.

Sabtu, 25 Februari 2017

Materi 13: Teknologi Hijau (Bagian Pertama)

Setelah istilah teknologi tepat guna memasyarakat dan diaplikasikan di berbagai bidang seperti transportasi, pertanian, usaha kecil, kedokteran dan pendidikan, maka kemudian muncul istilah Teknologi Hijau (green technology). Menurut catatan Semarno (2011), Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan atau produk yang prosesnya tidak mencemari lingkungan. Teknologi Hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan kehidupan manusia di Planet Bumi. Teknologi Hijau diprediksi akan banyak melahirkan kreatifitas dan inovasi yang menyebabkan perubahan lebih baik bagi peradaban manusia.

Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini... 

40 komentar:

  1. @B25-Lavenia
    Review : teknologi hijau adalah upaya pembangunan aplikasi produk yg mengarah ke pemeliharaan alam dan memininumkan dampak negatif terhadap lingkungan akibat aktivitas manusia
    Pertanyaan : apakah teknologi hijau sudah banyak diterapkan di indonesia? Perusahaan apa saja yg sudah menerapkannya?
    Kata kunci : green technology

    BalasHapus
  2. @B17-Yoga

    Review :
    Teknologi Hijau adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menciptakan barang atau jasa tanpa melupakan dampak dari proses tersebut terhadap lingkungan sekitar.

    Kata Kunci : Green Teknologi

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. @B07-Dwi

    Review:
    Jaman semaki berkembang, sejalan dengan itu kepekaan terhadap kondisi lingkungan dan alam juga semakin menurun, adanyateknologi hijau dapat setidaknya mengurangi efek dari tercemarnya lingkungan.

    kata kunci :
    perkembangan jaman

    BalasHapus
  5. @B02-Imam
    Catatan :kita tahu bahwasannya penggunaan bahan kimia yang berbahaya dpat mnimbulkan dampak negtif bagi lingkungan, ada nya teknologi hijau sebagai terobosan baru di dunia industri akan menjadikan bumi jauh lebih baik karna pada dasarnya teknologi hijau adalah teknologi yang berasal dari alam sehingga baik untuk lingkungan

    BalasHapus

  6. Imam Huda24 Februari 2017 20.00
    @B02-Imam
    Catatan :kita tahu bahwasannya penggunaan bahan kimia yang berbahaya dpat mnimbulkan dampak negtif bagi lingkungan, ada nya teknologi hijau sebagai terobosan baru di dunia industri akan menjadikan bumi jauh lebih baik karna pada dasarnya teknologi hijau adalah teknologi yang berasal dari alam sehingga baik untuk lingkungan
    Key word : teknologi hijau

    BalasHapus
  7. @B22-Oktomy

    Review :
    untuk menjaga lingkungan harus mempunyai terobosan yg baik dalam bidang tekhnologi agar eksploitasi terhadap bumi terjaga..

    Key word : Technologi Hijau

    BalasHapus
  8. @C02-Novita

    Review: Teknologi hijau muncul setelah teknologi tepat guna memasyarakat dan di aplikasikan diberbagai bidang. Teknologi hijau sendiri diaplikasikan untuk menghasilkan energi & produk dengan proses yang ramah lingkungan.

    Kata kunci: Teknologi hijau

    BalasHapus
  9. @C16-Nando

    Reciew: Teknologi ramah lingkungan merupakan teknologi yang memproteksi lingkungan, mengurangi daya polutan, menggunakan seluruh sumberdaya secara berkelanjutan, mendaur-ulang lebih banyak produk dan limbahnya, dan menangani sisa limbah dengan cara yang benar

    Pertanyaan: Apa contoh teknologi ramah lingkunga yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari ?

    Kata kunci: Teknologi ramah lingkungan

    BalasHapus
  10. @C07-Hayatun

    Review : Teknologi hijau merupakan integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk lebih mengoptimalkan pelestarian lingkungan global dan sumber daya alam, serta untuk meminimalisir dampak negatif dari berbagai kegiatan seluruh umat manusia di planet bumi. Kesadaran akan perlunya teknologi yang lebih ramah lingkungan sudah makin meluas. Teknologi yang boros energi terutama sumber energi fosil, kalau dtetap dipertahankan berpotensi besar mengancam kerusakan permanen kondisi Planet Bumi, sekaligus membahayakan kehidupan umat manusia.

    Pertanyaan : Bagaimana penerapan teknologi hijau dan teknologi tepat guna dalam lingkungan rumah tangga?

    Kata Kunci : Teknologi Hijau

    BalasHapus
  11. @B01-Saepul

    Review : Dengan kondisi alam yang semakin memburuk hasrus juga di barengi teknologi tepat yang sangat ramah lingkungna, karena disadari atau tidak semakin kesini kebutuhan energi semakin banyak

    Kata Kunci : Energi Tepat Guna

    BalasHapus
  12. @C22-Zahrita

    Review : aplikasi ilmu lingkungan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya untuk mengekang dampak negatif dari keterlibatan manusia.

    Pertanyaan : mengapa teknologi hijau sangat dibutuhkan dalam aplikasi mesin/industri saat ini?

    Keyword : teknologi hijau

    BalasHapus
  13. @B06-Eka

    Review: teknologi yang bermanfaat bagi banyak umat manusia dan menghasilkan kesimpulan bahwa teknologi itu haruslah: 1. Ramah lingkungan, contohnya minim polusi atau bahkan tidak menimbulkan polusi. 2. Bersifat sustainable atau berkesinambungan sehinggap pemanfaatan teknologinya dapat dirasakan untuk waktu yang lama. 3. Teknologi dapat diterapkan (applied).

    Kata kunci: Teknologi hijau di era Globalisasi

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. @B11-Fajar
    Review : teknologi lingkungan atau teknologi hijau atau teknologi bersih adalah aplikasi ilmu lingkungan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber dayanya untuk mengekang dampak negatif dari keterlibatan manusia. Konsep dari teknologi ramah lingkungan ini antara lain konsep berkelanjutan, daur ulang, pengurangan limbah dan polusi, inovasi dan edukasi.

    Kata kunci : teknologi hijau

    BalasHapus
  16. @B32-maman

    Review : prinsip teknologi hijau
    1. Kenyamanan sosial
    2. Ekonomis
    3. Ramah lingkungan.

    Pertanyaan : apa yang bosa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari berhubungan dengan teknologi hijau

    Kata kunci : prinsip teknologi hijau

    BalasHapus
  17. @B34-IKROM

    Review : Teknologi Hijau (greentech) merupakan integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk memaksimalkan pelestarian lingkungkungan global dan sunber daya alam

    Kata kunci : teknologi hijau

    BalasHapus
  18. @B08-Viki

    Review: teknologi hijau merupakan konsep teknologi dimasa depan yang mana mampu meningkatkan efisiensi energi, dan ramah terhadap lingkungan.

    Pertanyan : bagaimana cara menciptakan teknologi hijau

    kata kunci: teknologi hijau

    BalasHapus
  19. @C05-Andes
    Review : Teknologi hijau sangat berguna bagi kehidupan di dunia ini.
    Kata Kunci : Teknologi Hijau

    BalasHapus
  20. @B13-Dadang

    Review : Recycle merupakan salah satu konsep dari Teknologi hijau (Greentech), dimana dalam proses produksi manufaktur dirancang sedemikian rupa supaya dapat didaur-ulang atau digunakan kembali. Dengan demikian dapat mengurangi intensitas dari limbah.

    Kata Kunci : Recycle

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. @B23 - randy
    Teknilogi dibagi menjadi tiga kategori:
    a. Teknologi empirik atau pertukangan yang dikuasai oleh perorangan berdasarkan keterampilannya. Kemampuan individu menjadi dasar untuk memproduksi artifak.
    b. Teknologi sosial (teknologi komunitas) yang dikuasai oleh komunitas. Dalam hal ini sistem komunitas memproduksi artifak. Awalnya merupakan teknologi empiric yang berkembang dan menyebar menjadi teknologi komunitas.
    c. Teknologi ilmiah (teknologi modern atau teknologi kompleks). Perkembangan teknologi mengacu pada eksplorasi ilmu pengetahuan yang makin mendalam, dapat menghasilkan barang dalam skala besar yang menyebar tanpa mengenal batas negara. Dalam hal ini terjadi perpaduan antar komponen yang kompleks dan beragam.
    Kata kunci : teknologi

    BalasHapus
  23. @C10-Fadjar

    Review : Teknologi hijau merupakan pembangunan dan aplikasi produk, peralatan serta sistem untuk memelihara alam sekitar dan alam semula jadi. Ia juga dapat meminimumkan atau mengurangkan kesan negatif daripada aktiviti manusia. Ia adalah produk-produk aplikasi inovatif yang tidak merusak lingkungan dan tidak beracun untuk tubuh manusia. Teknologi hijau juga dikenali sebagai “teknologi ramah lingkungan”.

    Pertanyaan : Bagaimana cara untuk mengembangkan teknologi hijau?

    Kata kunci : Teknologi hijau

    BalasHapus
  24. @B03-zainudin

    review : teknologi dan kemajuan di indonesia dibidang ilmu sumber daya terbarukan sekarang ini sudah cukup menggembirakan, walaupun masih di banyak sisi di indonesia yang tertinggal jauh dengan negara lain.contohnya para mahasiswa di indonesia sekarang ini telah mampu membuat energi alternatif yang sangat ramah lingkungan. contohnya mobil listrik, bahan bakar dari biji bijian DLL.

    KATA KUNCI :KEMAJUAN

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. @B37-Sefrina
    Review: Pemanfaatan teknologi hijau sangat diperlukan karena saat ini agar lingkungan tidak semakin rusak.

    Kata kunci: teknologi hijau

    Pertanyaan: Apakah setiap teknologi hijau tidak memiliki dampak buruk terhadap lingkungan?

    BalasHapus
  27. @C27-Rivqi

    Review: Teknologi hijau merupakan integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk lebih mengoptimalkan pelestarian lingkungan global dan sumber daya alam, serta untuk meminimalisir dampak negatif dari berbagai kegiatan seluruh umat manusia di planet bumi.

    Kata Kunci: teknologi hijau

    BalasHapus
  28. @B10-Hasthi

    Review: Teknologi hijau harus selalu di kebangkan agar bumi ini tidak rusak.

    Pertanyaan: Apakah yang kita lakukan untuk ikut berperan didalamnya?

    Kata Kunci: Teknologi Hijau

    BalasHapus
  29. @C25-sari

    Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan atau produk yang prosesnya tidak mencemari lingkungan. Seharusnya semua individu mampu mengembangkan teknologi hijau agat lingkungan hidup terjaga

    Kata kunci : Teknologi hijau

    BalasHapus
  30. @C25-sari

    Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan atau produk yang prosesnya tidak mencemari lingkungan. Seharusnya semua individu mampu mengembangkan teknologi hijau agat lingkungan hidup terjaga

    Kata kunci : Teknologi hijau

    BalasHapus
  31. @B34-IKROM

    Review : Teknologi Hijau (greentech) merupakan integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk memaksimalkan pelestarian lingkungkungan global dan sunber daya alam

    Kata kunci : teknologi hijau

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. @c11-indah
    Review : teknologi hijau adalah teknologi yang berkembang dengan tetap memperhatikan sistem lingkungan agar tetap terjaga.

    Kata kunci : teknologi hijau

    Pertanyaan : teknologi hijau di industri, contohnya ?

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. @C23-Reza

    Review : Teknologi Hijau atau teknologi ramah lingkungan merupakan teknologi yang memproteksi lingkungan, mengurangi daya polutan, menggunakan seluruh sumberdaya secara berkelanjutan, mendaur-ulang lebih banyak produk dan limbahnya, dan menangani sisa limbah dengan cara yang benar.

    Pertanyaan : Apakah semua Perusahaan Industri sudah menerapkan sistem Teknologi Hijau?

    Kata Kunci : Teknologi Hijau

    BalasHapus
  37. @C04-Suheri

    Review: Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan hidup dibumi. Kelestarian yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara keberlanjutan dimasa depan tanpa merusak sumber daya alam dan tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan meraka sendiri.

    Kata Kunci: Teknologi Hijau

    BalasHapus
  38. @C32-Khafi

    Review: Teknologi hijau merupakan teknologi ramah lingkungan yang baik untuk keberlangsungan kehidupan di bumi

    kata kunci: teknologi hijau

    BalasHapus
  39. @C06-Sugiarto

    Review: Teknologi hijau dikenal juga sebagai teknologi lingkungan dan teknologi bersih, merupakan integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk lebih mengoptimalkan pelestarian lingkungan global dan sumber daya alam, serta untuk meminimalisir dampak negatif dari berbagai kegiatan manusia. Prinsip utama teknologi hijau yaitu kenyamanan sosial, ekonomis dan ramah lingkungan.

    Kata kunci: Teknologi, Ramah lingkungan.

    BalasHapus
  40. @H01-THERESIA
    Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.