.

Sabtu, 11 Agustus 2018

PENCEMARAN UDARA


PENCEMARAN UDARA
https://mindmup-export.s3.amazonaws.com/map.png/out/0a776740a84411e88d998d49861057ef.map.png?AWSAccessKeyId=ASIASNCK5ADRT7TWCPBB&Expires=1535280682&Signature=aOCulyPPG9ohSurghIRLcNiTbPk%3D&x-amz-security-token=FQoGZXIvYXdzEFgaDHZ1LFwYdRk1m6XrLSLpAVKhBg4%2BwWHWEYzbmA2KFYHzhsF1D0iFE%2BMW4p8jefxeV3SVFB7GcxTF%2B5Tj08u2jE4zLL%2FSqmoQx37izwEjWgpqXAF3c%2BPxgXkpWWk4uYVH8SpYEkzLo73ND1OfL3jKXu9NyG%2BRRaaMextZRhmUKwqxxbjgTBpbBCKSqGupGlpMnlgSM6DpvF94my43FLJclyo%2FOQL5RoECF80U1SLIpMDVHdDxHIXnbMV5mkCF1xxSCagg4Bq4YtOI5mL1TOMt%2BTIfUEeuArW9ySfLr0K6gDp3y%2FAk6OTnp3urX0v7wKbxpTpuWUI363A0KMzsg9wF
@ProyekG04
ABSTRAK
Menurut UU No. 32 tahun 2009, pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.
Menurut Salim yang dikutip oleh Utami (2005) pencemaran udara diartikan sebagai keadaan atmosfir, dimana satu atau lebih bahan-bahan polusi yang jumlah dan konsentrasinya dapat membahayakan kesehatan mahluk hidup, merusak properti, mengurangi kenyamanan di udara. Berdasarkan definisi ini maka segala bahan padat, gas dan cair yang ada di udara yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman disebut polutan udara.
PENDAHULUAN
Pencemaran udara diartikan sebagai adanya bahan-bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan (komposisi) udara dari keadaan normalnya (Wisnu, Dampak pencemaran lingkungan : 27)
Jadi, pencemaran udara adalah masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan.
Pencemaran dapat terjadi dimana-mana. Bila pencemaran tersebut terjadi di dalam
rumah, di ruang-ruang sekolah ataupun di ruang-ruang perkantoran maka disebut sebagai
pencemaran dalam ruang (indoor pollution). Sedangkan bila pencemarannya terjadi di
lingkungan rumah, perkotaan, bahkan regional maka disebut sebagai pencemaran di luar
ruang (outdoor pollution).

PEMBAHASAN
Banyak faktor yang dapat menyebabkan pencemaran udara, diantaranya pencemaran yang ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia atau kombinasi keduanya. Pencemaran udara dapat mengakibatkan dampak pencemaran udara bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global atau tidak langsung dalam kurun waktu lama.
Pencemar udara dibedakan menjadi pencemar primer dan pencemar sekunder :
  1. Polutan primer
Polutan primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara atau polutan yang dikeluarkan langsung dari sumber tertentu, dan dapat berupa:
a.       Polutan Gas terdiri dari:
  • Senyawa karbon, yaitu hidrokarbon, hidrokarbon teroksigenasi, dan karbon oksida (CO atau CO2) karena ia merupakan hasil dari pembakaran
  • Senyawa sulfur, yaitu oksida.
  • Senyawa halogen, yaitu flour, klorin, hydrogen klorida, hidrokarbon terklorinasi, dan bromin.
b.      Partikel
Partikel yang di atmosfer mempunyai karakteristik yang spesifik, dapat berupa zat padat maupun suspense aerosol cair sulfur di atmosfer. Bahan partikel tersebut dapat berasal dari proses kondensasi, proses  (misalnya proses menyemprot/ spraying) maupun proses erosi bahan tertentu.
2.      Polutan Sekunder
Polutan sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer sekunder biasanya terjadi karena reaksi dari dua atau lebih bahan kimia di udara, misalnya reaksi foto kimia. Sebagai contoh adalah disosiasi NO2 yang menghasilkan NO dan O radikal.
Proses  kecepatan dan arah reaksinya dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain:
a)      Konsentrasi relative dari bahan reaktran
b)      Derajat fotoaktivasi
c)      Kondisi iklim
d)     Topografi lokal dan adanya embun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar