.

Sabtu, 20 Agustus 2016

PENTINGNYA TEKNOLOGI HIJAU



OLEH:FAISAL A.H
 Kemajuan IPTEK atau ilmu pengetahuan dari masa ke masa tidak pernah mengalami stak  di tempat,bahkan kemajuan teknologi malh mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.Kemajuan itu pun bisa kita lihat dari segala bidang baik itu,makanan,industri,transportasi,dan sebagainya.Namun di blog ini kita akan membahas suatu teknologi yang bersahabat dengan alam.

               
Teknologi hijau(green technology)akhir-akhir ini mulai menjadi perbincangan hangat di berbagai seminar atau diskusi.Teknologi ini menyangkut penggunaan metode dan bahan serta energi yang baik bersih serta ramah lingkungan.Dalam penerapan teknologi yang ramah lingkungan ini di harapkan dapat melahirkan inovasi dan perubahan bagi umat manusia dalam hal yang positif.
                Kemajuan teknologi hijau sendiri sudah mulai di galakkan seperti daur ulang,dimana suatu proses produksi manufactur di rancang sedemikian rupa agar bisa di olah kembali atau di gunakan kembali.Dan seperti inovasi teknologi alternatif,dimana sebelumnya penggunaan bahan bakar fosil/minyak yang kini telah beralih menggunakan tenaga surya.Serta proses produksi yang dulunya membuang limbah langsung ke lingkungan tanpa di olang kembali,dan kini setelah tahu teknologi hijau limbah tersebut di olah kembali atau di netralkan akan bahan yang membahayakan lingkungan hidup.
                Dalam bidang studi sendiri teknologi hijau antara lain:
1.       energi  adalah masalah yang paling mendesak dalam teknologi hijau adalah energi,yang kini mulai dikembangkan untuk menghasilkan suatu energi yang ramah lingkungan dan efisiensi energi.salah satu contoh penggunaan tenaga surya.
2.       Green building,dimana suatu pembangunan harus melihat lingkungan sekitar serta penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan.
3.       Kimia hijau(green chemistry),suatu penemuan,design dan aplikasi pada produk kiimia yang semaksimal mungkin menghilangkan penggunaan bahan beracun serta turunannya.
4.       Nanoteknologi hijau(green nanotechnology),adalam gabungan dari penerapan kimia hijau dan teknik hijau(green engineering) untuk beragam bidang yang di percaya akan mendatangkan banyak hal yang dapat di produksi.
Dengan kemajuan teknologi hijau ini di harapkan semua manusia dapat menjaga dan memelihara lingkungan dengan baik.Dengan demikian hubungan timbal balik antara lingkungan dengan manusia akan terjalin dengan baik.Jumlah penduduk yang kira-kira 255juta jiwa,dengan kondisi ini memungkinkan hubungan timbal balik yang mustahil.Namun,ini perlu kesadaran tersendiri.Dengan adanya kesadaran tersendiri lebih besar persentase hubungan timbal balik antar manusia dan lingkungan akan berjalan harmonis.


DAFTAR PUSTAKA :
Hidayat,Atep.feb 10,2016.Teknologi Hijau Untuk Bumi Yang Hijau
Hidayat,Atep.oct 22,2013.Mengenal Teknologi Hijau
Hidayat,Atep.Apr 22,2013.Ekologi jakarta
Hidayat,Atep.Apr 22,2013.Tanam Pohon Selamatkan Ekologi Jakarta


4 komentar:

  1. Riswandi (071)

    Teknologi hijau disebut apabila di dalam penggunaannya secara teknik menggunakan atau didukung oleh sistem teknologi ramah lingkungan,rendah karbon,hemat energi,menggunakan energi sumber terbarukan seperti tenaga air,tenaga matahari,atau paling tidak salah satu diantaranya.

    Pertanyaan :
    1. Menyabung komentar diatas,apakah di indonesia secara teknik sudah menggunakannya?

    BalasHapus
  2. Adit(042)
    Saran dari saya, untuk lebih dilengkapi contoh dari teknologi tersebut.

    Walaupun teknologi hijau itu sangat penting, apakah teknologi tersebut akan ramah lingkungan ?

    BalasHapus
  3. Artikel anda cukup menarik, untuk lebih melengkapi
    Pertanyaan : sejauh mana perkembangan teknologi hjau dan research uji coba teknologi hijau tersebut?

    BalasHapus
  4. Artikel anda cukup menarik, untuk lebih melengkapi
    Pertanyaan : sejauh mana perkembangan teknologi hjau dan research uji coba teknologi hijau tersebut?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.