.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Dampak MSG Pada Kesehatan

Nama : Fransiska Rizki Lupendo



Dampak MSG pada Kesehatan
MSG (Monosodium Glutamate) atau monatrium glutamate adalah garam sodium dari asam glutamate. Asam glutamate adalah suatu asam amino yang merupakan salah satu komponen penting protein yang dibutuhkan tubuh kita. Monosodium glutamate (MSG) yang rumus kimianya adalah HCOCCH (NH2) 2COO-NA adalah hasil campuran asam glutamate dan natrium hidruksit. Secara alami asam glutamate terdapat dalam makanan kita sehari-hari seperti daging, ikan, telur, susu (termasuk Asi), keju, tomat, dan berbagai macam sayuran


Fungsi MSG :

  • Mengurangi konsumsi garam
Rumah tangga kadang menyiasati pengurangan micin dengan memadukan gula dan garam. Perpaduan gula dan garam memang menciptakan rasa gurih pada masakan. Akan tetapi Hardinsyah menjelaskan, micin terdiri dari natrium (12 persen), glutamat (78 persen) dan Air (10 persen). Jumlah natrium atau garam dalam micin tak seberapa dibanding garam dapur yakni sebanyak 36-39 persen.


  • Mempercepat waktu cerna makanan
Saat makanan dikonsumsi, pencernaan dimulai saat makanan dikunyah. Glutamat pada micin merangsang produksi saliva sehingga makanan lebih cepat halus saat dikunyah. Kemudian proses ini berlanjut hingga ke lambung dan usus. Menurut Hardinsyah, makan lauk pauk dengan micin lebih mudah dicerna daripada yang tidak. 
    


Manfaat lain, MSG meningkatkan cairan ludah jadi gampang menelan (Schiffman S and Miletic I, 1999; Hodsom N and Linden R, 2006) dan meningkatkan cairan lambung (Vasilevskaia L, et. Al 1993), Jadi makanan lebih sempurna dicerna dan buat yang ada masalah lambung aman mengkonsumsi mecin .


Dampak MSG bagi Daya Ingat Anak :
  1. Menurunnya fungsi otak
  2. Kanker
  3. Alergi
  4. Adiktif
  5. Hipertensi
  6. Obesitas
  7. Kerusakan Retina
  8. Kerusakan hipotalamus dan struktur otak lain
  9. Diabetes

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar