.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Senyawa Kimia Yang Terkandung Dalam Cokelat

       


  1. Cokelat dan kandungan Kimianya 
    Cokelat terbuat dari biji cocoa yang kaya akan senyawa beraroma bernama falovonoids, yang juga terdapat di daun teh, kebanyakan buah-buahan dan sayur-sayuran. Sampai saat ini, lebih dari 4000 macam flavonoid yang telah diidentifikasikan. 
Tumbuh-tumbuhan mensintesis senyawa yang dapat larut dalam air ini dari asam amino phenylalanine dan asetat. Flavonoids berperan sebagai antioksida, menetralkan efek-efek buruk dari radikal bebas yang dapat menghancurkan sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh.
 Satu setengah ons batang cokelat hitam kira-kira memiliki 800 miligram antioksida, kira-kira sama jumlahnya seperti yang terdapat di dalam secangkir teh hitam.
Karbohidrat yang dibentuk oleh senyawa kimia dalam coklat menghasilkan serotonin, yang membantu stimulasi otak sehingga kita merasa santai dan tenang.
Dengan mengonsumsi coklat, tubuh akan menghasilkan antioksidan yang membantu mencegah serangan jantung dan mempertahankan daya tahan tubuh. Peneliti dari Univeristy California menemukan kandungan senyawa flavan-3-ols dalam coklat yang terbukti dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Kandungan Senyawa kimia di dalam Coklat 

1.Energi (kal)
2.Protein (g)
3.Lemak (g)
4.kalsium (mg)
5.Fosfor (mg)
6.Vit A (SI)

  1. Zat Kimia pada buah Kakao

a.ANTOSIANIN
Pada buah atau sayuran, pigmen antosianin umumnya terletak pada sel-sel dekat permukaan (Markakis, 1982). Ekstraksi pigmen antosianin dari bahan nabati umumnya menggunakan larutan pengekstrak HCl dalam etanol (Gao and Mazza, 1996). HCl dalam etanol akan mendenaturasi membran sel tanaman kemudian melarutkan pigmen antosianin keluar dari sel. Pigmen antosianin dapat larut dalam etanol karena sama-sama polar (Broillard, 1982).

b. FLAVONOID
Flavonoid adalah unsur antioksidan alami yang banyak dijumpai pada tanaman pangan dan memiliki kemampuan menangkap logam.
Flavonoid termasuk senyawa polifenol yang telah banyak ditemukan dialam. Bedasarkan struktur kimianya flavonoid terdiri dari flavonos, flavones, flavonones, isoflavones, catechin, antocianidines dan chalcones.

c. SAPONIN
Saponin adalah senyawa surfaktan. Dan berbagai hasil penelitian disimpulkan, saponin bersifat hipokolesterolemik, imunostimulator, dan antikarsinogenik. Mekanisme antikarsinigenik saponin meliputi efek antioksidan dan sitotoksik langsung pada sel kanker

Saponin memberikan rasa pahit pada bahan pangan nabati. Sumber utama saponin adalah biji-bijian khususnya kedele. Saponin dapat menghambat pertumbuhan kanker kolon dan membantu kadar kolesterol menjadi normal. Tergantung pada jenis bahan makanan yang dikonsumsi, seharinya dapat mengkonsumsi saponin sebesar 10-200 mg.

d. TANIN
Tanin adalah astringen jalur usus, dapat mengurangi sekresi cairan dalam usus, sehingga kadar air dalam kotoran manusia berkurang sehingga dapat mencegah mencret

  1. Perbedaan Kandungan Kimia pada Cokelat matang dan belum matang

Theobromine adalah alkaloid yang termasuk dalam methylxanthines. Struktur theobromine memiliki kemiripan dengan kafein. Theobromine ditemukan terutama pada biji kakao (sekitar 25 g / kg). Tingkat theobromine paling tinggi terdapat pada coklat gelap (sekitar 10 g / kg). Cokelat susu mengandung sekitar 2 sampai 5 g theobromine per kg. (1-5 g / kg). Theobromine juga hadir dalam teh dan cola.

  1. Kandungan Senyawa Kimia dalam Coklat Bubuk

Coklat Bubuk adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Coklat Bubuk mengandung energi sebesar 298 kilokalori, protein 8 gram, karbohidrat 48,9 gram, lemak 23,8 gram, kalsium 125 miligram, fosfor 715 miligram, dan zat besi 12 miligram.  Selain itu di dalam Coklat Bubuk juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin B1 0,12 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Coklat Bubuk, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Cokelat Bubuk :

Nama Bahan Makanan : Coklat Bubuk
Nama Lain / Alternatif : Serbuk Coklat 
Banyaknya Coklat Bubuk yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Coklat Bubuk yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Coklat Bubuk = 298 kkal
Jumlah Kandungan Protein Coklat Bubuk = 8 gr
Jumlah Kandungan Lemak Coklat Bubuk = 23,8 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Coklat Bubuk = 48,9 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Coklat Bubuk = 125 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Coklat Bubuk = 715 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Coklat Bubuk = 12 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Coklat Bubuk = 30 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Coklat Bubuk = 0,12 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Coklat Bubuk = 0 mg
Khasiat / Manfaat Coklat Bubuk : - (Belum Tersedia) 
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : C 
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :
Riset/penelitian pada Coklat Bubuk yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.

  1. Kandungan dan Manfaat Cokelat

Cokelat memiliki beberapa kandungan dan manfaat sebagai berikut (Brotodjojo, 2008:8):
1. Asam Oleat. Asam lemak tak jenuh. Ditemukan pada minyak zaitun. Studi epidemiologis pada penduduk mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun, menyimpulkan efek positif bagi kesehatan jantung.
2. Katekin. Antioksidan kuat yang terkandung dalam cokelat. Fungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi.
3. Theobromine. Membantu membangun perasaan tenang dan meringankan sakit tenggorokan.
4. Kafein. Memberikan efek terjaga atau segar bagi yang mengkonsumsinya
5. Phenethyylamine. Memberikan dampak dopamine atau munculnya perasaan senang dan perbaikan suasana hati.

Cokelat dengan kandungan yang dimilikinya memiliki manfaat sebagai berikut:
1. Antioksidan yang tinggi. Coklat mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan coklat yaitu flavonols, sejenis flavanoid yang terdapat pada coklat merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.
2. Mencegah dan melawan kanker. Coklat dapat melawan dan mencegah kanker. Dari penelitian coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.
3. Menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi sepotong coklat setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Daftar Pustaka 

http://slaney-meymona.blogspot.com/2012/08/senyawa-kimia-yang-terkandung-dalam.html?m=1

http://endhysmaeli.blogspot.com/2010/03/zat-kimia-pada-buah-kakao.html?m=1

http://gelasbeaker.blogspot.com/2017/05/theobromine.html?m=1

http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-coklat-bubuk-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html?m=1#.W2WYWaSySEc



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.