.

Rabu, 07 September 2016

Kimia Yang Terdapat Dalam Parfum


Parfum adalah hasil pencampuran berbagai macam fragrance (bahan pewangi) yang bersifat mudah menguap dengan bau tertentu. Bahan kimia pewangi sering ditambahkan pada berbagai produk seperti sabun, deterjen, sampo, pembersih kaca, cairan pencuci piring, dan cairan pelembut pakaian, serta dijual dalam bentuk pengharum badan maupun ruangan.

Perusahaan umumnya tidak mau menuliskan bahan kimia yang digunakan sebagai bahan pewangi. Orang sering memberi istilah “rahasia perusahaan”. Bahan kimia yang biasanya tidak tunggal tetapi campuran dari beberapa bahan pewangi.

Contoh Spesifikasi Bau Parfum dan Zat Kimia

No
Spesifikasi Bau
Nama Zat Kimia
1
floral, jasmine.
Amil salisilat
2
Herbaceous
Amilsinamat aldehida
3
rocy, citrus
Sitronelol
4
musk, sweet
Galaksolida
5
Rose
Geraniol
Parfum juga dijual dalam bentuk pengharum badan dan pengharum ruangan. Komposisi zat-zat di dalam parfum pada umumnya adalah etil alkohol (50-90%), akuades/ air suling (5-20%), dan fragrance (10-30%). Etil alkohol dalam komposisi ini berfungsi sebagai pelarut.

JENIS-JENIS PEWANGI Parfum
Ada berbagai jenis pewangi. Ada yang padat (biasanya pewangi yang diperuntukkan untuk toilet dan lemari), ada yang cair, gel dan ada juga yang semprot. Sementara penggunaannya, ada yang digantungkan, ada yang diletakkan begitu saja, atau ditempatkan di bibir AC maupun kipas angin.
Ada 2 jenis zat pewangi, yakni yang berbahan dasar air dan berbahan dasar minyak. Pewangi berbahan dasar air umumnya memiliki kestabilan aroma (wangi) relatif singkat (sekitar 3-5 jam). Itulah mengapa pewangi berbahan dasar air relatif lebih aman bagi kesehatan dibandingkan pewangi berbahan dasar minyak.
Pewangi berbahan dasar minyak lebih tahan lama sehingga harga jualnya bisa lebih mahal. Pewangi jenis ini biasanya menggunakan beberapa bahan pelarut/ cairan pembawa, di antaranya isoparafin, diethyl phtalate atau campurannya.Sementara jenis pewangi yang disemprotkan umumnya mengandung isobutane, riburane, propanc atau campurannya. Untuk bentuk gci disertai kandungan bahan gum. Adapun zat aktif aroma bentuk ini umumnya berupa campuran zat pewangi, seperti limo-ncne, benzyl acetate, linalool, citronellol, ocimcnc, dan sebagainya.
Bahan pewangi umumnya terdiri atas tiga bentuk, yaitu:
a. Pewangi padat, misalnya seperti bedak.
b. Pewangi cair, misalnya seperti deodoran.
c. Pewangi aerosol cair, misalnya seperti parfum. Pewangi berbentuk aerosol cair menggunakan senyawa kimia pendorong (propelan) agar dihasilkan aerosol, yaitu kloroflurokarbon (CFC).
Aroma harum pada bahan pewangi dapat diperoleh dari bahan alami, seperti:
a. Fenil alcohol = terdapat pada bunga mawar
b. Sitrat = buahjeruk
c. Ambergis = dari ekstrak usus ikan paus
d. Gray amber = dari sperma ikan hiu
e. Castorium =dari kelenjar kaki rusa betina yang ada diAmerika Utara
dan Siberia
f. C/Vet = dari kelenjar musang Ethiopia
Ada pewangi alami bisa di dapat dari bunga atau buah-buahan sepert
Dampak Negatif Penggunaan Parfum
Jangan lupa bahwa penggunaan parfum juga memiliki efek negatif. Di dalam parfum, selain etil alkohol sebagai pelarut sering ditambahkan zat-zat seperti: aseton, benzaldehida, benzil asetat, benzil alkohol, etil asetat, dll. Zat-zat ini memiliki efek negatif bagi kesehatan antara lain : 
§  Aseton dapat menyebabkan kekeringan mulut dan tenggorokan, kerusakan pita suara, mengantuk, dan depresi.
§  Benzaldehida memiliki efek narkotik dan iritasi pada kulit, mata, mulut, dan tenggorokan. 
§  Benzil asetat bersifat karsinogenik, cairannya dapat meresap ke dalam sistem tubuh melalui kulit, dan uapnya dapat mengiritasi mata.
§  Benzil alkohol menyebabkan iritasi saluran pernapasan bagian atas dan penurunan tekanan darah. 
§  Etil asetat bersifat seperti narkotik, merusak hati, dan menyebabkan anemia.

DISUSUN OLEH: Fakhrizal Tri Kurniyanto

Sumber: http://doktersehat.com/bahaya-bahan-kimia-yang-terdapat-didalam-parfum/ http://rangkuman-ipa.blogspot.co.id/2014/11/kandungan-kimia-pada-pewangi-atau-parfum.html https://riaasstuti216.wordpress.com/2014/09/01/zat-kimia-pewangi/  https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0ahUKEwjMnJaUyv3OAhULo48KHQbUALwQFgg2MAQ&url=http%3A%2F%2Fbangkusekolah.com%2F2016%2F04%2F21%2Fzat-kimia-yang-dapat-dijadikan-parfum%2F&usg=AFQjCNGQrvTIlTt4ESXNHVUaBOI-f3YhcQ&sig2=NmJK0nuo2X6DU-9H0jOviw 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.