.

Sabtu, 11 Agustus 2018

ENERGI TERBARUKAN

ENERGI TERBARUKAN





Abstrak

Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam,menggunakan sumber-sumber yang ada di alam. Berguna untuk mengurangi dampak negatif bagi makhluk hidup seperti pencemaran udara,pencemaran air, dan penggunaan lahan yang dapat digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat bagi makhluk hidup.
Energi terbarukan ini juga dapat mengurangi pengeluaran dan jumlahnya lebih banyak karena sumbernya berasal dari alam langsung.

Energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari proses alam yang berkelanjutan, seperti energi yang berasal tenaga angin, tenaga matahari, tenaga air, biomasa dan panas bumi. Energi terbarukan mulai menarik perhatian masyarakat dan pemangku kebijakan sebagai sumber energi alternatif setelah peristiwa krisis minyak dunia pada tahun 1973. Penggunaan energi dengan sumber terbarukan kemudian berkembang pesat pada saat United Nation Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) dibentuk oleh PBB sebagai gerakan untuk mengurangi gas rumah kaca. Lembaga ini terus konsisten menyuarakan pengalihan menuju energi yang ramah lingkungan melalui Millenium Development Goals (MDGs) dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dikeluarkan oleh PBB.

Berikut adalah data-data mengenai dampak dari energi terbarukan.

1. Polusi udara
Emisi yang dikeluarkan oleh energi terbarukan apabila digabungkan memiliki estimasi antara -1368 – 266 gram CO2e/kWh. Nilai ini masih sangat jauh dibawah emisi yang dikeluarkan oleh gas bumi dan batubara. Gas bumi memiliki emisi antara 272 – 907 gram CO2e/kWh sementara batubara memiliki emisi 635 – 1633 gram CO2e/kWh.

2. Penggunaan Lahan
Penggunaan lahan pada pembangkit listrik panas bumi dapat dilihat dari pembangkit listrik di Geyser, dimana pembangkit dengan kapasitas 1,517 mW memiliki luas 78 kilometer persegi, sehingga dapat disimpulkan sekitar 5 hektar lahan dibutuhkan per megaWatt listrik. Fenomena lainnya dalam penggunaan lahan adalah penurunan lahan akibat pengeluaran air dari reservoir.

3. Penggunaan Air
pembangkit listrik tenaga angin dan matahari (solar pv) menggunakan jumlah air yang sangat sedikit atau hampir tidak menggunakan air. Di sisi lain, pembangkit listrik tenaga uap batu bara, menggunakan hingga 75.000 – 189.000 liter/MWh sementara pembangkit listrik tenaga gas menggunakan 28.000 – 75.000 liter/MWh.

4. Dampak pada makhluk hidup
Pengurangan sampah organik karena dapat dijadikan biomassa,ikan dan organisme air lainnya berkurang kepunahannya,dan mengurangi efek rumah kaca.

Sumber –Sumber energi terbarukan :
1.       Matahari
Salah satu sumber energi alternatif lainnya yang paling terkenal adalah energi surya atau energi matahari. Energi surya menggunakan sel surya yang mengumpulkan dan memfokuskan energi yang dipancarkan secara langsung oleh matahari, dan mengubahnya menjadi listrik, yang bisa digunakan untuk keperluan. Sama seperti dengan energi angin, energi surya juga bebas polusi.

2.       Biomassa

3.       Biofuel

4.       Angin
Salah satu sumber energi alternatif ini adalah tenaga angin. Turbin angin saat ini terus dikembangkan yang akan menjadi alternatif energi yang lebih efisien dan murah. Ladang angin (kumpulan banyak turbin angin) telah bermunculan di banyak negara, dan posisinya bahkan menjadi lebih strategis dari waktu ke waktu sehingga turbin angin atau kincir angin tidak membahayakan.

5.       Hydropower

6.       Gelombang laut
Energi gelombang laut menjadi peluang besar untuk mengembangkan energi alternatif,  karena memiliki potensi energi menghasilkan yang sangat besar.

7.       Gas alam

8.       Energi tidal

9.       Tenaga air

10.   Panas Bumi
Energi panas bumi sangat berlimpah, karena panas bumi terletak tepat di bawah kaki kita, hanya berjarak beberapa mil di bawah permukaan bumi. Energi ini dihasilkan dari pemanasan air melalui panas bumi. Air berubah menjadi uap, yang dapat dipasang dan digunakan untuk mesin turbin akan menghasilkan energi listrik.






Daftar Pustaka :

Klugman-Radziemka, E., 2014, Enviromental Impacts of Renewable Energy Technologies, 2014 5th International Conference on Enviromental Science and Technology, Vol 69.

National Academy of Engineering National Research Council and Chinese Academy of Sciences Chinese Academy of Engineering, 2010, The Power of Renewables: Opprtunities and Challenges for China and The United States, The National Academies Press.

National Academy of Sciences, National Academy of Engineering dan National Research Council, 2010, Electricity from Renewable Resources: Status, Prospects and Impediments, The National Academies Press.
Dalam :
https://icare-indonesia.org/energi-terbarukan-dan-dampaknya-terhadap-lingkungan/

Yudhi, Raymond.2017.Sumber-Sumber Energi yang ramah lingkungan dan terbarukan.
Dalam : 
https://kupdf.net/download/sumber-sumber-energi-yang-ramah-lingkungan-dan-terbarukan_59c9128208bbc5e662686e7d_pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.