.

Jumat, 16 Februari 2018

Pengembangan Teknologi Hijau

Oleh Dwi Setiawan
@F06-DWI














Abstract

Di era sekarang ini pertumbuhan industri semakin masif, dan dampak dari kegitan industri itu pun sangat dirasakan dampat negatifnya terutama dalam bidang lingkungan, perlu adanya teknologi sebagai penangkal terhadap dampat negatif industri,Teknologi hijau merupakan teknologi yang dapat memecahkan permasalahan lingkungan yang di akibatkan oleh berbagai macam kegiatan manusia dan industri yang ada, teknologi hijau juga bisa menjadi alternatif bagi perkembangan industri yang ramah lingkungan agar kegiatan idustri berjalan denga lancar dan tanpa mencemari lingkunga sekitar.



Kata Kunci : Pengembangan Teknologi Hijau

Pengembangan Teknologi Hijau



Prinsip dari teknologi yang ramah lingkungan ini ada enam, yakni Recycle, Recovery, Reduce, Reuse,Refine, serta Ret Prinsip dari teknologi yang ramah lingkungan ini ada enam, yakni Recycle, Recovery, Reduce, Reuse,Refine, serta Retrieve Energy. Refine artinya memakai bahan yang ramah lingkungan dan lewat sistem yang lebih aman dari teknologi sebelumnya. Reduce artinya mengurangi jumlah limbah dengan cara memaksimalkan pemakaian bahan. Reuse yaitu menggunakan kembali beberapa bahan yg tidak terpakai atau telah berbentuk limbah serta diolah dengan cara yang berbeda. Recycle nyaris sama juga dengan reuse, hanya saja recycle memakai kembali bahan-bahan atau limbah dengan sistem yang sama. Recovery artinya pemakaian material khusus dari limbah untuk diolah demi kepentingan yang lain. Retrieve Energy yaitu penghematan daya dalam satu sistem produksi.
Manfaat Teknologi Ramah Lingkungan
Teknologi yang ramah pada lingkungan memberikan manfaat yang sangat besar buat kehidupan. Dibawah ini akan kita bahas beberapa contoh dari pemanfaatan teknologi yang ramah terhadap lingkungan.
1. Mampu mengurangi jumlah limbah supaya tak berlebihan hingga dapat menghindari pencemaran terhadap lingkungan
2. Teknologi yang digunakan haruslah sangat efisien dan efektif dalam pemakaian sumber daya alam, hingga lingkungan juga bisa tetap terjaga dengan baik.
3. Mampu menekan biaya produksi
4. Mengurangi resiko penurunan kondisi kesehatan mahluk hidup.
Contoh Teknologi Ramah Lingkungan
Dari pembahasan diatas yang telah menjelaskan mengenai pengertian dari teknologi yang ramah terhadap lingkungan diharapkan juga kita telah paham mengenai prinsip dan manfaat dari sebuah teknologi yang ramah terhadap lingkungan ini. Namun, mungkin sebagian dari kita masih kesulitan untuk menentukan contoh dari teknologi yang ramah lingkungan, padahal teknologi semacam ini sudah mulai banyak digunakan di lingkungan sekitar kita. Untuk membantu menentukan teknologi apa sajakah itu, berikut merupakan beberapa contoh dari teknologi yang ramah terhadap lingkungan :
• Sepeda
• AC yang tidak menggunakan freon
• Pembangkit listrik tenaga surya
• Pembangkit listrik tenaga nuklir
• Mobil atau sepeda yang mendapatkan tenaganya dari tenaga surya
• Dan banyak lainnya.
(Anonim,2016)

Daftar Pustaka :

Anonim,2016,Teknologi Ramah Lingkungan

Hidayat afia atep & M.kholil,2017,kimia industri dan teklnolog hijau


Tidak ada komentar:

Posting Komentar