.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Lapisan ozon

 Proyek 05


 lapisan ozon



Abstrak
Ozon merupakan komponen atmosfer yang jumlahnya sangat sedikit. Kehidupan manusia sangat tergantung pada lapisan Qzon. OZQn mempunyai kemampuan untuk menyerap radiasi sinar-ultra violet dengan panjang gelombang kurang Iebih 320' nm yang dipancarkanoleh matahari. Sinal' ultraviolet dapat mematikan manusia dan merusakkan unsur':'unsur kehidupan ]ainnya. . Penggunaan senyawa-senyawa kimiawi, seperti CFC dan Halon, dapat merusakkan' ozon. Perusakan ini menyebabkan lapisan ozon' menjadi semakin tipis~ Penipisan lapisan ozon merupakan masalah yang bersifat global. Untuk mencegah berlanjutnya proses penipisan lapisan ozoh, perlu dilakukan usaha-usaha bersama antarnegara. Usaha'='usaha tersebut di antaranya telah tertuang dalam hasil pertemuan monreal
PendahuIuan
Penanggulangan masalah Iingkuhgan telah lama dilakukan oleh manusia. Namun sebaliknya, selama ini manusia juga menciptakan masalah-masalah Iingkungan baru.Beberapa masalah Iingkungan dapat mendatangkan bencana yang hebat, sedangkan beberapa masalah lingkungan yang lain tidak besar pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Terdapat kecenderungan bahwa pada saat ini masalah lingkungan menjadi masalah yang bersifat global (Stanley, 1984: 2). Masalah lingkungan tidak hanya dirasakan oleh negara tertentu saja, tetapi juga dirasakan oleh negara-negara lain di muka bumi. Juga terdapat kecenderungan, bahwa masalah lingkungan lebih berat dirasakan oleh negara yang sedang berkembang dibandingkan negara yang sudah berkembang atau maju.Kegiatan –kegiatan yang berhubungan dengan penyebab masalah lingkungan ada di mana-mana. Penipisan lapisan ozon merupakan salah, satu contoh masalah lingkungan yang bersifat global.
GlobaJisasi Masalah Penipisan Lapisan Ozon
 Pada tahun 1974, Prof. Rolland melontarkan pandimgannya tentang pemplsan lapisan ozon dan kemungkinan akibat-akibat negatif terhadap manusia dan ekosistemnya di alam (Molina and Rowland, 1974: 810). Pandangan ini menggugah para pengamat, ilmuwan, peneliti, dan praktisi pada waktti itu untuk kembali mempelajari masalah lapisan ozon.
Upaya penanggulangan dampak pemanasan global.
 Upaya penanggulangan ditujukan untuk mengurangi dampak atau akibat dari pemanasan global yang sudah terjadi. Upayaupaya tersebut antara lain adalah: ƒ Peningkatan sarana dan prasarana penanggulangan bencana banjir dan kekeringan, seperti :  Penyesuaian desain dan sistem drainase yang ada dalam rangka penanggulangan banjir.  Peningkatan jumlah waduk dan sumur resapan dalam usaha mempertahankan ketersediaan cadangan air.  Peningkatan perangkat pemadam kebakaran baik pemadam kebakaran hutan maupun perumahan. Peningkatan perangkat penanggulangan banjir. ƒ Merehabilitasi lahan kritis dengan cara penggalakan penanaman pohon (reboisasi) sebagai upaya memperbanyak media penyerap gas karbon serta meningkatkan ketersediaan cadangan air. ƒ Peningkatan penanganan lingkungan dan habitat pesisir, seperti : o Merehabilitasi habitat hutan mangrove, terumbu karang dan padang lamun. o Peningkatan bangunan pelindung pantai dan pesisir.
Kesimpulan .
 Penipisan lapisan ozon merupakan masalah global. Masalahdemikian tidak dapat hanya ditanggulangi oleh negara tertentu saja. Semua negara mempunyai kewajiban berusaha menanggulangi berlanjutnya penipisan lapisan ozon. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan dalam jumlah sedikit atau tidak menggunakan sama sekali CFC dan Halon pada teknologi-teknologi yang dipakai dan dikembangkannya.'· Usaha-usaha penanggulangan pemp1san lapisan ozon yang bersifat internasional teriuang dalam hasil pertemuan di Montreal.
Daftar pustaka
https://media.neliti.com/media/publications/81988-ID-globalisasi-masalah-penipisan-lapisan-oz.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar