.

Jumat, 29 Juli 2016

Pengusahaan Sumberdaya Energi Kimia dan EnergiTerbarukan



Energi kimia adalah  energi yang timbul karna adanya reaksi kimia. Energi Kimia itu yang tersimpan dalam bahan makanan dan bahan bakar. Energi itu akan dilepaskan jika bahan makanan atau bahan bakar mengalami reaksi kimia.
A. Contoh sehari – hari dalam Energi Kimia
1.    Lampu senter bisa memiliki cahaya karena mendapatkan energi dari batu battery yang dipasang. Di dalam batu battery ada semacam bubuk energi yang digunakan untuk merubah bubuk menjadi energi cahaya.
2.    Bahan bakar minyak yang bersifat cair apabila diberi sedikit api, maka cairan ini dapat menyala sepenuhnya.
3.    Fotosintesis
Dalam proses ini sinar matahari sangat dibutuhkan untuk menggabungkan karbon dioksida dari atmosfer dengan air untuk menghasilkan glukosa. Glukosa atau gula sendiri digunakan tanaman sebagai bahan makanan. Proses ini akan menghasilkan oksigen yang berguna bagi manusia.


4.    Pembakaran
Reaksi di mana karbon dan hidrogen dalam senyawa organik, seperti minyak ataupun kayu yang kemudian akan bergabung dengan oksigen di udara untuk menghasilkan karbon dioksida, cahaya, air dan juga panas. Bahan bakar yang biasa digunakan untuk proses pembakaran juga dapat dianggap sebagai penyimpan energi kimia.
B.   Manfaat Energi Kimia
1.    proses makanan yang kita makan. Makanan yang kita makan mampu menghasilkan energi.
2.    Dapat dijadikan sebagai bahan bakar
3.    Dapat dijadikan sebagai bahan pengawet
4.    Dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan energi
5.    Digunakan untuk menggerakkan mobil, pesawat terbang, dan kereta api.

C.   Sumber energi baru
gambar : (www.techno.id )

sumber energi yang dapat dihasilkan oleh teknologi baru baik yang berasal dari sumber energi terbarukan maupun sumber energi tak terbarukan, antara lain nuklir, hidrogen, gas metana batu bara (coal bed methane), batu bara tercairkan (liquified coal), dan batu bara tergaskan (gasified coal).
D.   Macam – macam Energi terbaru :
1.    Energi baru adalah energi yang berasal dari sumber energi baru
2.    Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang dihasilkan dari sumber daya energi yang berkelanjutan jika dikelola dengan baik, antara lain panas bumi, angin, bioenergi, sinar matahari, aliran dan terjunan air, serta gerakan dan perbedaan suhu lapisan laut.
3.    Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber energi terbarukan.

E.        Sumber Utama Energi Terbaru :
a.    Biomassa
Pemanfaatan biomasa ada 2 cara yaitu pemanfaatan secara langsung dan pemanfaatan dengan teknologi biogas.

1.    Pemanfaatan Biomassa Secara Langsung
                                    Sumber energi yang berasal dari bahan-bahan nabati, termasuk
limbah yang berasal dari manuasia atau hewan. Biomassa ini dapat berbentuk padat, cair, dan gas. Pemanfaatan secara langsung sebagian besar dipergunakan untuk kebutuhan memasak.

2.    Pemanfatan Biomassa Dengan Teknologi Biogas
Gas yang mudah terbakar dan dihasilkan dari biomassa (terutama limbah manusia dan ternak), limbah organik kota/industri, dan limbah pertanian melalui proses fermentasi anaerob.



b.    Energi surya thermal
jenis energi terbarukan yang telah dimanfaatkan sejak jaman dahulu kala oleh masyarakat terutama untuk mengeringkan hasil pertanian, penguapan air laut dalam industri garam, pembuatan genting, dan lain-lain. Dewasa ini bermacam jenis teknik energi surya thermal dapat diterapkan. Pada prinsipnya, penangkapan energi surya thermal ada dua macam, untuk meningkatkan efisiensi dari energi yang ditangkap, yaitu :
1.    Efek rumah kaca, yaitu memerangkap sinar matahari yang menembus kaca/lapisan transparan dalam suatu ruangan. Panas yang terkumpul digunakan untuk memanasi media lain, misalnya air.
2.    Mengkonsentrasikan/memfokuskan berkas radisi surya ke satu titik atau garis api. Cara ini terutama adalah digunakan dalam penerapan teknologi kompor surya.


c.    Penerapan energi surya thermal
•Penerapan energi surya thermal untuk pengering hasil pertanian/perikanan.
•Penerapan energi surya thermal untuk sistem penyediaan air panas di rumah tangga, hotel, atau pun industri dan kompor surya.

Mind Mapping Energi Kimia dan Energi Terbarukan 



Dikutip dari wikipedia, energi terbarukan, 2015 ;  geoenviron, geologi lingkungan sumber daya energi, 2012; Anonim, kimia umum materi energi dan kimia, 2015. 

Daftar Pustaka











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.