.

Rabu, 12 September 2018

Dampak Negatif Industri Kimia Bagi Kesuburan Tanah di Lingkungan Pabrik



   Oleh : @K21-Rohit, @ProyekK01



  Indonesia merupakan negara yang berlimpah akan alamnya. Salah satu kekayaan tersebut adalah tanah yang sangat subur dikarenakan Indonesia berada di kawasan yang masih terdapat banyak gunung berapi dan hutan yang sangat lebat dan kaya akan rempah-rempah, dimana gunung-gunung tersebut mampu mengembalikan permukaan tanah sehingga muda kembali dan kaya akan unsur hara. Namun seiringnya perkembangan banyak teknologi dan pabrik industry yang terbentuk kawasan industri yang meraup luas area dan limbah dari industri yang ada, pastinya akan menimbulkan banyak dampak negatif bagi sekitar lingkungan yang berada di daerah industry.


  Pembangunan kawasan industri di daerah-daerah pertanian dan pemukiman menyebabkan berkurangnya luas areal pertanian, pencemaran tanah dan badan air yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil/produk pertanian, terganggunya kenyamanan dan kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. Dampak negatif yang menimpa lahan pertanian dan lingkungannya perlu mendapatkan perhatian yang serius, karena kegiatan industri yang mencemari area linkungan sekitar tersebut mengandung sejumlah unsur-unsur kimia berbahaya yang bisa mencemari badan air dan merusak tanah dan tanaman serta berakibat tidak baik bagi kesehatan makhluk hidup.


Penyebab pencemaran atau polusi ada dua sumber utama yaitu Polutan Alami dan Polutan dari kegiatan manusia (antropogenik) berikut penjelasannya :

  • Polutan Alami
Proses alami dapat menyebabkan akumulasi bahan kimia beracun di dalam tanah, jenis kontaminasi ini hanya tercatat dalam beberapa kasus, seperti akumulasi tingkat perklorat yang lebih tinggi di tanah gurun Atacama di cile.

  • Polutan Antropogenik
Kontaminan buatan manusia adalah penyebab utama polusi tanah yang banyak dan sering terjadi. Ia terdiri dari berbagai macam  kontaminan atau bahan kimia, baik organic maupun anorganik adanya kebocoran dan kerusakan pada pabrik yang berakibat pencemaran terhadap tanah. Mereka bisa mencemari tanah baik sendiri atau dikombinasikan dengan beberapa kontaminan tanah alami. Polusi tanah akibat manusia biasanya disebabkan oleh pembuangan limbah, pestisida, dan kegiatan industry lainnya.


  •        Remediasi
Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Ada dua jenis remediasi tanah, yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site). Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah, terdiri dari pembersihan, venting (injeksi), dan bioremediasi.
Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman. Setelah itu di daerah aman, tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. Caranya yaitu, tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap, kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. Pembersihan off-site ini jauh lebih mahal dan rumit.
  •         Bioremediasi
Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur, bakteri). Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air). Menurut Dr. Anton Muhibuddin, salah satu mikroorganisme yang berfungsi sebagai bioremediasi adalah jamur vesikular arbuskular mikoriza (vam). Jamur vam dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam remediasi tanah. Berperan langsung, karena kemampuannya menyerap unsur logam dari dalam tanah dan berperan tidak langsung karena menstimulir pertumbuhan mikroorganisme bioremediasi lain seperti bakteri tertentu, jamur dan sebagainya.

       Kegiatan industry harus sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku dan dapat menanggulangi apabila terjadi pencemaran atas limbah hasil produksinya dan pemerintah harus memperhatikan semua kegiatan industry agar dapat menjaga lingkungan sekitar. Mari kita jaga tanah air ini dimana kita di lahirkan, mungkin sulit tapi kita mulai dari hal terkecil yang dapat mengurangi segala aspek pencemaran. Semoga dampak yang sudah terjadi menjadi motivasi kita, agar sadar betapa berharganya lingkungan yang bersih dan indah. 

     DAFTAR PUSTAKA




13 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @K02-Erlangga

    Judul sangat menarik, karena sangat membantu pembaca untuk lebih tertarik terhadap keselamatan lingkungan
    Isinya sudah cukup baik dan lengkap untuk memberikan informasi terhadap orang lain yang ingin mengetahui dampak negatif yang diakibatkan pabrik terhadap lingkungan
    Namun penulisannya kurang baik karena belom menggunakan kutipan dari narasumber yang daoat di pertanggung jawabkan , dan daftar pustakanya kurang tepat
    Nilai : 76

    BalasHapus
  3. @K23-nofiyanto

    Masih kurang penulisan, seperti Abstrak, kata kunci, dan daftar pustaka masih kurang penulisan

    Nilai : 78

    BalasHapus
  4. @K15-Rivaldi

    Judul: Judul sangat menarik karena membahas tentang membahas dampak negatif bagi kesuburan tanah

    Tata tulis: Cukup rapih

    Konten: copas dan ditambah kata-kata sendiri

    Mind map: cukup rapih dan warnanya kontras

    75

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas kritikan dan masukannya Dulur!

    BalasHapus
  6. @K19-Luthfiah
    Judul menarik, tata tulis masih banyak font yg tidak sama, tidak ada kata kunci, mind map sudah menarik
    Nilai : 77

    BalasHapus
  7. @K03-Syaiful
    Daftar pustakanya kurang lengkap, judul menarik,mind map bagus dapat dimengerti, kontennya belum ada, tatacara penulisan rapih
    Nilai: 77

    BalasHapus
  8. kode peserta :@K12-Aris
    JUDUL:cukup menarik tapi judulnya kurng
    spesifik
    Tata-Tulis: cukup rapi. ada kesriusan sedikit
    KONTEN: kutip
    MIND MAP: kreatif
    NILAI: 79

    BalasHapus
  9. @K10-Dwi

    Judul terlalu panjang kurang menarik, belum ada abstrak dan kata kunci, daftar pustaka hanya berbentuk link, konten belum ada kutipan, mindmap lumayan menarik

    Nilai 76

    BalasHapus
  10. @K01-Irvin

    Judul : sudah menarik dan jelas dengan penjelasan yg akan di tuju
    Tata tulis : belom ada keterangan nya
    Konten : masih kurang kuitapan dan belum jelas sumbernya
    Mind map : mindmap sudah jelas tetapi kurang terlihat rapih

    BalasHapus
  11. @K01-Irvin

    Judul : sudah menarik dan jelas dengan penjelasan yg akan di tuju
    Tata tulis : belom ada keterangan nya
    Konten : masih kurang kuitapan dan belum jelas sumbernya
    Mind map : mindmap sudah jelas tetapi kurang terlihat rapih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.