.

Sabtu, 20 Agustus 2016

Penerapan Energi Hijau dengan Panel Surya

Bicara soal energi dari tahun ke tahun memeng tidak ada habisnya,atau bisa di bilang justru penemuan energi semakin meningkat.
Namun,yang kita tahu bila energi sebelum-sebelumnya lebih banyak meanfaatkan alam tanpa memperhatikan dampak jangka panjangnya yang akhir-akhir ini mulai terasa.Seperti,pemanasan global,efek rumah kaca,dan lain sebagainya.Disini saya akan membahas salah satu energi terbarukan yang sangat ramah lingkungan yaitu menghasilkan listrik dengan memanfaatkan tenaga surya dengan bantuan alat solar panel.

     
Sebuah panel surya adalah kumpulan sel fotovoltaik, dan juga dikenal oleh modul fotovoltaik moniker. Pada gilirannya, kumpulan panel surya disebut matahari atau photovoltaic array. Sel dalam sebuah panel surya terdiri dari sebuah encapsulate (biasanya gelas atau plastik bening), yang melakukan kontak grid, dan dua semikonduktor.
          Panel surya terdiri dari berlapis-lapis semikonduktor. Ketika sebuah foton dari energi cahaya yang diserap oleh panel surya dan memasuki sebuah atom yang terletak pada permukaan salah satu sel surya, energi yang baru ditemukan izin atom elektron atom itu mengalir. Secara khusus, elektron berdifusi melintasi panel surya’s pn junction, titik antara semikonduktor tipe-p (dasar) dan semikonduktor tipe-n (emitor). Panel surya sebagai energi mengumpulkan, muatan negatif yang dihasilkan di emitor karena peningkatan jumlah elektron dan muatan positif yang dihasilkan di dasar karena peningkatan jumlah lubang elektron. Seperti yang membebaskan elektron dari emitor dan elektron lubang dari dasar melintasi persimpangan, sebuah medan listrik diterapkan pada panel surya menyapu mereka pergi ke beban eksternal, pembangkit arus searah.
          A Solar Panel output sebagian besar tergantung pada jumlah harian rata-rata surya insolation (radiasi matahari di atas suatu daerah). Pertama, menentukan kebutuhan energi Anda dari tagihan energi Anda. Ini biasanya terdaftar sebagai konsumsi bulanan di kilowatt-jam (kWh). Setelah Anda tahu berapa banyak energi yang Anda butuhkan, saatnya untuk penelitian insolation solar rata-rata Anda. National Renewable Energy Laboratory telah menyediakan peta berguna untuk Amerika. Cari wilayah anda untuk menentukan jenis output yang dapat Anda harapkan dari panel surya Anda array. Sebagai contoh kami panel surya instalasi, kita akan mengasumsikan rata-rata nasional sekitar 5 kWh/m2/day.
          Ada banyak sekali keuntungan yang dapat kita ambil bila menggunakan panel surya untuk pengganti suplay energi listrik.Panel surya sendiri adalah alat yang sangat ramah lingkungan,tanpa polusi, serta limbah.Dengan menggunakan panel surya kita sudah ikut mengurangi pemanasan global(glonal warming).
          Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah dengan menggunakan solar panel bisa mengurangi biaya listrik di rumah. Karena solar panel ini menggunakan energi yang tidak pernah habis dan gratis yaitu tenaga surya.
          Untuk pemasangannya pun tidak sulit dan tidak membutuhkan lahan yang luas.seperti halnya lampu penerangan jalan,untuk keperluan rumahpun juga tidak membutuhkan lahan yang luas karna bisa di pasang di atas atap rumah.
Apa kelebihan menggunakan panel surya di banding energi lain:
  • Energi terbarukan(renewable energy),tidak perlu BBM lagi
  • Bersih,dan ramah lingkungan
  • Umur panel surya panjang:20-25 tahun
  • Sangat cocok untuk daerah tropis seperti indonesia 
 Manfaat listrik tenaga surya
  1. Memotong tagihan listrik Anda. Sinar matahari adalah gratis, jadi setelah Anda sudah membayar untuk instalasi awal, biaya listrik Anda akan berkurang.
  2. Dapatkan dibayar untuk listrik Anda menghasilkan. Skema Tarif Feed-in pemerintah Inggris membayar Anda untuk listrik yang Anda hasilkan, bahkan jika Anda menggunakannya.
  3.    Menjual kembali listrik ke grid. Jika sistem anda menghasilkan listrik lebih banyak dari yang Anda butuhkan, Anda dapat menjual surplus kembali ke grid melalui skema Tarif Feed-in.
  4.  Mengurangi jejak karbon Anda. listrik tenaga surya merupakan energi terbarukan hijau dan tidak melepaskan karbon dioksida yang berbahaya atau polutan lainnya. Sebuah rumah sistem PV surya yang khas bisa menyelamatkan lebih dari satu ton dan setengah dari karbon dioksida per tahun - yang lebih dari 30 ton selama masa pakai baterai.


Daftar Pustaka:
Anonim.maret 11,2010.Apa itu solar panel dan cara kerjanya
https://l1n4ch4n.wordpress.com/2010/03/11/apa-itu-solar-panel-dan-bagaimana-cara-kerjanya/
Mandiri,krisna.2016.Apa itu panel surya
http://krisnaenergi.com/apa-itu-panel-surya/
Anonim.juli  27,2016.Panel surya
https://id.wikipedia.org/wiki/Panel_surya
Indonesia,solar panel.2015.Solar panel dan apa itu PLTS
http://www.solarpanelindonesia.com/
Anonim.2016.Solar Panels
http://www.energysavingtrust.org.uk/renewable-energy/electricity/solar-panels

14 komentar:

  1. Ayu (085)
    Saran dan Kritik : Di Indonesia penggunaan energi sel surya sudah dikenal dan digunakan di berbagai instansi pemerintahan,sekolah , maupun industri.
    Namun harga alat solar panel yang cukup mahal belum mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Penggunaaan energi sel surya merupakan energi terbarukan yang dapat memberikan efek yang baik dan mengurangi ketergantungan listrik terhadap batubara.
    Pertanyaan : Bagaimana kita dapat membuat solar panel untuk dirumah ?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kenny (076). Menurut saya pembangkit listrik tenaga surya adalah suatu cara yang ampuh dalam "memanfaatkan" global warming.
    Apakah panel surya bisa mengurangi dampak terjadinya global warming ?

    BalasHapus
  4. Adit(042)
    Energi sel surya ini menurut saya suatu alternatif yang sangat baik dan ramah lingkungan dan juga energi matahari yang sangat melimpah

    Tapi apakan panel sel surya tersebut bisa menampung energi yang cukup besar ?

    BalasHapus
  5. Rendi (022) penerapan penggunaan energi hijau dengan panel surya memang sangat membantu apalagi untuk kalangan menengah kebawah
    yang jadi pertanyaan saya adalah apakah energi sebesar itu mampu memenuhi kebutuhan manusia yang setiap hari memerlukan energi yang cukup besar..?

    BalasHapus
  6. Nandar(009)
    (1)mencari energi alternatif saat ini memang sangat diperlukan.. dikarenakan energi dari minyak bumi makin menipis.. dikarenakan pemakaian yang berlebihan.. dengan panel surya sangat ekonomis.. walaupun panel surya itu sendiri cukup lumayan untuk segi harga.. tapii saya sudah banyak melihat panel surya untuk jalan tol yang baru dibangun..
    (2)apakah panel surya dapat menutupi kebutuhan energi manusia setiap harinya..?

    BalasHapus
  7. Nandar(009)
    (1)mencari energi alternatif saat ini memang sangat diperlukan.. dikarenakan energi dari minyak bumi makin menipis.. dikarenakan pemakaian yang berlebihan.. dengan panel surya sangat ekonomis.. walaupun panel surya itu sendiri cukup lumayan untuk segi harga.. tapii saya sudah banyak melihat panel surya untuk jalan tol yang baru dibangun..
    (2)apakah panel surya dapat menutupi kebutuhan energi manusia setiap harinya..?

    BalasHapus
  8. Agus darmawan 029

    Memang sangat betul pemanfaatan energi panel surya sangat cocok berada di indonesia yang merupakan daerah teropis,dan seharusnya indonesia bisa sangat memanfatkan energi tersebut.

    Pertanyaan saya adalah bagaimana cara kerja panel surya.?

    BalasHapus
  9. slamet hariadi (060)

    artikel diatas sangat membantu manusia agar lebih memanfaatkan energi panel surya.

    apakah energi panel surya bisa digunakan sebagai energi alternatif?

    BalasHapus
  10. Elgi riskiana (028)
    Penggunaan panel surya sangat membantu mamasok kebutuhan listrik, dan bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sebagi sumber energi yang menghasilkan tenaga listrik

    Pertanyaan saya, bagimana solusi supaya masyarakat dari kalangan bawah bisa menggunakan teknologi ini, karena harganya yang tidak murah

    BalasHapus
  11. 061-Agus
    Panel surya salah satu cara pengurangan penggunaan listrik secara langsung karna menggunakan teknologi yang memanfaatkan alam yang ada

    Pertanyaan saya untuk di daerah pelosok mungkin sangat sulit sekali dikembangankan karna bnyak keterbatasan bagaimana caranya supaya dapat berjalan juga penggunaan panel surya dimpelosok?

    BalasHapus
  12. Sandi (048)

    Komentar:
    Energi surya / matahari,bisa di bilang gratis, karena sudah tersedia di alam, tanpa bantuan alat apa pun energi matahari bisa kita dapatkan cuma-cuma, akan tetapi teknologi ini sangat mahal, apalagi untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah, jadi untuk teknologi ini masih sulit untuk di aplikasikan ke masyarakat luas

    Pertanyaan:
    Apa upaya yang sebaiknya diambil, supaya pemanfaatan energi surya ini bisa diterapkan di semua lapisan masyarakat?

    BalasHapus
  13. tamabahan sedikit, mungkin bisa di jelaskan tentang struktur dan cara kerja nya

    BalasHapus
  14. yulius(074)
    energi tersebut mungkin akan baik apabila dapat diterapkan dengan baik, khususnya di Indonesia..
    terimakasih, atas postingannya

    BalasHapus