.

Sabtu, 17 Februari 2018

Peranan Teknologi Solar Cell

Oleh : Yehezkiel Theo Parlindungan M, (@F19-Yehezkiel)





ABSTRAK

Industry hijau sudah menjadi istilah yang diterapkan oleh berbagai Negara di dunia, sebagai tanggapan terhadap makin langkanya sumberdaya alam, perubahan iklim, polusi udara, pemanasan global, dan sebagainya, yang makin mengarahkan pertumbuhan ekonomi yang harus bergantung pada proses produksi yang bersih dan efisien.

Kata Kunci : Teknologi Hijau, Industri Hijau, Solar Cell

ISI

            Menurut Hidayat (2017), Industry hijau sudah menjadi istilah yang diterapkan oleh berbagai Negara di dunia, sebagai tanggapan terhadap makin langkanya sumberdaya alam, perubahan iklim, polusi udara, pemanasan global, dan sebagainya, yang makin mengarahkan pertumbuhan ekonomi yang harus bergantung pada proses produksi yang bersih dan efisien. Dalam hal ini industry hijau merupakan solusi kreatif bagi setiap pemerintahan di Negara manapun untuk menumbuh kembangkan industry yang hemat sumber daya alam, sebagaimana dikemukakan oleh Gray dan Talberth (2011) dalam Hidayat (2017).

Efisiensi energy, yaitu dengan pengurangan konsumsi per unit energy melalui peningkatan efisiensi, salah satunya yaitu energy terbarukan, yaitu pembangkit listrik atau panas dengan menggunakan seumber energy dari matahari, angina, biomassa, panas bumi atau sumber daya hidro.

Menurut Heri (2012), pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif pembangkit energi listrik merupakan terobosan yang sangat luar biasa selain karena matahari adalah sumber energi yang sangat besar, pemanfaatan energi matahari tidak memberi dampak negatif terhadap lingkungan.

Menurut Hananto (2012), dalam upaya pencarian sumber energi alternatif baru sebaiknya memenuhi syarat yaitu menghasilkan jumlah energi yang cukup besar, biaya ekonomis dan tidak berdampak negatif terhadap lingkungan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, pencarian tersebut diarahkan pada pemanfaatan energi matahari. Untuk dapat memanfaatkan energi radiasi matahari dalam menghasilkan energi listrik, digunakan suatu perangkat yang dapat mengumpulkan energi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Alat ini dinamakan solar cell berupa alat semikonduktor penghantar aliran listrik yang dapat menyerap energi panas matahari untuk menyuplai energi listrik. Pengelolaan sumber daya energi secara tepat kiranya akan dapat memberi kesejahteraan bagi masyarakat umum.

Menurut Heri (2012), karena letak Indonesia berada pada daerah katulistiwa maka Indonesia memiliki tingkat radiasi sangat tinggi sehingga pemanfaatan teknologi solar cell sangat cocok dimanfaatkan di Indonesia.

Menurut Heri (2012), sel surya atau fotovoltaik dapat berupa alat semikonduktor penghantar aliran listrik yang dapat secara langsung mengubah energi surya menjadi bentuk tenaga listrik secara efisien. 
Efek fotovoltaik ini ditemukan oleh Becquerel pada tahun 1839, dimana Becquerel mendeteksi adanya tegangan foto ketika sinar matahari mengenai elektroda pada larutan elektrolit. Alat ini digunakan secara individual sebagai alat pendeteksi cahaya pada kamera maupun digabung seri maupun paralel untuk memperoleh suatu harga tegangan listrik yang dikehendaki sebagai pusat penghasil tenaga listrik.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil, 2017, Kimia Industri dan Teknologi Hijau, Pantona Media Jakarta.

Heri, Junial, 2012, Pengujian Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Solar Cell Kapasitas 50WP, Engineering, Vol 4, No 1, Universitas Pancasakti Tegal, Tegal. Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=116861&val=5335&title=PENGUJIAN%20SISTEM%20PEMBANGKIT%20LISTRIK%20TENAGA%20SURYA%20%20SOLAR%20CELL%20KAPASITAS%2050WP


Hananto, Farid Samsu dan Faslucky Afifudin, 2012, Optimalisasi Tegangan Keluaran Dari Sollar Cell Menggunakan Lensa Pemfokus Cahaya Matahari, Jurnal Neutrino, Vol 4, No 2, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=116232&val=5269&title=OPTIMALISASI%20TEGANGAN%20KELUARAN%20DARI%20SOLAR%20CELL%20MENGGUNAKAN%20LENSA%20PEMFOKUS%20CAHAYA%20MATAHARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.