.

Kamis, 13 September 2018

Mari Pahami Apa Saja Dasar Ilmu Kimia












Apa Itu Kimia?

 Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang materi dan sifat sifatnya. Kimia atau sering disebut dengan ilmu kimia merupakan salah satu cabang sains fisik. Materi di definisikan sebagai  segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Walaupun definisi ini dapat diterima,namun tidak memberikan alasan mengapa kimia harus dipelajari. Jawaban pertanyaan tersebut adalah karena dunia dimana kita tinggal merupakan dunia kimia.
    Kimia kadang-kadang disebut sebagai pusat sains,karena kimia menjembatani ilmu sains lainnya seperti fisika,geologi,dan biologi. Kimia berasal dari bahasa Arab "kimiya" (كيمياء), yang berarti perubahan benda. Sedangkan kimia dasar dikhususkan untuk mempelajari hal hal yang fundumental atau menjadi dasar kimia.

Apa Itu Metode Ilmiah

Metode ilmiah adalah set metodologi dan teknik keilmuan yang berupaya untuk mencari atau merevisi pengetahuan baru dengan sistem ketat investigasi fenomena. Suatu metode untuk mencari pengetahuan baru dapat disebut sebagai pengetahuan ilmiah jika melibatkan metode inkuiri yang berdasarkan pengamatan rigor pada bukti empiris atau data terukur sesuai prinsip penalaran yang berlaku. Eksperimen sebagai suatu prosedur ilmiah mesti dilakukan untuk menguji hipotesis atau eksplanasi awal dari problem yang muncul. Karenanya, eksperimentasi dinilai penting sebagai instrumen utama dalam metode ilmiah.

Dampak Kimia

Kimia tentu dapat menimbulkan dampak bagi masyarakat. baik itu dampak negatif atau positif, banyak dampak yang ditimbulkan oleh kimia. Walaupun kimia sangat penting. Tentu kita harus mengetahui dan memahami dampak-dampak yang dapat disebabkan oleh kimia

Apa Itu Sifat Materi

Sifat materi adalah salah satu pelajaran dari IPA dan membahas tentang sesuatu yang mempunyai tempat, masa, hingga berat yang bisa di tangkap oleh indra manusia.

Apa Itu Klasifikasi materi

Materi tersusun dari beberapa partikel penyusun. Para ilmuwan mengklasifikasikan zat atau materi menjadi dua kelompok, yaitu: zat tunggal dan campuran. Unsur dan senyawa termasuk dalam golongan zat tunggal. Nah, apa yang dimaksud dengan unsur? Unsur terdiri dari logam dan non logam.
Zat murni memiliki sifat yang membedakan dengan zat lainnya. Misal, unsur hidrogen hanya tersusun dari atom-atom hidrogen saja. Unsur oksigen hanya tersusun dari atom-atom oksigen saja. Sifat oksigen dan hidrogen tidak tampak pada zat yang dibentuk dari keduanya, misal air (H2O). Di alam terdapat 92 jenis unsur alami, sedangkan selebihnya adalah unsur buatan. Jumlah keseluruhan unsur di alam kira-kira 106 jenis unsur.

Apa Saja Pengaruh Kimia

  • Bahan kimia bersifat mudah terbakar. Dampak atau pengaruh pertama dari bahan kimia adalah kecenderungan untuk terbakar apabila berada di lingkup bebas dan bereaksi dengan bahan pemicu lainnya.
  • Bahan kimia bersifat mudah meledak. Selain dapat membakar lahan secara perlahan, bahan kimia juga berpotensi untuk meledak dalam kondisi tak terduga apabila bereaksi dengan bahan tertentu.
  • Bahan kimia bersifat korosif. Dalam jangka panjang, bahan kimia dapat merusak atau mengikis suatu benda yang dibiarkan begitu saja. Misalnya besi yang dapat berkarat pada bagian mobil apabila bereaksi dengan bahan kimia.
  • Bahan kimia bersifat beracun. Selain memberi dampak eksternal, bahan kimia juga bisa berbahaya bagi manusia yang tidak sengaja mengonsumsinya. Tidak hanya manusia, makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan juga dapat terancam karena bahan kimia.

Daftar Pustaka:

2 komentar:

  1. @J04-Farah,@J12-Sinta,@J13-Silvia,@Kel-J02

    soal:

    Contoh penerapan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  2. @J01-Triyatno, @J02-Rizky, @J03-Angga, @kel-J01

    Jawab:Bidang Kesehatan,Bidang Pertanian,Bidang Industri

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.