.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Pencemaran Udara


Abstrak

Pada umumnya pengertian dari pencemaran sendiri merupakan tercampurnya suatu zat atau unsur-unsur yang dimana dari pencampuran tersebut mengakibatkan kondisi buruk.
Yang berarti pencemaran udara merupakan sebuah kondisi dimana udara tercampur dengan zat lain atau unsur lain yang mengakibatkan kondisi buruk pada udara menjadi tidak layak atau bahkan membahayakan untuk digunakan mahluk hidup.
Karena udara merupakan salah satu komponen terpenting di dunia yang menunjang kehidupan mahluk hidup. Banyak pengaruh jika keadaan udara terganggu seperti kenyamanan dan keindahan lingkungan juga terganggu.
Penyebab Pencemaran Udara
1.     1. Polusi Disebabkan Asap Kendaraan Bermotor
Dampak dari terjadinya kelebihan pemakaian bahan bakar tersebut adalah banyaknya kandungan gas CO yang dinilai sangat berbahaya. Kandungan CO atau karbon monoksida ini di nilai berbahaya bukan hanya pada keadaan udara tapi juga berbahaya untuk mahluk hidup. Biasanya jika dilihat di perkotaan besar sering terjadi penggumpalan asap dari perpaduan banyak gas yang membahayakan membentuk sebuah kabut. Disitu letak bahayanya dalam jangka pendek dampak yang dikeluarkan bisa dibilang seperti gangguan pernafasan biasa, tapi untuk jangka lama bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius dan akut.
2.      2. Pembangkit Listrik
Dalam hal ini hampir sebagian pembangkit listrik konvensional hingga sekarang masih menggunakan bahan bakar yang di rasa masih kurang ramah lingkungan. Beberapa contohnya seperti batu bara, gas, dan minyak. Hampir sama seperti kasus dari kendaraan bermotor tadi efek dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna merupakan hal yang menghasilkan gas berbahaya yang menyebabkan pencemaran udara. Dari gas itu seperti sulfur dioksida merupakan salah satu penyumbang dari terjadinya pemanasan global yang sekarang terjadi seperti ini.
3.      3. Abu Polutan Letusan Gunung Berapi
Salah satu kemungkinan dari pencemaran udara yang berasal dari alam merupakan ini salah satunya. Seperti beberapa waktu yang lalu ketika ada beberapa gunung yang meletus memberikan dampak yang serius terhadap stabilitas udara di beberapa daerah. Seperti halnya letusan Gunung Kelud yang menyebabkan awan hitam dan abu bertebangan. Dari efek yang di timbulkan sangat banyak terutama jarak pandang semakin memendek hingga mengganggu rutinitas harian yang lain, dan juga dapat mengganggu kesehatan kita sendiri.
4.    4.  Limbah Asap Industri atau Pabrik

      Ini merupakan salah satu penyumbang terbesar pencemaran udara di dunia yaitu limbah asap pabrik atau industri. Cerobong-cerobong yang mengeluarkan asap tersebut terkadang tidak ada filter untuk zat-zat yang dikeluarkan. Dari beberapa penelitian beberapa zat yang keluar dari proses industri ini berupa zat yang berbahaya seperti karbon monoksida, hidokarbon, dan senyawa yang dapat membahayakan kesehatan alam dan manusia.

Dampak Pencemaran Udara

Dampak dari pencemaran udara sangatlah banyak dan sangat membahayakan, mulai dari yang mengganggu kegiatan sehari-hari hingga menyebabkan kematian kepada seseorang. Bahkan di dunia sendiri para petinggi PBB dan organisasi dibawahnya sejak dari dulu sudah mulai mengkritisi perihal pencemaran lingkungan yang satu ini. Berikut ini beberapa dampak dari pencemaran udara :

1. Gangguan Kesehatan

Salah satu dampak fatal dari pencemaran udara adalah terjadinya gangguan kesehatan. Banyak sekali gangguan atau penyakit yang bisa terjadi akibat polusi yang satu ini. Seseorang yang menghirup udara kotor tersebut bisa kapan saja terkena beberapa penyakit yang dirasa penyakit tersebut cukup parah. Penyakit yang dapat di timbulkan seperti ispa, asma, bronkitis, memicu stress, dan masih banyak lagi dampak fatal yang lain seperti kanker paru-paru dan kanker kulit yang disebabkan terganggunya sistem lapisan ozon.

2. Dampak Ekonomi

Dilihat dari akibat terjadinya pencemaran udara ini, produktivitas dari seseorang akan terganggu sebab kurang bisa menikmati udara segar. Selain itu juga karena efek dari polusi ini mengakibatkan terganggunya penglihatan pada seseorang. Karena sebab itu bukan hanya aktifitas kantor atau pekerja saja yang terganggu tapi bahkan juga aktifitas sosial yang lain juga terganggu karenanya.

3. Hujan Asam

Karena banyaknya asap yang berterbangan dan membawa berbagai macam zat yang entah itu ada yang berbahaya atau tidak mengarah ke awan. Disitu karena adanya zat yang sensitif dan rapuh tercampur dengan air menjadikan zat dan air tersebut berubah menjadi zat asam. Dari situ pH air yang semakin berkurang menyebabkan senyawa yang bersifat asam. Dampak secara langsung terhadap lingkungan, ujan ini bisa menyebabkan pengkaratan langsung terhadap besi. Bukan hanya itu saja efek yang lebih lanjut dari zat tersebut bisa mencemari tanah dan air hingga mengakibatkan polusi yang lebih banyak lagi.

4. Kerusakan Lapisan Ozon

Lapisan ozon berada di stratosfer yang taksiran ketinggian dari lapisan ozon sekitar 20-35 km dari permukaan bumi. Lapisan ini yang melindungi bumi dari sinar ultra violet yang pancarkan matahari. Akibat jika terkena dari sinar tersebut secara langsung efek yang di timbulkan mulai kulit terbakar hingga kanker kulit. Karena zat-zat yang terkandung dalam polutan tersebut sangat barbahaya menjadikan lapisan ozon yang dulunya tebal dan aman sekarang mulai berlubang dan menipis. Akibatnya proses pemantulan dan pemfilteran dari sinar ultra violet sendiri dan radiasi yang lain menjadi terganggu.

Cara Mencegah Pencemaran Udara

1. Pendidikan Cinta Alam & Lingkungan

Melakukan pendidikan sejak dini kepada anak muda agar mencintai lingkunganya merupakan salah satu cara jitu untuk memerangi polusi udara. Mendidik agar senantiasa menyayangi dan memelihara lingkungan sekitar. Selain itu juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait pentingnya udara bersih yang terbebas dari polusi. Dalam penyuluhan ini seharusnya harus di laksanakan secara berkala agar selalu tumbuh empati pada diri masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Pengawasan Perusahaan Industri

Melakukan pengawasan kepada dunia industri merupakan salah satu cara untuk menutupi celah dari penerapan peraturan dan hukum. Pengawasan ini sangatlah penting terutama dalam pabrik-pabrik yang memiliki kapasitas pembuangan polutan udara besar. Tujuan dari pengawasan ini sendiri adalah untuk menekan terjadinya kecurangan oleh pabrik-pabrik yang dirasa tidak peduli dengan lingkungan. Sebab masih banyak pabrik yang dimana pabrik tersebut tidak menggunakan filter atau penyaring cerobong udara yang sesuai, dan bahkan ada juga yang tidak memasangnya.

3.  Pengurangan Bahan Penghasil Polutan

Jadi selain polutan yang dihasilkan oleh asap pabrik, polutan ini banyak berasal dari hasil pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna. Bahan bakar tersebut seperti gas, fosil, dan masih banyak lagi yang lainya. Pengurangan dari bahan ini sangatlah berdampak signifikan terhadap pencemaran. Sebab hampir 1/4 pencemaran udara penyebabnya adalah asap yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor maupun dari pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil sebagai bahan utama.

Kesimpulan

Jadi bahanya pencemaran lingkungan ini bukan hanya berbahaya untuk sekarang tapi juga berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia dan mahluk yang lain. Oleh sebab itu kita sebagai manusia harus menggencarkan pengkampanyean tentang merawat alam. Dengan merawat alam secara keseluruhan yang hanya bisa menjadikan wadah penekan dari pencemaran lingkungan, bukan hanya udara bahkan juga air, dan tanah. Selain itu juga kita juga menjadikan ini sebagai tabungan untuk anak cucu kita agar dapat menghirup udara segar, bersih dan menyehatkan

Daftar Pustaka

https://lingkunganhidup.co › Pencemaran
https://alihamdan.id/pencemaran-udara/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar