.

Rabu, 12 September 2018

INDUSTRI OLEOKIMIA



ABSTRAK
Seperti yang kita tau bahwa minyak bumi dapat habis di kemudian hari. Jika minyak bumi habis, maka manusia perlu mencari alternatif lain agar dapat melangsungkan hidup manusia di kemudian hari. Salah satu jenis Sumber Daya Alam yang dapat dijadikan alternatif ialah Kelapa Sawit. Kelapa sawit dapat diolah menjadi Oleokimia. Oleokimia adalah bahan kimia yang diperoleh dari lemak dan minyak. Minyak atau lemak secara umum merupakan trigliserida yang mengandung gliseron dan asam lemak dari hewani maupun nabati. Oleokimia dinilai lebih alami karena berbahan baku terbarukan berupa minyak dari hewani maupun nabati dibandingkan petrokimia yang menggunakan bahan baku tidak terbarukan dari minyak bumi. Jika kita dapat mengolah ketersediaan Sumber Daya Alam dengan maksimal kita dapat menemukan solusi untuk bahan baku alternatif di kemudian hari. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan membahas mengenai industry oleokimia.

KATA KUNCI : Oleokimia, Industri

PENGERTIAN OLEOKIMIA
Oleokimia adalah analog dari petrokimia dengan perbedaan sumber bahan baku. Industri oleokimia di Indonesia merupakan industri yang memiliki bahan baku yang sangat melimpah karena Indonesia merupakan produsen bahan baku bagi industri ini yakni minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) terbesar di dunia.
Kelapa sawit dapat menghasilkan minyak dari buahnya (disebut minyak sawit atau palm oil) dan juga dari intinya (disebut minyak inti kelapa sawit atau palm kernel oil/PKO). Minyak mengandung trigliserida yang jika dihidrolisis akan menghasilkan asam lemak dan gliserol.

BAHAN BAKU
Bahan baku umum yang digunakan dalam oleokimia antara lain minyak kelapa, minyak sawit, minyak inti sawit dan sebagainya. Awalnya industri oleokimia menggunakan bahan baku lemak hewani dan minyak kelapa. Namun pada perkembangannya minyak kelapa sawit dan minyak inti kelapa sawit mulai digunakan karena jumlahnya berlimpah, harganya murah, dan komposisi asam lemaknya mirip dengan lemak hewani dan minyak kelapa.

PROSES EKSTRAKSI BUAH SAWIT
1.    Tandan buah segar (fresh fruit bunches) disterilisasi dengan kukus untuk mencegah hidrolisis trigliserida oleh enzim yang terkandung dalam buah
2.    Buah dipisahkan dari tandannya melalui proses stripping
3.    Buah yang terpisah direaksikan dengan kukus sebelum ditekan (pressing) menjadi minyak
4.    Minyak yang telah terpisah dipisahkan kembali dari pengotor padat dengan screening dan clarification sebelum dimurnikan kembali menjadi minyak sawit mentah
5.    Cake mengandung biji dan inti (kernel) dipisahkan dari seratnya
6.    Biji kemudian dikeringkan dan dipecah hingga menghasilkan kernel
7.    Kernel kemudian ditekan untuk menghasilkan minyak inti sawit mentah

PRODUK OLEOKIMIA
1.    Fatty Acid (Asam Lemak)
Asam lemak merupakan oleokimia yang paling banyak diperlukan. Asam lemak dapat dibuat degan cara splitting CPO atau PKO pada suhu dan tekanan tinggi. Selanjutnya asam lemak tersebut didistilasi atau difraksionasi untuk memperoleh asam lemak dengan kemurnian tinggi.
2.    Fatty Ester
Fatty ester sebagian besar (± 80%) diubah menjadi fatty alcohol, yang kemudian diproses lebih lanjut menjadi produk hilir terutama suftaktan. Disamping itu fatty ester juga digunakan sebagai bahan bakar pengganti minyak diesel.
3.    Fatty Alkohol
Fatty alkohol merupakan oleokimia dasar yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku surfaktan.
4.      Fatty Amina
Fatty amina merupakan turunan nitrogen dan paling banyak digunakan untuk membuat senyawa ammonium quartener seperti senyawa distearyl-dimethylammonium yang digunakan sebagai pelembut pakaian dan hair conditioners.
5.    Gliserin
Gliserin dapat dibuat dari minyak atau lemak alami sebagai hasil samping dari asam lemak, ester atau sabun, Meskipun merupakan produk samping, gliserin umumnya mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.
6.    Bioemollent dari Asam Lemak Sawit
Industri kosmetik merupakan konsumen minyak nabati dan asam lemak yang sangat potensial Salah satu bahan baku kosmetik yang banyak digunakan dalam hampir seluruh formulasi produk kosmetik adalah emollient. Fungsi emollient adalah sebagai pelembut dan pelembab kulit pada produk kosmetik yang berbentuk krim, lotion, lipstick dan sabun . Produk emollient yang dibuat dari minyak sawit disebut bioemollient, mempunyai keunggulan yang tidak dijumpai pada produk sintetis dari minyak bumi.
7.    Biodiesel sawit
Biodiesel dapat diolah lebih lanjut menjadi berbagai produk oleokimia yang biasanya dibuat dari asam lemak nabati. Apabila harga jual biodiesel kurang menarik, pengolahan lebih lanjut biodiesel menjadi produk-produk oleokimia merupakan salah satu alternatif pemanfaatan biodiesel.

KESIMPULAN

Bahan bakar minyak bumi merupakan salah satu kebutuhan utama yang banyak digunakan di berbagai negara. Saat ini kebutuhan akan bahan bakar semakin meningkat seiring semakin meningkatnya populasi dan semakin berkembangnya teknologi, akan tetapi cadangan sumber daya minyak bumi yang berasal dari fosil semakin menipis karena sifatnya yang tidak dapat diperbaharui. Karena itulah penting untuk mempelajari studi tentang oleokimia dengan produk-produk turunannya dapat membantu mengurangi pemakaian sumber daya dari fosil sehingga   ketergantungan akan sumber non-hayati dapat ditekan.



DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta: Pantona Media.

6 komentar:

  1. 41618010025
    1.judul : cukup jelas
    2.tata tulis : daftar pustaka kurang jelas dan selebihnya jelas
    3.konten: kurangnya kutipan
    4.mind map : kreatif dan menarik mbanyah ❤️

    Nilai: 75

    BalasHapus
  2. Kode peserta : @K19-Luthfiah
    1. Judul : cukup jelas dan menarik
    2. Tata tulis : ada paragraf yang spasinya terlalu jauh
    3. Konten : kurangnya kutipan
    4. Mind map : warna terlalu gelap
    Nilai : 75

    BalasHapus
  3. @K29-Aprilia

    Judulnya cukup menarik dan tata cara penulisan nya pun sudah baik dan rapih. Dari kontennya kurang pengutipan. Mind map nya bagus tetapi warna latarnya gelap. Nilai 74.

    BalasHapus
  4. K17-Natalia
    Artikelnya sudah menarik dilengkapi mind map yang sangat menarik. Tetapi masih ada beberapa kesalahan penulisan daftar pustaka. Pada umumnya artikelnya sudah bagus.
    Nilai : 77

    BalasHapus
  5. K17-Natalia
    Artikelnya sudah menarik dilengkapi mind map yang sangat menarik. Tetapi masih ada beberapa kesalahan penulisan daftar pustaka. Pada umumnya artikelnya sudah bagus.
    Nilai : 77

    BalasHapus
  6. ( @K07-Karlen )
    Judul sudah bagus, hanya saja kurang menarik, content bagus saya suka,tata tulis sudah baik,bagus,tanda baca sudah dipakai dengan baik,untuk mind map sudah bagus hanya saya warna latar gelap,dan masih ada tulisan "Trial version " untuk penilaian 72

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.