.

Sabtu, 20 Agustus 2016

Daur Ulang Sampah



Sampah sekarang seperti ancaman bagi masyrakat karena sampah bisa menimbulkan penyakit, banjir, pencemaran limbah dan pemandangan pun jadi tidak indah karena sampah.
Daur ulang mempunyai pengertian sebagai proses menjadikan bahan bekas atau sampah menjadi menjadi bahan baru yang dapat digunakan kembali. Dengan proses daur ulang, sampah dapat menjadi sesuatu yang berguna sehingga bermanfaat untuk mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. Manfaat lainnya adalah menghemat energi, mengurangi polusi, mengurangi kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca dari pada pada proses pembuat barang baru.
Upcycling
Reusing is an approach to individuals for the rubbish issues. Consistently Indonesia produces no less than million ton trash. The trash is sent to landfills, where a large portion of them dirty the area and air. As an aftereffect of reusing, rubbish that would have been discarded are reused rather in new items.
Waste from hospitals and industries is disposed of as untreated waste, and this is environmentally unfriendly as standards and safety precautions are neither maintained nor adhered to. Industrial establishments are required to submit Environmental Impact Assessment (EIA) reports defining how their waste is to be disposed of. Often the Uganda Investment Authority (VIA) does not enforce any of the regulations within the EIA. Due to this weaknes s municipal solid waste sites often receive industrial and hazardous wastes which could then easily seep i nto water sources.

Proses Daur Ulang
·    Mengumpulkan; yakni mencari barang-barang yang telah di buang seperti kertas, botol air mineral, dus susu, kaleng dan lain-lainya.
·        Memilah; yakni mengelompokkan sampah yang telah dikumpulkan berdasarkan jenisnya, seperti kaca, kertas, dan plastik.
·     Menggunakan Kembali; Setelah dipilah, carilah barang yang masih bisa digunakan kembali secara langsung. Bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
·     Mengirim; Kirim sampah yang telah dipilah ke tempat daur ulang sampah, atau menunggu pengumpul barang bekas keliling yang akan dengan senang hati membeli barang tersebut.
·        Lakukan Daur Ulang Sendiri; Jika mempunyai waktu dan ketrampilan kenapa tidak melakukan proses daur ulang sendiri. Dengan kreatifitas berbagai sampah yang telah terkumpul dan dipilah dapat disulap menjadi barang-barang baru yang bermanfaat.

Jenis-Jenis Sampah
1.      Berdasarkan Sumbernya
·         Sampah alam
Sampah yang diproduksi di kehidupan liar diintegrasikan melalui proses daur ulang alami, seperti halnya daun-daun kering di hutan dan di lingkungan  pemukiman yang terurai menjadi tanah.
·         Sampah manusia
Sampah manusia (Inggris: human waste) adalah istilah yang biasa digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin.
·         Sampah konsumsi
Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh (manusia) pengguna barang, dengan kata lain adalah sampah-sampah yang dibuang ke tempat sampah.
·         Sampah nuklir/radio aktif
Sampah nuklir merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidup dan juga manusia.
·         Sampah industri

2.      Berdasarkan Sifatnya
·         Sampah organik (degradable) atau sering disebut sampah basah (dapat diuraikan)
Merupakan sampah yang dapat terurai secara alami, artinya bahan sampah tersebut dapat membusuk tanpa harus di daur ulang. Sampah organik dihasilkan dari kegiatan rumah tangga seperti proses memasak, pertanian, kotoran hewan, dan sebagainya. Sampah organik ini lebih ramah terhadap lingkungan karena secara alami akan terurasi oleh bakteri.
·         Sampah non organik (undegradable) yaitu tidak dapat diuraikan
Merupakan sampah hasil industri maupun hasil pengolahan bahan mineral dan minyak bumi. Sampah yang sering disebut juga dengan sampah kering ini sangat susah terurai oleh alam, sehingga kalau sampai jumlah sampah tersebut menumpuk dalam tanah maka akan mengakibatkan pencemaran tanah dan lingkungan. Contoh sampah non organik diantaranya plastik, kaleng bekas minuman, alumunium, dan sebagainya.




Pengelolaan Sampah


 

 
1.       Reuse
Yaitu menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Contoh kegiatan reuse sehari-hari:
  • Gunakan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.
  • Gunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.
  •  Gunakan email (surat elektronik) untuk berkirim surat.
  • Jual atau berikan sampah yang terpilah kepada pihak yang memerlukan
  • Memanfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk pembungkus
  •  Memanfaatkan pakaian atau kain-kain bekas untuk kerajinan tangan, perangkat pembersih (lap), maupun berbagai keperluan lainnya

2.       Reduce
Yaitu mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.
Contoh kegiatan reduce sehari-hari:
  • Pilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.
  • Hindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.
  • Gunakan produk yang dapat diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali).
  • Maksimumkan penggunaan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.
  • Kurangi penggunaan bahan sekali pakai.
  • Gunakan kedua sisi kertas untuk penulisan dan fotokopi.
  • Hindari membeli dan memakai barang-barang yang kurang perlu.
3.       Recycle
Yaitu mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.
Contoh kegiatan recycle sehari-hari:
  • Pilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai.
  • Olah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.
  • Lakukan pengolahan sampah organic menjadi kompos.
  • Lakukan pengolahan sampah non organic menjadi barang yang bermanfaat.

Manfaat Pengelolaan Sampah
a.    Penghematan sumber daya alam
b.    Penghematan energi
c.    Penghematan lahan TPA
d.    Lingkungan asri (bersih, sehat, nyaman)


Daftar Pustaka

Samarang, Putra. 2015. Pengertian dan Proses Daur Ulang. http://riansamarang.blogspot.co.id/2015/07/pengertian-proses-daur-ulang.html
Alamendah. 2011. Pengertian dan Proses Daur Ulang. https://alamendah.org/2011/01/22/pengertian-dan-proses-daur-ulang
Weni, Manda. 2012. Daur Ulang Sampah dan Manfaat Bagi Lingkungan. http://inasmandaweniadiwiyata.blogspot.co.id/2012/12/daur-ulang-sampah-dan-manfaat-bagi.html
Yuzuru, Orihara. 2014. Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah. http://oriharayuzuru.blogspot.co.id/2014/03/pengelolaan-sampah-di-sekolah.html
Alamendah. 2010. 3R (Reuse Reduce Recycle) Sampah. https://alamendah.org/2010/07/01/3r-reuse-reduce-recycle-sampah/



22 komentar:

  1. 075-anto, bahan/produk apa saja yang dapat atau bisa di daur ulang,dan jika sudah di daur ulang apakah aman untuk kesehatan manusianya ??
    trmksh........

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nandar (009)
    (1)mendaur ulang sampah memang bagus dalam segi ekonomi dan lingkungan, tetapi tidak semua tempat itu memliki alat daur ulang sampah itu sendiri.. seharusnya dari pemerintah memberikan subsidi untuk pengolahan sampah yg lebih baik
    (2)Apakah semua sampah bisa didaur ulang..?

    BalasHapus
  4. Daur ulang sampah memang harus segera digalakkan agar lingkungan disekitar kita selalu bersih dan nyaman. Tetapi juga harus diimbangi dengan mengurangi penggunaan bahan yang menghasilkan sampah.
    Pertanyannya, metode daur ulang sampah yang bagaimana yang sangat efektif untuk mengurangi jumlah sampah yang ada ?

    020-BINTANG

    BalasHapus
  5. Vindi Afriyadi (070)
    Komentar:
    Saya sangat setuju sekali mengenai daur ulang sampah, karena dengan program tersebut bisa sedikit banyaknya mengurangi sampah di sekitar kita. Tetapi masih banyak masyarakat Kita yang masih tidak care dengan hal itu...

    Pertanyaan:
    Bagaimana cara mensosialisasikan program tersebut sehingga menjadi budaya atau kebiasaan masyarakat Kita?

    BalasHapus
  6. Samsul Hadi (037)
    Sampah yang menjadi momok terbesar di Indonesia menjadikan teknologi pengolahan sampah begitu dibutuhkan oleh kalangan masyarakat. sebaik apapun pengolahan sampah yang dilakukan jika masyarakat nya masih memiliki pola pikir tidak peduli lingkungan makan akan terjadi kondisi yang stagnan, tidak ada penurunan pencemaran sampah karena sang pencemar nya belum memahami arti lingkungan. sehingga sepeti gali lobang tutup lobang. disalah satu pihak peduli dengan mendaur ulang sampah dan dipihak lainnya melakukan tindakan mencemari lingkungan dengan sampah.


    Sistem apa yang tepat digunakan di Indonesia guna menangani sampah bukan hanya di tempat akhir pembuangannya saja tapi juga manusianya sebagai sumber pencemar adanya sampah tersebut. Terimakasih

    BalasHapus
  7. Faisal ardhi h(046)

    Daur ulang sampah memang menjadi hal yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan hijau.karna dengan jumlah sampah yang begitu banyak

    Dalam daur ulang sendiri,pengetahuan apakah yang diperlukan?

    BalasHapus
  8. menurut saya ini sangat penting karena sampah di Indonesia sudah sangat banyak ,kalau tidak ada daur ulang mungkin 10 tahun yang akan datang indonesia akan terkenal sebagai negara sampah terbanyak di dunia.Di negara lain juga sudah banyak menerapkan daur ulang sampah

    Pertanyaan : Bagaimana cara mengoptimalkan daur ulang sampah ?

    BalasHapus
  9. Adit(042)
    Dengan pemanfaatan sampah menjadi sesuatu hal yang lebih berguna itu sangat baik

    Tpi apakah aman ? Jika ada bahan yang tidak aman, bagaimana ?

    BalasHapus
  10. elgi riskiana (028)
    daur ulang sampah memang bisa mengsatasi banyaknya sampah yang semakin menggunung di negara kita

    pertanyaan saya, apakah dengan daur ulang sampah bisa menjadikan sebuah energi baru seperti energi hijau yang sekarang banyak di perbincangkan

    BalasHapus
  11. Rendi (022) pengolahan sampah memamg harus dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan
    yang jadi pertanyaan saya adalah tindakan apa yang harus dilakukan untuk sampah yang sudah tidak bisa lagi di olah..?

    BalasHapus
  12. ARTIKEL ANDA PERLU DI TAMBAHKAN MENGENAI DATA DAERAH DIMANA SAJA YANG TELAH MENDAUR ULANG SAMPAH CONTOH, SUMATERA SELATAN SUDAH LOH MENDAUR ULANG SUNGAI MUSI MENJADI LISTRIK UNTUK PEDESAAN.... PERTANYAAN APAKAH MENURUT ANDA DAUR UALANG SAMPAH UNTUK 20 TAHUN KEDEPAN MASIH BISA SURVIVE...SYLVIANA 103

    BalasHapus
  13. Raafi (064)

    Sampah memang menjadi ancaman bagi masyarakat ,yang setiap harinya selalu bertambah , dengan adanya daur ulang ini akan mengurangi jumlah sampah yang ada.

    Bagaimana cara daur ulang yang baik dan benar ?

    BalasHapus
  14. Pazrin (001)

    Komentar:
    Dalam artikel diatas saya tidak melihat pegelompokan dari daur ulang sampah itu sendiri, maksudnya termasuk pada energi hijau, atau kimia hijau, atau apapun itu seharusnya ada pembahasan lebih lanjut mengenai daur ulang sampah mencapai kegunaannya untuk bumi ini.

    Pertanyaan:
    Di Jakarta sendiri sampah menjati faktor yang besar, ribuan ton perhari dihasilkan di Kota ini, mengapa pemerintah tidak dapat mengaplikasikan konsep daur ulang? apa faktor penghambatnya?

    BalasHapus
  15. Stefanie (023)
    Daur ulang sampah sangat diperlukan diterapkan agar dapat mengurangi limbah sampah yang semakin hari semakin banyak dan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat.
    Bagaimana cara memberi pengarahan kepada masyarakat agar mau melakukan daur ulang sampah, karena masih banyak masyarakat yang menganggap hal ini tidak terlalu penting?

    BalasHapus
  16. wida(077)

    sampah merupakan permasalahan yang paling utama,saya setuju mengenai daur ulang sampah, karena itu merupaka suatu solusi yang sangat baik, kita juga dapat mengurangi pemakaian yang dapat menimbulkan apa yang ada dibumi hilang atau habis.
    sampah telah ada pengelompokannya, apa saja contoh daur ulang sampah sesuai dengan pengelompokanya?

    BalasHapus
  17. FIRMANSYAH-106, TUGAS 10

    Menurut saya daur ulang sampah dapat dilakukan, dan banyak sekali cara untuk menanggulangi permasalahan sampah disekitar kita.

    Pertanyaan :

    Bagaimana cara untuk menangulangi sampah selain daur ulang ?

    BalasHapus
  18. Yosep (073)
    kritik /saran:
    1. Awal tulisan harus ada Nama Penulis
    2. Pemkaian bahasa inggris terlalu banyak
    3. Tulisan artikel cukup jelas
    Pertanyaan:
    Coba sebutkan ada beberapa fungsi/kegunaan sampah manusia?

    BalasHapus
  19. slamet hariadi (060)

    menurut saya daur ulang sampah penting bagi manusia agar lebih hidup lebih kreatif

    apakah daur ulang bisa dilakukan manusia secara terus menerus ?

    BalasHapus
  20. Setiawan (027)
    menurut saya ini sangat penting karena sampah di Indonesia sudah sangat banyak ,kalau tidak ada daur ulang mungkin 10 tahun yang akan datang indonesia akan terkenal sebagai negara sampah terbanyak di dunia.Di negara lain juga sudah banyak menerapkan daur ulang sampah

    Pertanyaan : Bagaimana cara mengoptimalkan daur ulang sampah ?

    BalasHapus
  21. Nova(013)
    Sampah organik ini lebih ramah terhadap lingkungan karena secara alami akan terurai oleh bakteri

    Apakah ada cara selain Mendaur Ulang ..

    BalasHapus
  22. Yulius (074)
    Daur Ulang sampah, sangat baik apabila dapat di terapkan,, sekaligus menaggulangi banyaknya sampah di indonesia..
    semoga dapat terus di kembangkan.

    BalasHapus