.

Selasa, 08 Oktober 2019

Materi 6 : Kimia Lingkungan (Bagian 1)

Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.  Dampak tersebut dapat dirasakan pada skala lokal, melalui kehadiran polutan udara di kawasan  perkotaan atau toksik yang timbul dari  limbah kimia yang dibuang kawasan industri, sedangkan  pada skala global, terjadinya  penipisan ozon di lapisan  stratosfir atau pemanasan global.


Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

20 komentar:

  1. -Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang di pengaruhi oleh aktivitas manusia.
    -fokus kimia lingkungan ialah meningkatkan pemahaman dan penelitian mengenai berbagai sifat dan proses kimia,sehingga kegiatan manusia yang berkaitan dengan lingkungan dapat dievaluasi secara akurat.
    -dampak yang di rasakan pada skala lokal,melalui polutan udara di kawasan perkotaan atau toksik yang timbul dari limbah kimia yang di buang kawasan industri.

    BalasHapus
  2. Dymas Nurbayu Yulianto (@N02-DYMAS)

    Kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh, dan akhir zat kimia dalam tanah, air, dan udara di sekitar kita. Definisi lainnya menyebutkan bahwa kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek, dan "nasib" zat kimia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat, dan lingkungan biologis, serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia (manahan, 2009.)

    BalasHapus
  3. (@N06-FIKRI)

    Kimia lingkungan merupakan bagian dari keilmuan kimia, biologi, geologi, mineralogi, ekologi, hidrologi, toksikologi, dan matematika. Kimia lingkungan membahas mengenai sumber, pengaruh, reaksi dari zat kimia dalam tanah, air, dan udara.
    Para ahli kimia memonotor dan mempelajari tentang bahan kimia tertentu yang mengkontaminasi lingkungan yang berkaitan dengan kondisi udara, air, dan tanah.

    BalasHapus
  4. Adetha Muhammad Dzulfaqar (@N11-Adetha)

    Setelah saya membaca tentang pencemaran lingkungan bahwa kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan dan kesehatan populasi manusia, di mana pencemaran lingkungan menjadi persoalan di seluruh negara, karena pengaruhnya secara nyata dapat menurunkan kualitas manusia. Tetapi sebenarnya pencemaran lingkungan merupakan perpaduan antara perilaku manusia dan aktivitas alam, maka dari itu perlu kesadaran dan tanggung jawab untuk mengendalikannya.

    BalasHapus
  5. Oky Maulana (@N07-Oky)

    Kimia lingkungan merupakan studi tentang gejala kimia di lingkungan yang dipengaruhi oleh kegiatan manusia. Beberapa kajian kimia lingkungan yaitu studi tentang atmosfer, kimia air, fotkimia dll. Saat ini kimia lingkungan diprioritaskan untuk mengendalikan polusi udara dan air, serta membersihkan limbah berbahaya.yang saat ini telah dikembangkan sistem zero discharge yaitu mengembangkan aktivitas dengan tingkat polutan seminimal mungkin atau bahkan tanpa polutan.

    BalasHapus
  6. Caesar Antonius (N05-Caesar)

    Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang memiliki tingkat kebersihan yang baik dan tidak terjadi pencemaran. Sedangkan lingkungan yang tidak sehat merupakan lingkungan yang memiliki tingkat kebersihan yang buruk atau pun bisa dikatakan lingkungannya kotor. Kondisi yang diakibatkan oleh lingkungan yang tercemar adalah panas dan seringkali timbul bau yang tidak sedap.

    Jika dilihat berdasarkan lingkungan yang terkontaminasi suatu pencemaran, maka pencemaran lingkungan sendiri dapat dikategorikan menjadi tiga bagian dalam ruang lingkup yang luas, seperti contonya pencemaran yang terjadi di air, pencemaran yang terjadi di udara, dan juga pencemaran yang terjadi di tanah.

    BalasHapus
  7. Muhammad Arifin ( N14-Arifin )
    Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak di inginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh untuk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. Pencemaran atau polusi meliputi beberapa kategori, yaitu kimia organik, kimia anorganik, kimia organometik, asam, fisik, radioaktif dan biologi

    BalasHapus
  8. Sahlevi Ariputra (@N09-SAHLEVI)

    Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Pencemaran lingkungan (Environmental Pollution) merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan, dan manusia. Berdasarkan catatan TWB (2015) yang mengutip data dari aliansi Global kesehatan dan polusi, pada tahun 2012, diperkirakan 9 juta orang meninggal sebagai akibat dari pencemaran udara, air, dan tanah.

    BalasHapus
  9. Wildan Bagus Purnomo (@N13-Wildan)
    Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalma lingkungan baik keadaan struktur maupun fungsi sehingga dapat mengganggu kesejahteraan/kelangsungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan disebabkan oleh ulah manusia dan sebagai akibatnya juga akan dirasakan oleh manusia, baik secara langsung maupun tak langsung.

    BalasHapus
  10. May Rose Indah Pratiwi Tedjo (@N21-MAY)

    pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Peristiwa pencemaran lingkungan disebut polusi. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaan nya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup.

    BalasHapus
  11. Wida Ayu A (@N17-WIDA)

    Menurut saya, pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lngkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfingsi lagi sesuai dengan peruntukannya (UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982). Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (misal gunung meletus, gas beracun). Ilmu lingkungan biasanya membahas pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia, yang dapat dicegah dan dikendalikan. Karena kegiatan manusia, pencemaran lingkungan pasti terjadi. Yang dapat dikendalikan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, yaitu mengendalikan pencemaran, mengurangi pencemaran, dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya, agar tidak mencemari lingkungan.

    BalasHapus
  12. Adrian rahadi (N16-ADRIAN)

    pencemaran air merupakan suatu masalah terbesar di negeri ini. apalagi tentang limbah industri yg mencemari lingkungan. penyebabnya adalah pelaku industri tidak mengolah terlebih dahulu limbah yg akan dibuang ke saluran air, menyebabkan air menjadi tercemar lalu juga dampak yg ditimbulkan adalah wabah penyakit yg meningkat, dan berkurangnya sumber air mata bersih.

    BalasHapus
  13. Shabilla Maharani Wiyana (@N18-SHABILLA)

    Kimia lingkungan dalam perkembangan teknologi dan industri dapat berdampak positif atau negatif bagi
    kehidupan manusia. Dampak positif (menguntungkan), yaitu dampak yang diharapkan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kenyamanan hidup. Dampak negatif (merugikan), yaitu dampak yang dapat menurunkan kualitas/kenyamanan hidup. Dampak ini tidak diharapkan karena menimbulkan masalah yang harus diatasi, yaitu masalah kerusakan atau pencemaran lingkungan.

    BalasHapus
  14. (@N03-YOGA)
    Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan,yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan,hewan dan manusia. Maka dari itu kita harus meminimalisir pencemaran karena pencemaran itu berdampak pada rantai kehidupan dan akan berdampak kembali pada kehidupan kita

    BalasHapus
  15. Ardy Triananda (@N08-ardy)

    Pencemaran lingkungan terutama disebabkan karena ulah manusia dan sebagai akibatnya juga akan dirasakan oleh manusia, baik secara langsung maupun tak langsung. Pencemaran dan ambang batas, pencemaran suara air, udara, dan tanah, konsep sampah dan limbah air.

    BalasHapus
  16. Alfina Septiyadevi (@N12-Alfina)

    Kimia lingkungan mencakup tentang gejala kimia di lingkungan sekitar. Polutan saat ini menjadi musuh utama bagi kualitas udara. Pemerintah dan studi ilmu berlomba-lomba mencari cara untuk mengolah polutan terlebih dahulu sebelum dilepas ke lingkungan untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Pengembangan terhadap konsep zero discharge of wastes harus ditindaklanjuti secara serius dan berkala agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih.

    BalasHapus
  17. ROMA WIBERO (@N04-ROMA)

    Sifat jumlah dan kuantitas bahan kimia yang digunakan diberbagai negara sangat bervariasi bergantung pada faktor-faktor seperti kondisi ekonomi negara serta industri.pencemaran zat asing pertikulat-partikulat logam yang membayakan keseahatan pb(timbal)
    Cd(kadium)
    Hg(raksa)
    Meningkatkan konsentrasi udara komponen udara karbonmonomsida(CO)
    Oksida belerang(SO 2)
    Oksida nitrogen
    Di karenakan udara tidak pernah ditemukan dalam keadaan bersih dikarnekan semua ulah atau kegiatan industri/aktivitas.

    BalasHapus
  18. MUHAMMAD FATHAN FADILAH (@N10-FATHAN)

    Subtansi yang menyebabkan pencemaran lingkungan dikenal sebagai polutan, dapat berbentuk padat, cair, dan gas. Sebagian polutan diproduksi sebagai efek samping dari aktivitas manusia.

    BalasHapus
  19. Ni Wayan Andini Pitaloka
    (@N20-WAYAN)

    Kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek, dan "nasib" zat kimia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat, dan lingkungan biologis , serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia (Manahan, 2009).
    Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang berpengaruh buruh terhadap kondisi hewan, tumbuhan, dan manusia, karena kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan dan kesehatan populasi manusia

    BalasHapus
  20. Satria aji surya (N15-SATRIA)

    Kimia Lingkungan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia, karena kehidupan manusia selalu bertemu dengan kimia, dan kimia lingkungan selalu dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh, dan akhir zat kimia dalam tanah, air, dan udara di sekitar kita. Dapat juga dikatakan, bahwa kimia lingkungan ialah studi tentang gejala kimia di lingkungan kita. Kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek, dan nasib zat kimia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat, dan lingkungan biologis, serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.