.

Selasa, 08 Oktober 2019

Materi 6 : Kimia Lingkungan (Bagian 1) Kelas P

Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.  Dampak tersebut dapat dirasakan pada skala lokal, melalui kehadiran polutan udara di kawasan  perkotaan atau toksik yang timbul dari  limbah kimia yang dibuang kawasan industri, sedangkan  pada skala global, terjadinya  penipisan ozon di lapisan  stratosfir atau pemanasan global.



Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

15 komentar:

  1. Auliyah pertiwi (@P02-AULIYAH) kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek, dan "nasib" zat kimia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat, dan lingkungan biologis, serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia.

    BalasHapus
  2. Rahmat yasin @P19

    pencemaran radioaktif
    pencemaran radio aktif menimbulkan dampak yang berbahaya, disebabkan oleh terjadinya kerusakan instalasi nuklir, pembuangan limbah nuklir yang tidak tepat.

    BalasHapus
  3. Widy Hartono (@p21-widy)
    Menurut analisa saya mengenai pencemaran lingkungan yaitu pencemaran yang merugikan makhluk hidup dsekitarnya. Seperti pencemaran air, spesies hewan dan tumbuhan sekitar 60% terdapat dipermukaan air. Limbah industri yang dibuang ke sungai atau perairan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan menimbulkan kontaminasi bagi organisme di dalamnya.seperti deterjen yang masuk ke sistem perairan dampak sampingnya yaitu penyinaran matahari kepermukaan air menjadi terhambat dan menyebabkan kurangnya kadar oksigen.

    BalasHapus
  4. Rosa Amaria Putri (@P09-Rosa)
    Menurut analisa saya,polusi kadang tidak tampang atau diam, tetapi sering sangat mematikan.Bagaimanaoun polusi merupakan tantangan yang harus dipecahkan dalam waktu dekat, terutama untuk menyelamatkan banyak nyawa manusia,polutan yang sulit terdegradasi dapat berdampak buruk bagi alam dan dapat menurunkan ekonomi yang ada di masyarakat.

    BalasHapus
  5. Hana Muyesca (@P10-HANA)
    Pencemaran lingkungan berdampak buruk bagi lingkungan terutama terhadap kondisi tumbuhan, hewan, dan manusia. Ada beberapa pencemaran lingkungan, yaitu pencemaran air, udara, tanah, suara, radioaktif, termal, dan cahaya. Dampak yang ditimbulkan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia, pemanasan global, penipisan lapisan ozon, serta kesuburan tanah berkurang, sehingga perlu ada nya pencegahan dini

    BalasHapus
  6. Rachmatika A.A, @P18-ANANTIA

    Menurut analisa saya yang berdasarkan catatan CFC, polusi terjadi ketika polutan mencemari lingkungan, dalam hal ini membawa perubahan yang memperburuk gaya dan kualitas hidup manusia. Polusi sering kali tidak tampak atau diam, tetapi sering sangat mematikan. Bagaimanapun polusi merupakan tantangan yang harus dipecahkan dalam waktu dekat, terutama untuk menyelamatkan banyak nyawa manusia, dan membuka peluang ekonomi melalui tindakan baik ditingkat lokal, nasional, regional maupun global.

    BalasHapus
  7. ALvalro Brilliant cahya ( P08-AL VARLO )
    PEMBUANGAN limbah yang tidak tepat dapat mencemarkan berbagai bahaya yang bisa mengancam kesehatan dan kehidupan bagi semual makhluk hidup

    BalasHapus
  8. Rusdi Munir (@p15-Rusdi)
    Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang di pengaruhi oleh aktivitas manusia.
    *Pencemaran lingkungan pencemaran yg banyak mengakibatkan dampak negatif bagi kehidupan manusia

    BalasHapus
  9. Sunu dwi prambudi (@P11-SUNU)
    Menurut analisa saya, kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejateraan dan kesehatan populasi manusia. Hal itu sangat jelas dimana pencemaran lingkungan menjadi persoalan diseluruh negara, karena pengaruhnya secara nyata dapat menurunkan kualitas kesehatan manusia.

    BalasHapus
  10. TioRizky (@P07-TIO)
    Kimia lingkuangan adlah ilmu yg mempelajarai proses tntang kima dlama lingkungan sekitar kita, kimia lingkungan sangat berperan penting dalam sistem lingkungan karena mempengaruhi ekosistem pada lingkuang untuk itu kita harus menjaga lingkungan jangan sampai kita merusak lingkungan karna akan berdampak buruk bagi masyarakat jika lingkungan rusak/tercemar

    BalasHapus
  11. Arolvo artya a(p12-arolvo)
    Sebenarnya istilah pencemaran penggunaannya sangat beragam.selain adanya pencemaran air,udara dan tanah juga terdapat jenis pencemaran pertanian,pencemaran industri,pencemaran transportasi,sektor domestik dan komersil,pencemaran radioaktif,pencemaran kimia,pencemaran cahaya,pencemaran suara dan pencemaran visual.

    BalasHapus
  12. Bagas Fadhlullah Kamal (@P25-BAGAS)

    Menurut analisa Saya, masalah polusi sudah menjadi tantangan global, dampaknya sangat dirahasiakan oleh penduduk di negara berkembang. Bahwa solusi untuk mengatasi pencemaran udara tidak bisa ditawar-tawar lagi, jika tidak maka akan menyesal kemudian.

    BalasHapus
  13. Andi Muhamad Iskandar (@P16-Andi)

    Setelah saya melakukan analisa, saya menemukan kesimpulan bahwa pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh terhadap kondisi tumbuhan, hewan, dan maanusia. Jenis-jenis pencemaran lingkungan antara lain: pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan lain-lain

    BalasHapus
  14. Gayatri Wahyu Andini (@P13-GAYATRI)
    Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi semua mahluk hidup. Pencemaran lingkungan dapat berbentuk padat, cair, dan gas. Yang sudah lasti pencemaran lingkunga memberikan pengaruh buruk kepada kesehatan, kelangsungan hidup jadi terganggu dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
  15. kimia lingkungan meupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia. dampak tesebut dapat dirasakan secara nyata melalui berbagai pencemaran lingkungan seperti pencemaran udara, limbah pabrik, pencemaran suara dan sebagainya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.