.

Selasa, 28 November 2023

Penerapan Kesetimbangan Kimia Dalam Industri dan Kehidupan Sehari-hari


Nama: Rizki Juni Feraro

NIM: 41623010046

Kode : @Z22-JUNI

PENERAPAN KESETIMBANGAN KIMIA

ABSTRAK
Kesetimbangan dalam kimia dapat di definisikan sebagai kondisi dimana laju reaksi maju sama dengan laju reaksi mundur, sehingga konsentrasi zat-zat yang terlibat dalam reaksi tetap stabil. Dalam kesetimbangan ada beberapa konsep yang mendasarinya yaitu hukum aksi massa, konsentrasi kesetimbangan,pengaruh perubahan posisi,diagram kesetimbangan, dan reaksi reversibel. Dalam kesetimbangan kimia kita juga mengenal proses haber yang mana proses haber sendiri merupakan Proses dalam mengubah nitrogen (N2) atmosfer menjadi amonia (NH3) melalui suatu reaksi dengan hidrogen (H2) menggunakan katalis logam di bawah temperatur dan tekanan tinggi. Kesetimbangan duterapkan dalam dunia industri seperti dalam amonia, dan hidrogenesasi minyak. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari kesetimbangan diterapkan dalam asam basa dalam darah dan fotosintesis.

Kata Kunci: Kesetimbangan, proses haber, dan amonia.

PENDAHULUAN
Dalam dunia kimia kesetimbangan merupakan salah satu materi yang penting. Kesetimbangan sendiri merupakan sub materi kimia yang menjelaskan tentang kondisi dimana laju reaksi maju sama dengan laju reaksi mundur, sehingga konsentrasi zat-zat yang terlibat dalam reaksi dapat stabil. Dewasa ini kesetimbangan banyak diterapkan dalam dunia industri dan kehidupan sehari-hari. Dalam industri kesetimbangan diterapkan dalam amonia dan juga hidrogenesasi minyak. Selain itu, dalam dkehidupan sehari-hari kesetimbangan diterapkan dalam asam basa dalam darah dan juga dalam reaksi fotosintesis.

RUMUSAN MASALAH
1. Apa itu kesetimbangan?
2. Bagaimana proses haber, pembuatan Amonia, dan kondisi kesetimbangannya?
3. Sebutkan penerapan kesetimbangan dalam Industri dan kehidupan sehari-hari!

TUJUAN
1. Memahami penjelasan mengenai kesetimbangan.
2. Mengetahui proses haber, pembuatan amonia, dan kondisi kesetimbangannya.
3. Mengetahui penerapan kesetimbangan dalam industri dan kehidupan sehari-hari.

PEMBAHASAN
1. Kesetimbangan kimia merupakan suatu kondisi dimana laju reaksi maju sama dengan laju reaksi mundur, sehingga konsentrasi zat-zat yang terlibat dalam reaksi tetap stabil. Kesetimbangan ini diatur oleh hukum kesetimbangan kimia dan dinyatakan dalam persamaan reaksi kimia. Menurut Purba (2007) kesetimbangan kimia menjelaskan keadaan di mana laju reaksi maju dan reaksi balik dari suatu zat sama besar dan di mana konsentrasi reaktan (zat yang bereaksi) dan produk (zat dari hasil reaksi) tetap tidak berubah seiring berjalannya waktu. Ada beberapa konsep penting terkait kesetimbangan kimia:

Hukum Aksi Massa:
Hukum Aksi Massa menyatakan bahwa jika suatu reaksi mencapai kesetimbangan, maka produk konsentrasi dikalikan bersama-sama dan dibagi oleh reaktan konsentrasi, dan hasilnya akan tetap konstan pada suhu dan tekanan tertentu.

Konsentrasi Kesetimbangan:
Konsentrasi kesetimbangan mengacu pada konsentrasi masing-masing zat pada saat kesetimbangan tercapai. Konsentrasi ini tidak selalu berarti bahwa jumlah zat-zat tersebut sama, mereka hanya memiliki hubungan tetap sesuai dengan persamaan reaksi.

Pengaruh Perubahan Kondisi:
Kesetimbangan dapat dipengaruhi oleh perubahan suhu, tekanan, atau konsentrasi awal zat-zat reaktan dan produk. Prinsip Le Chatelier menjelaskan bagaimana suatu sistem yang berada dalam kesetimbangan akan menyesuaikan diri untuk mengatasi perubahan kondisi tersebut.

Diagram Kesetimbangan:
Diagram kesetimbangan, atau diagram Kurva Kesetimbangan, menggambarkan bagaimana konsentrasi zat-zat berubah seiring waktu dan di mana kesetimbangan dicapai.

Reaksi Reversibel:
Kesetimbangan umumnya terjadi pada reaksi-reaksi reversibel, di mana reaktan dapat berubah menjadi produk dan sebaliknya.

2. Proses haber disebut juga proses Haber–Bosch, adalah suatu proses fiksasi nitrogen artifisial dan merupakan prosedur industri utama untuk produksi amonia yang berlaku saat ini.  Proses ini dinamakan demikian setelah para penemunya, kimiawan Jerman Fritz Haber dan Carl Bosch, mengembangkan proses ini pada paruh pertama abad ke-20. Proses ini mengubah nitrogen (N2) atmosfer menjadi amonia (NH3) melalui suatu reaksi dengan hidrogen (H2) menggunakan katalis logam di bawah temperatur dan tekanan tinggi:

N2 (g) + 3H2 (g) ⇌ 2NH3(g)

Reaksi ini biasanya dilakukan pada suhu tinggi (sekitar 400-500°C) dan tekanan tinggi (sekitar 200-400 atmosfer) dengan menggunakan katalis logam seperti besi. Kondisi ini memungkinkan mencapai keseimbangan yang diinginkan, meskipun reaksi tersebut cenderung menghasilkan lebih banyak amonia pada suhu lebih rendah. Penting untuk diingat bahwa kondisi optimal dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu, dan industri biasanya mempertimbangkan efisiensi dan biaya dalam menentukan parameter prosesnya.

3. Reaksi kesetimbangan banyak diterapkan dalam industri dan kehidupan sehari-hari tujuannya yaitu untuk menghasilkan produk secara efisien. Ada beberapa contoh penerapan kesetimbangan dalam Industri dan kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut:

Industri:
Amonia
Reaksi kesetimbangan:
N2(g)+3H2(g) ⇌ 2NH3 (g)
Reaksi amonia sendiri membantu dalam produksi amonia yang mana dapat dimanfaatkan dalam pupuk dan industri kimia.

Hidrogenesasi Minyak
Reaksi kesetimbangan:
C2H4 (g) + H2 (g) ⇌ C2H6 (g)
Dalam reaksi ini, untuk membentuk etana, etiliana di hidrogenasi. Yang mana bahan tersebut digunakan dalam produksi bahan bakar.

Kehidupan sehari-hari:
Asam basa dalam darah
Reaksi Kesetimbangan:
H2CO3 (aq) ⇌ H+ (aq) + HCO3- (aq)
Reaksi ini berperan penting dalam menjaga pmkeseimbangan pH darah.

Fotosintesis
Reaksi kesetimbangan:
6CO2 (g) + 6 H2O (l) ⇌ C6H12O6 (aq) + 6O2 (g)
Reaksi ini bermanfaat untuk membantu mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dan air.

KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa kesetimbangan kimia memeiliki peranan yang luas dalam Industri dan kehidupan sehari-hari. Penerapan kesetimbangan ini membantu dalam reaksi suatu produk agak dapat efisien dan lebih baik. Oleh karena itu, dalam reaksi amonia, hidrogenesasi minyak, asam basa dalam darah, dan fotosintesis kesetimbangan sangat diperlukan.

DAFTAR PUSTAKA
Erawati Dewi, Luh Joni.(2009). Pengembangan media pembelajaran reaksi kesetimbangan kimia. Undiksha. Diakses pada 27 November 2023. Link Url:

N Amida, S Rohiat.(2021). Media pembelajaran berbasis android materi kimia. Alotrop. Diakses pada 27 November 2023. Link url:

Stekom. Poses Haber. Stekom. Diakses pada 27 November 2023.Link Url:

Ridlo, Muhammad Fahmi.(2022). Kimia: Pengertian, Ciri, dan Rumus Kesetimbangan. Diakses pada 27 November 2023. Link Url:

Nurrisalam, Muhamad. (2012). Kesetimbangan kimia dalam pengairan. Universitas Muhamadiah Metro. Diakses pada 27 November 2023. Link Url:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.