.

Sabtu, 11 Agustus 2018

KEGIATAN INDUSTRI DAN PENCEMARAN YANG DIHASILKANNYA


KEGIATAN INDUSTRI DAN PENCEMARAN YANG DIHASILKANNYA








ABSTRAK

Industri secara umum merupakan kelompok bisnis tertentu yang memiliki teknik dan metode yang sama dalam menghasilkan laba. Pembangunan sektor industri menjadi prioritas utama dalam rencana pembangunan negara-negara yang sedang berkembang. Hal ini disebabkan karena sektor industri dianggap sebagai leading sector. Namun seiring dengan berkembangnya sektor industri menimbulkan pula berbagai dampak salah satunya adalah pencemaran.
Memburukan kondisi lingkungan hidup dapat menjadi hambatan dalam menciptakan sebuah pembangunan ekonomi berkelanjutan sehingga diperlukan kepedulian semua pihak. Banyak industri-industri yang berkontribusi dalam menciptakan pencemaran di berbagai lingkungan hidup. Seperti misalnya industri logam dan pengolah bahan kimia cukup berkontribusi sebagai penyebab pencemaran lingkungan (Astuti dkk, 2013).


Latar belakang terjadinya pencemaran adalah apabila daur materi dalam lingkungan hidup mengalami perubahan sehingga keseimbangan dalam hal struktur maupun fungsinya terganggu.
Dampak dari kerusakan dan pencemaran lingkungan saat ini sudah sangat parah dan sangat mengganggu serta merugikan masyarakat. Contoh dampak dari pencemaran dan kerusakan alam yang terjadi saat ini adalah hujan asam, pemansan global, perubahan iklim dan pemanasan dimana fenomena fenomena tersebut saat ini sedang menjadi perhatian banyak pihak dalam upaya nya untuk mengatasi hal tersebut. Selain fenomena tersebut, dampak yang juga nyata sering dirasan oleh masyarakat adalah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di berbagai daerah. Oleh sebab banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi maka harus diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi agar pembangungan negara juga dapat dilakukan untuk memperbaiki kembali lingkungan yang telah rusak.
Kegiatan industri dapat memberikan dampak yang bersifat positif dan juga negatif. Dampak positif nya antara lain menambah penghasilan bagi masyarakat, perindustrian dapat memperluas lapangan kerja bagi masyarakat dan dapat merangsang masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan tentang perindustrian. Sedangkan dampak negatif dari kegiatan industri adalah limbahnya menimbulkan kerusakan dan/atau pencemaran lingkungan.



Daftar Pustaka
http://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/1716 (diakses tanggal  11 Agustus 2018)


Astuti, Tri, Tadjuddin Parenta, Hamid Paddu. Peranan Kegiatan Industri Pengolahan terhadap Pencemaran Lingkungan di Sulawesi Selatan. 2013
                (http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/c6402e9999ee107a1df6ce4de108442b.pdf) diakses tanggal 11 Agustsu 2018

Ariyanto, Dwi Priyo. Hery Widijanto. Dampak Air Limbah Industri Josroyo, Karanganyar terhadap Kadar Tembaga (Cu) dalam Air dan Permukaan Tanah Saluran Air Pungkuk. 2008

http://e-journal.uajy.ac.id/9204/1/JURNALHK10628.pdf (diakses tanggal 11 Agustus 2018)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar