.

Selasa, 26 September 2023

Ikatan Ionik: Daya Tarik Coulomb

 Ikatan Ionik: Daya Tarik Coulomb



Nama: Rizki Juni Feraro

NIM   : 41623010046

Code  : @Z22-JUNI


A. Abstrak
Apa itu gaya coulomb? Gaya coulomb dapat di artikan sebagai gaya tarik menarik antara dua partikel yang bermuatan listrik berlawanan arah. Hukum coulomb ini ditemukan oleh ilmuwan asal Prancis yang bernama Charles Augustin de Coulomb pada tahun 1785. Dalam hukum coulomb terdapat prinsip coulomb serta rumusnya.
Hukum coulomb sangat erat kaitannya dengan ikatan ionik. Hal ini di karenakan proses yang terjadi pada coulomb menyebabkan terbentuknya ikatan ionik. Proses ini bisa terjadi Ketika dua atom mendekat dan daya tarik coulomb memiliki perbedaan yang besar (karena jarak keduanya dalam tabel periodik), atom dengan nilai coulomb yang lebih besar akan mencuri elektron atom yang nilai coulombnya lebih kecil. Atom dengan nilai coulomb yang lebih besar akan menjadi muatan negatif karena kelebihan elektron. Atom dengan nilai coulomb yang lebih kecil akan menjadi muatan positif karena kekurangan elektron. Ketika satu atom bermuatan positif dan atom lainnya bermuatan negatif, maka timbul gaya tarik-menarik coulomb antara atom-atom bermuatan dan mereka tertarik satu sama lain. Beginilah cara mereka membentuk ikatan ionik.

Kata kunci: coulomb, Ikatan Ionik.

B. Pendahuluan
Beranjak dari perkembangan teknologi yang sangat pesat tak bisa dipungkiri bahwa peran ilmu kimia juga sangat besar. Kontribusi yang diberikan ilmu kimia sangat berguna baik dalam perkembangan teknologi maupun bidang keilmuan. Oleh karena itu, bagi seorang pelajar ataupun mahasiswa penting untuk ikut andil dalam mengembangkan ilmu kimia sehingga nantinya kimia akan semakin berkembang lagi. Kimia memeiliki cangkupan yang luas salah satunya yaitu ikatan ionik lebih tepatnya coulomb. Untuk memahami apa itu gaya coulomb kita harus mengeksplore lebih banyak mengenai gaya coulomb tersebut. Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini akan di bahas mengenai apa itu daya tarik coulomb beserta penjabarannya.

C. Rumusan Masalah
a) Apa itu gaya coulomb?
b) Bagaimana daya tarik Coulomb?

D. Tujuan
Untuk memahami gaya coulomb serta mengetahui daya tarik coulomb. Dapat menjelaskan mengenai daya tarik coulomb.

E. Pembahasan
a) Apa itu gaya Coulomb?
Menurut Encyclopedia Britannica, gaya Coulomb adalah gaya dasar listrik yang ditemukan oleh seorang fisikawan asal Perancis bernama Charles Augustin de Coulomb pada tahun 1785. Pada saat itu Coulomb melakukan percobaan untuk menyelidiki tentang muatan listrik. Seperti yang kita ketahui, muatan listrik ada yang bersifat positif dan juga negatif. Berdasarkan dari percobaannya Coulomb menemukan bahwa:

-Benda dengan muatan yang berbeda akan mengakibatkan gaya tarik-menarik.

-Benda dengan muatan yang sama akan mengakibatkan gaya tolak-menolak.

-Muatan listrik yang lebih besar akan mengakibatkan gaya yang lebih besar.

-Makin dekat kedua muatan, maka makin besar gaya yang dihasilkan. 


Prinsip hukum Coulomb
 Jika dua benda yang bermuatan berlawanan, yaitu muatan positif dan muatan negatif, berada pada jarak tertentu satu sama lain, maka akan saling tarik-menarik. Gaya tarik-menarik meningkat jika muatan suatu benda dinaikkan sementara muatan lainnya tidak berubah.

Demikian pula, meningkatkan muatan benda baru sambil membiarkan benda pertama tidak berubah akan meningkatkan gaya tarik menarik di antara keduanya. Akibatnya, tekanan antara kedua benda yang dibebani sama dengan salah satu atau kedua muatannya.

 Sekarang, jika mempertahankan muatan-muatan mereka konstan pada Q1 dan Q2, mendekatkan keduanya akan meningkatkan gaya di antara keduanya.

 Jika jarak antara dua benda bermuatan sama dengan d, maka gaya yang bekerja pada benda tersebut berbanding terbalik dengan d2.

 Di semua media, pembangkitan gaya antara dua zat bermuatan identik tidaklah sama. Seperti yang kita lihat pada formulasi sebelumnya, r bervariasi tergantung pada mediumnya. Akibatnya, produksi gaya bervariasi bergantung pada medianya.



Rumus gaya Coulomb
Berdasarkan The Physics Classroom, hukum Coulomb menyatakan bahwa gaya listrik antara dua benda bermuatan berbanding lurus dengan hasil kali jumlah muatan dan berbanding terbalik dengan jarak kuadrat kedua benda tersebut. Sehingga, rumus gaya Coulomb dinyatakan dengan persamaan:

F= k. q1.q2 /r²


F         = gaya listrik

k         = konstanta coulomb

q1, q2= Besar muatan

r²       = Jarak muatan


b) Daya tarik coulomb
Ketika dua atom mendekat dan tarikan coulomb memiliki perbedaan yang besar (karena jarak keduanya dalam tabel periodik), atom dengan nilai coulomb yang lebih besar akan mencuri elektron atom yang nilai coulombnya lebih kecil. Atom dengan nilai coulomb yang lebih besar akan menjadi muatan negatif karena kelebihan elektron. Atom dengan nilai coulomb yang lebih kecil menghasilkan muatan positif karena kekurangan elektron. Ketika satu atom bermuatan positif dan atom lainnya bermuatan negatif, maka timbul gaya tarik menarik coulomb antara atom-atom bermuatan dan atom-atom tersebut tertarik satu sama lain. Dengan cara itulah ikatan ionik terbentuk.


F. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa gaya coulomb yang ditemukan oleh Charles Augustin de Coulomb dapat diartikan sebagai gaya tarik-menarik antara benda yang bermuatan listrik. Selain itu, berdasarakan penjelasan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa daya tarik coulomb pada atom dengan nilai coulomb tinggi akan mengambil/mencuri elektron atom yang nilai coulombnya lebih kecil.


G. Pertanyaan
1. Apa keuntungan atau kelebihan hukum coulomb?
2. Apa keterbatasan hukum coulomb?

H. Jawaban
1. Coulomb dapat membantu dalam pengukuran jarak dua benda bermuatan listrik, rumusan matematis hukum Coulomb juga dapat digunakan untuk mempengaruhi arah dua potensial listrik, dan metode ini juga dapat digunakan untuk menghitung bidang vektor.


2. Jika jumlah rata-rata pelarut antara kedua ion bermuatan penting tersebut besar, maka hukum Coulomb berlaku.

Jika salah satu muatan titik berada dalam kesetimbangan, berlaku hukum Coulomb.

Kapan pun ion berada dalam bentuk tidak beraturan, menerapkan hukum Coulomb merupakan suatu tantangan. Akibatnya, setiap kali muatan tampak dalam bentuk yang tidak dapat diprediksi, sehingga tidak dapat dihitung nilai rentang 'd' di antara muatan tersebut.


I. Daftar Pustaka

Utami, Silmi Nurul. Gaya Coulomb pengertian dan rumusnya. Kompas. 2022. Di akses pada 25 September 2023. https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/19/140000369/gaya-coulomb-pengertian-dan-rumusnya 


Faradila, Firda. Apa itu Ikatan Ion? - Pengertian, Proses Pembentukan, dan Contohnya. Aku pintar.2022. Diakses pada 25 september 2023. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/apa-itu-ikatan-ion-pengertian-proses-pembentukan-dan-contohnya-#:~:text=Ikatan%20ion%20adalah%20ikatan%20yang,yang%20dihasilkan%20disebut%20senyawa%20ion.



Unacademy. Hukum coulomb. Unacademy. Diakses pada 24 september 2023. https://unacademy-com.translate.goog/content/nda/study-material/physics/coulombs-law/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc


Alevel Chemistry. Daya tarik Coulomb. Di akses pada 25 september 2023. https://alevelchemistry-co-uk.translate.goog/definition/coulombic-attraction/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc


Geeks for geeks. Hukum coulomb. Diakses pada 24 september 2023. https://www-geeksforgeeks-org.translate.goog/coulombs-law/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc










 


6 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.