.

Sabtu, 17 Februari 2018

Energi Terbarukan untuk Masa Depan Lingkungan yang Lebih Baik

Oleh : Ardian Sarwo Adi Sutrisno (G03-Ardian)

Abstrak

Energi terbarukan sangat penting digunakan mengingat energy fossil memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan. Terdapat 8 Sumber dari energy terbarukan di Indonesia yaitu : Biofuel, Biomassa, Panas Bumi, Air, Angin, Matahari, Gelombang Laut dan Pasang Surut.

Kata Kunci : Energi Terbarukan, Sumber


Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Sumber daya alam tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau di Indonesia yang berjumlah ribuan pulau. Oleh karena itu, Indonesia seharusnya bisa lebih banyak mengoptimalkan potensi yang ada, salah satunya dengan penggunaan energi terbarukan.

Menurut Hidayat dan kholil (2017) menyatakan bahwa Energi terbarukan, yaitu pembangkit listrik atau panas dengan menggunakan sumber energi dari matahari, angin, biomassa, panas bumi atau sumber daya hidro.

Sebagian besar kebutuhan energi di dunia dicukupi dengan energi yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Sumber daya alam seperti fosil merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Dengan penggunaan yang terus menerus maka sumber daya tersebut akan habis. Selain itu penggunaan bahan bakar dari fosil juga dapat meningkatkan pencemaran karena membentuk gas karbon. Seperti yang kita ketahui gas karbon merupakan salah satu gas rumah kaca sehingga dapat memperburuk pemanasan global yang terjadi saat ini. Berarti upaya penggunaan energy terbarukan sangat penting dilakukan

Menurut Lubis (2007) menyatakan bahwa Energi Terbarukan harus segera dikembangkan secara nasional bila tetap tergantungan energi fosil, ini akan menimbulkan setidaknya tiga ancaman serius yakni:

1. Menipisnya cadangan minyak bumi yang diketahui (bila tanpa temuan sumur minyak baru)
2. Kenaikan/ketidakstabilan harga akibat laju permintaan yang lebih besar dari produksi minyak, dan
3. Polusi gas rumah kaca (terutama CO2) akibat pembakaran bahan bakar fosil.
Jenis sumber energi terbarukan (renewable energy) yang dimiliki Indonesia cukup banyak. Jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik diyakini dapat menggantikan energi fosil. Berikut daftar 8 sumber energi terbarukan di Indonesia yang dapat dimanfaatkan.
1. Biofuel
Biofuel atau bahan bakar hayati adalah sumber energi terbarukan berupa bahan bakar (baik padat, cair, dan gas) yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. 
2. Biomassa
Biomassa adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum lama mati.
3. Panas Bumi
Energi panas bumi atau geothermal adalah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas bumi diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. 
4. Air
Energi air adalah salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energi ini didapatkan dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki air. 
5. Angin
Energi angin adalah sumber energi terbarukan yang dihasilkan oleh angin. Kincir angin digunakan untuk menangkap energi angin dan diubah menjadi energi kinetik atau listrik. 
6. Matahari
Energi matahari atau surya adalah energi terbarukan yang bersumber dari radiasi sinar dan panas yang dipancarkan matahari. 
7. Gelombang Laut
Energi gelombang laut atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari tekanan naik turunnya gelombang air laut
8. Pasang Surut
Energi pasang surut air laut adalah energi terbarukan yang bersumber dari proses pasang surut air laut. Terdapat dua jenis sumber energi pasang surut air laut, pertama adalah  perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut. Yang kedua adalah arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil.


Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil.2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media.
Lubis, Abu Bakar. 2007. Energi Terbarukan dalam Pembangunan Berkelanjutan. Dalam Jurnal Teknologi Lingkungan. (Vol 8 No 2). Diunduh tanggal 17 Februari 2018. file:///C:/Users/user/Downloads/508-2176-1-PB.pdf
Prastowo, Bambang. 2007. Potensi Sektor Pertanian Sebagai Penghasil dan Pengguna Energi Terbarukan. Dalamejournal litbang pertanian. (Vol.6 No.2). Diunduh tanggal 17 Februari 2018. file:///C:/Users/user/Downloads/2862-6668-1-SM.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar