksa (merkuri).

Daftar Pustaka

www.seputarilmu.com › Kimia
awalilmu.blogspot.com › Pelajaran › Pengetahuan
https://infoana.com/jenis-logam-dan-sifat-logam/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.