.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Pencemaran Lingkungan Hidup


Nama : ALIFIANA
Kode : @G31


















Pencemaran Lingkungan Hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat berbahaya atau suatu komponen lain yang bersifat merusak atau merugikan ke dalam sebuah lingkungan, selain itu juga dapat diartikan sebagai berubahnya suatu tatanan lingkungan yang terjadi karena kegiatan manusia atau proses alam sehingga kualitas lingkungan menjadi menurun pada tingkatan tertentu dan menyebabkan lingkungan tersebut menjadi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


Jenis Pencemaran Lingkungan :
1. Pencemaran Udara

adalah pencemaran yang terjadi karena masuknya substansi yang dapat mengganggu mutu daru udara dan tentunya sangat membahayakan bagi makhluk hidup. Sifat udara yang mudah menyebar inilah yang membuat penyebaran menjadi lebih cepat dan tidak terarah sehingga menimbulkan pencemaran udara di berbagai tempat tanpa mengenal waktu. Salah satu dampak dari pencemaran udara yang paling ekstream adalah terjadinya pemanasan global yang dapat merusak lapisan ozon.

2. Pencemaran Air

Pencemaran air merupakan suatu perubahan pada baku mutu air dari suatu badan air, baik itu di sungai, danau, lautan atau badan air lainnya. Pencemaran air terjadi karena adanya kegiatan atau kebiasaan manusia atau peristiwa alam, contoh dari peristiwa alam salah satunya adalah letusan gunung berapi yang melewati sungai bahkan hingga danau.
Adapun beberapa jenis pencemar air antara lain adalah adanya pembuangan limbah industri, sisa-sisa insektisida, pembuangan sampah rumah tangga hingga zat-zat kimia hasil dari sisa laboratorium ataupun rumah sakit.

3. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah merupakan pencemaran yang terjadi akibat adanya zat tertentu yang masuk dalam struktur lapisan tanah yang dapat mempengaruhi kualitas dari tanah tersebut sehingga kemungkinan terbesarnya adalah tanah tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.
Adapun faktor dari pencemaran tanah antara lain adalah adanya sampah-sampah yang tertimbun dalam tanah, zat kimia dalam pertanian yang digunakan secara berlebihan.

4. Pencemaran Suara

adalah keadaan dimana masuknya suara yang masuk terlalu banyak sehingga mengganggu kenyamanan lingkungan manusia. Polusi  suara atau pencemaran suara diakibatkan suara-suara bervolume tinggi yang membuat daerah sekitarnya menjadi bising dan tidak menyenangkan. Tingkat kebisingan terjadi bila intensitas bunyi melampui 70 desibel (dB). Misalnya suara keributan dipasar, kendaraan bermotor kereta api, pesawat terbanag dan petir.

5. Pencemaran Radioaktif
                adalah suatu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom. Yang paling berbahaya dari pencemaran radioaktif seperti nuklir adalah radiasi sinar alpha, beta dan gamma yang sangat membahayakan makhluk hidup di sekitarnya.
 

6. Pencemaran Termal
                adalah ketika suatu industri atau organisasi buatan manusia lainnya mengambil air dari sumber alami dan baik mendingin ke bawah atau memanas itu. Mereka kemudian mengeluarkan air yang kembali ke sumber daya alam, yang mengubah kadar oksigen dan dapat memiliki efek buruk pada ekosistem dan masyarakat setempat. Polusi Termal didefinisikan sebagai peningkatan mendadak atau penurunan suhu tubuh alami air yang mungkin laut, danau, sungai, atau kolam oleh pengaruh manusia.

7. Pencemaran Cahaya

Adalah suatu keadaan cahaya berlebihan, baik dari sumber-sumber alamiah maupun dari sumber-sumber buatan, yang menimbulkan rasa ketidak nyamanan. Dalam kondisi normal, polusi cahaya banyak ditimbulkan oleh sumber-sumber cahaya buatan, misalnya dari lampu penerangan jalan, lampu-lampu reklame, lampu dekorasi, lampu taman, lampu dari stadion olahraga, lampu penerangan luar, dan lain-lain, yang umumnya akibat penggunaan sistem peneranganyang tidak tepat.

Daftar Pustaka :
1. https://ilmugeografi.com/biogeografi/pencemaran-lingkungan-hidup
2. https://yunirustiani20.wordpress.com/2012/07/03/pencemaran-suara-3/
3. http://bonces88.blogspot.com/2013/11/pencemaran-radioaktif-nuklir.html
4. https://kliksma.com/2014/10/apa-itu-pencemaran-termal.html
5. http://kataloggeografi.blogspot.com/2015/03/polusi-cahaya-dan-dampaknya.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.