.

Rabu, 12 September 2018

Oleh : Tri Muzdalifah (@J16-Tri. @proyekJ01)
Abstrak
Pertanian Ramah Lingkungan merupakan usaha pertanian yang bertujuan untuk memperoleh produksi optimal tanpa merusak lingkungan, baik secara fisik, kimia, biologi, maupun ekologi. Salah satu kunci terciptanya pertanian sehat adalah tersedianya tanah yang sehat, sehingga akan menghasilkan pangan yang sehat yang pada gilirannya akan menghasilkan manusia yang sehat pula. 

Kata Kunci : Pertanian, Lingkungan Sehat, Kimia Organik

Pertanian Ramah Lingkungan
            Seiring dengan berjalannya dengan waktu, kini banyak manusia menginginkan gaya hidup sehat agar dapat berumur panjang. Selain berolahraga secara teratur, makanan yang sehat juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk mendukung dan mewujudkan hidup sehat. Makanan sehat tentu dihasilkan dari pertanian yang baik pula. Tentu saja pertanian baik harus juga ramah lingkungan. Lalu seperti apa si Pertanian Ramah Lingkungan itu?
Pertanian Ramah Lingkungan merupakan usaha pertanian yang bertujuan untuk memperoleh produksi optimal tanpa merusak lingkungan, baik secara fisik, kimia, biologi, maupun ekologi. Salah satu kunci terciptanya pertanian sehat adalah tersedianya tanah yang sehat, sehingga akan menghasilkan pangan yang sehat yang pada gilirannya akan menghasilkan manusia yang sehat pula. Sementara tanah yang sehat adalah tanah subur yang produktif, yaitu yang mampu menyangga bagi pertumbuhan tanaman dan bebas dari berbagai pencemar. Untuk itu keberadaan bahan organik penting untuk penyediaan hara dan untuk mempertahankan struktur tanah. Salah satu upaya dalam memelihara kesuburan tanah yaitu dengan penggunaan pupuk organik, yang mempunyai kelebihan tidak hanya meningkatkan kesuburan kimia tanah, namun juga kesuburan fisik (struktur labih baik) dan biologi tanah serta mengandung senyawa pengatur tumbuh. Atau dengan kata lain penggunaan pupuk organik tidak sekedar mampu memperbaiki kesuburan saja, namun akan menyehatkan tanah, sehingga akan menjamin terhadap kesehatan tanaman dan hasilnya, serta akan menyehatkan manusia yang mengkomsumsinya.
Dalam praktek penerapan sistem pertanian organik sekarang ini, masalah utama yang sering timbul di lapangan adalah sumber bahan organik yang dapat digunakan. Untuk itu kita harus mencari sumber bahan organik potensial setempat, yang tersedia dan mempunyai hara tinggi. Misalnya dari: sisa dan kotoran hewan (pupuk kandang), sisa tanaman, pupuk hijau, sampah kota, limbah industri, dan kompos.
Menurut Sumarno, ciri-ciri Pertanian Ramah Lingkungan:
1.      terpeliharanya keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekologis biota pada permukaan dan lapisan olah tanah
2.      terpeliharanya kualitas sumber daya pertanian dari segi fisik, hidrologis, kimiawi, dan biologi mikrobial
3.       bebas cemaran residu kimia, limbah organik, dan anorganik yang berbahaya atau mengganggu proses hidup tanaman
Adapun kelebihan dari Pertanian Ramah Lingkungan sebagai berikut          :
1.      maka keseimbangan tanah dapat terjaga karena tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia
2.      Dengan menghindari pemakaian pestisida secara berlebihan akan dapat mengurangi resiko keracunan zat tersebut sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi makanan yang sehat
3.      Tanpa penggunaan pupuk dan pestisida dapat menghemat biaya operasional. Selain itu pengolahan tanah secara organik, misalnya pengolahan tanah secara minimum juga dapat mengurangi biaya operasional.
Adapun kekurangan dari Pertanian Ramah Lingkungan sebagai berikut       :
1.      Membutuhkan pengelolaan lahan yang cukup rumit
2.      Diawal penerapan sistem pertanian organik seringkali dijumpai banyak permasalahan yang membuat petani putus asa
3.      Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, karena harus melalui tahap konversi terlebih dahulu.

Daftar Pustaka                                                     
http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/ippan/article/view/2649

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @J04-Farah

    Terima kasih, artikel Anda sangat bermanfaat dan mempunyai sumber yang terpercaya, mind map pun juga terlihat menarik. Alangkah baiknya berilah judul pada artikel Anda supaya memudahkan pembaca dan gunakan kaidah daftar pustaka yang lebih benar.

    Poin: 78

    BalasHapus
  3. @J06-Razan
    Materi yang disampaikan bagus namun tidak dilengkapi siapa yang menulis di materi diatas. Lebih dirapihkan kembali tata letaknya. Poin : 78

    BalasHapus
  4. @J15-Shasa Artikelnya cukup bagus. Informasi yang diberikan juga cukup lengkap serta mind map nya mudah dipahami dan kreatif. Untuk saran dari saya mungkin tulisannya bisa lebih dirapikan karna banyak space yg tidak diperlukan. 78

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.