.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Bioteknologi dan Rekayasa Genetika

                    Nama : Fransiska Rizki Lupendo
                                                                                                

Bioteknologi dan Rekayasa Genetika

Bioteknologi berasal dari dua kata yaitu kata Bio dan kata Teknologi. Kata Bio yang diartikan kehidupan sedangkan kata Teknologi diartikan sebagai suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan secara praktis.

Rekayasa genetika, juga disebut modifikasi genetika, adalah manipulasi langsung gen suatu organisme menggunakan bioteknologi.

Adapun Fungsi bioteknologi yaitu :
            1.  Menghasilkan obat-obatan yang lebih efektif dan murah.
  1. Menghasilkan antibiotik untuk membunuh penyakit yang berbahaya.
  2. Meningkatkan hasil produksi pertanian dari tanaman transgenik karena tanaman ini memiliki daya tahan tinggi terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim dan tidak mudah diserang oleh hama.
  3. Meningkatkan nilai gizi dari produk makanan dan minuman.
  4. Menciptakan sumber makanan baru, misalnya air kelapa menjadi nata de coco.
  5. Dapat membuat makanan lebih tahan lama, misalnya asinan.
  6. Biaya yang diperlukan lebih murah
Adapun Fungsi Rekayasa Genetika yaitu :
1. Kloning
Berhasil dilakukan pada beberapa jenis binatang dengan mengmbangkan gen yang ada pada binatang .
2. Pengobatan
Pada bidang pengobatan, rekayasa genetika ini sangatlah penting dan bermanfaat terutama untuk menyembuhkan gen yang tidak normal atau cacat.
3. Farmasi
Dalam bidang farmasi, rekayasa genetika ini juga memiliki manfaat yang sangat besar. Produk obat dan farmasi yang ada saat ini sudah lebih maju dibandingkan dahulu dengan adanya rekayasa genetika ini.
4. Kehamilan
Dengan adanya rekaya genetika ini bisa dilakukan terapi gen yang bisa memperbaiki gen bayi bahkan sejak masih dalam kandungan.
5. Pertanian
bertujuan membuat tanaman tidak memiliki ketergantungan pada pupuk nitrogen sehingga lingkungan menjadi lebih sehat.
6. Peternakan
Selain itu adanya berbagai persilangan gen hewan seperti dalam sapi dan unggas juga mendapatkan produk yang lebih baik misalnya sapi menghasilkan susu yang lebih banyak,
7. Industri
Saat ini sudah diciptakan bakteri khusus yang mampu menyerap berbagai limbah minyak seperti bensin, minyak tanah dan lainnya.

Dampak Positif dan Negatif adanya Bioteknologi dengan Rekayasa Genetika :

1. Rekayasa transgenik dapat menghasilkan produk lebih banyak dari sumber yang lebih sedikit.
2. Rekayasa tanaman dapat hidup dalam kondisi lingkungan ekstrem akan memperluas              daerah pertanian dan mengurangi bahaya kelaparan.
3. Makanan dapat direkayasa supaya lebih lezat dan menyehatkan.
4. Tanaman transgenik memiliki kualitas lebih dibanding tanaman konvensional, kandungan nutrisi lebih tinggi, tahan hama, tahan cuaca, umur pendek, dll. Sehingga penanaman komoditas tersebut dapat memenuhi kebutuhan pangan secara cepat dan menghemat devisa akibat penghematan pemakaian pestisida atau bahan kimia lain serta tanaman transgenik produksi lebih baik.
5. Transfer genetik terjadi di dalam tubuh organisme transgenik akan muncul bahan kimia baru yang berpotensi menimbulkan pengaruh toksisitas pada bahan pangan. Sebagai contoh, transfer gen tertentu dari ikan ke dalam tomat, yang tidak pernah berlangsung secara alami, berpotensi menimbulkan risiko toksisitas yang membahayakan kesehatan. 
6. Rekayasa genetika bahan pangan dikhawatirkan dapat mengintroduksi alergen atau toksin baru yang semula tidak pernah dijumpai pada bahan pangan konvensional.

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.