.

Selasa, 26 September 2023

Sistem Periodik Unsur: Pemahaman Tentang Properti Dan Tren Periodik

Nama: Muhammad Reza Gunawan                                                                                                                 Nim: 41623010022




  
Abstrak                                                                                                                                       

      Sistem Periodik Unsur yaitu dasar penting dalam kimia modern yang membantu kita memahami properti dan tren unsur-unsur dalam tabel periodik. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang sistem ini. Kami akan mulai dengan pendahuluan yang menjelaskan sejarah dan struktur tabel periodik, Kemudian, kami akan menjelaskan properti dan tren periodik yang penting, seperti ukuran atom, energi ionisasi, afinitas elektron,dan reaktivitas. Rumusan masalah dalam artikel ini adalah "Bagaimana sistem periodik unsur membantu kita memahami properti dan tren periodik unsur-unsur?" kami akan menjawab pertanyaan ini dengan memberikan penjelasan yang mendalam tentang konsep-konsep ini. Akhirnya, artikel ini akan menyimpulkan pentingnya sistem periodik unsur dalam kimia modern dan bagaimana pemahaman terhadap properti dan tren periodik dapat memperkaya pengetauhan kita tentang unsur-unsur kimia.    

Pendahuluan

        Sistem Periodik Unsur adalah tabel yang mengorganisasi unsur-unusr kimia berdasarkan properti mereka dan tata letak elektron dalam atom ini adalah konsep paling fundamental dalam kimia modern yang memungkinkan kita untuk menyusun, mengklafikasikan, dan memprediksi dalam unsur-unsur , sistem ini pertama kali di usulkan oleh Dmitri Mendelev pada tahun 1869, yang mengatur unsur-unsur berdasarkan massa atomnya, Saat ini, tabel periodik disusun berdasarkan jumlah proton (nomor atom) dan tata letak elektron dalam atom. 

Rumusan Masalah

  1. Jelaskan secara rinci tentang tabel periodik?
  2. Apa tujuan pembuatan tabel periodik?
Pembahasan

1. Cara Membaca Tabel Periodik Unsur 

        Cara membaca tabel periodik unsur adalah membacanya dari kiri atas ke kanan bawah, memahami golongan unsur, memahami periode unsur, dan membedakan anatara logam, semi logam, dan non logam. dimana unsur disusun dari nomor atom terkecil yang ditempatkan di kiri atas bawah. Seiring dengan bertambahnya nomor atom, unsur akan disusun berpindah kolom dari atas kebawah kiri atas kebawah.

Memahami Golongan Unsur

        Cara membaca tabel periodik unsur salah satunya adalah dengan memahami golongan unsur. Unsur-unsur dalam kolam yang sama (atas ke bawah) merupakan satu golongan. Dilansir dari American Museum of Natural History, unsur-unsur dalam golongan yang sama breaksi dengan elemen lain dalam cara yang hampir sama pula.

Membedakan antara logam, semi logam dan non logam


              Dalam membaca  tabel  periodik, kita harus membedakan antara unsur yang merupakan logam, semi logam, atau metaloid, dan non logam. Pada umumnya, unsur logam berada disebelah kiri tabel periodik (kecuali hidrogen yang merupakan unsur non logam). Sedangkan, unsur non logam berada disebelah kanan tabel periodik. Keduanya, dipisahkan oleh unsur-unsur metaloid. Adapun, yang termasuk kedalam unsur metaloid adalah boron, slikon, germanium, arsenic, antimony, tellurium, dan astatine.

2. 4 Tujuan tabel periodik

        Tabel periodik merupakan tampilan yang berisikan informasi mengenai unsur kimia yang disajikan dalam bentuk tabel. Unsur kimia tersebut sudah muncul dan banyak diteliti sejak jaman kuno. Melalui tabel periodik, klarifikasi dan identifikasi atom dirasa lebih mudah dengan melihat nomor atom. Selain itu, ada beberapa tujuan dari pembuatan tabel periodik unsur yang harus anda tahu. Apa saja tujuan dan kegunaannya?

Tabel Periodik Unsur Dapat Mengetauhi Jumlah Unsur Atom

        Salah satu tujuan dari tabel periodik unsur adalah dapat mengetauhi jumlah unsur atom. Melalui tabel tersebut, Kalian bisa menemukan nomor atom dengan unsur apa saja. Nomor yang tertera dalam tabel merupakan jumlah proton. Jumlah tersebut sama dengan jumlah elektron yang ada disekitarnya.

Mengenai Tabel Periodik Unsur Nama dan Simbol 

          Tabel periodik unsur mempunyai tujuan untuk mengenal nama unsur dari partikel kimia. Anda bisa melacak nama dari unsur tersebut yang sebenarnya hanya dengan melihat nama singkatnya saja. Reaksi kmia tersebut ditulis menggunakan unsur nama yang disingkat dan adanya tabel tersebut dapat mengidentifikasikan unsur yang sesungguhnya. Selain bisa melacak nama sebenarnya dari unsur tersebut, Anda juga bisa melacak atau mencari tahu tentang simbol membantu Anda untuk mengidentifikasi partikel sebenarnya.

Mengetauhi Berat Unsur Atom

            Tabel periodik bertujuan untuk mengetauhi berapa unsur dalam sebuah atom. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan menemukan di kotak persegi dalam tabel yang dialokasikan pada setiap unsur. Nilai dalam sebuah atom sangat diperlukan untuk perhitungan kimia analitik sebagai besarnya.

Mengetauhi Konfigurasi Unsur Secara Elektron

            Tujuan yang terakhir adalah yang bisa anda temukan dari tabel periodik unsur adalah mengetauhi konfigurasi unusr secara elektron. Anda bisa menyimpulkan konfigurasi tersebut dengan mengehtauhi nomor atom pada tabel periodik. Melalui tabel tersebut, Anda juga bisa menyimpulkan unsur dari atom tersebut masuk kemana.

KESIMPULAN

        Dalam artikel ini, kita telah menjelaskan cara membaca tabel periodik unsur dengan memahami urutan penyusunan unsur, golongan, periode, dan perbedaan antara logam, semi logam, dan non logam. Tabel periodik adalah alat penting dalam kimia yang mengorganisir informasi tentang unsur-unsur kimia dan memfasilitasi pemahaman sifat dan perilaku mereka.Selain itu, kita juga telah membahas empat tujuan penting dari tabel periodik unsur:

1, Mengetahui Jumlah Unsur Atom: Tabel periodik membantu kita mengetahui jumlah proton dalam inti atom, yang sama dengan nomor atom. Hal ini penting dalam memahami struktur unsur kimia.

2. Mengenali Nama dan Simbol Unsur: Tabel periodik membantu kita mengenali nama unsur kimia dan simbol mereka. Simbol-simbol ini digunakan dalam penulisan reaksi kimia dan identifikasi unsur.

3. Mengetahui Berat Unsur Atom: Tabel periodik memberikan informasi tentang berat atom relatif (massa atom) dari unsur-unsur. Ini berguna dalam perhitungan kimia analitik dan penelitian ilmiah.

4. Mengetahui Konfigurasi Elektron: Tabel periodik juga membantu kita mengetahui konfigurasi elektron unsur kimia. Hal ini penting dalam pemahaman perilaku kimia unsur dan ikatan kimia.

Dengan memahami dan menggunakan tabel periodik unsur dengan baik, kita dapat menjelajahi dunia kimia dengan lebih baik dan menggali pemahaman yang lebih dalam tentang unsur-unsur dan sifat-sifat mereka.

SOAL!

  1. Apa pentingnya tabel periodik?
  2. Apa yang dimaksud dengan table periodik dan apa pentingnya dalam ilmu kimia?

JAWAB:

  1.  Tujuan dibuatnya tabel periodik unsur adalah untuk mengenal nama unsur dari partikel kimia secara mudah melalui pengelompokkan.
  2. Tabel periodik adalah tabel susunan unsur kimia berdasarkan nomor atomnya.

DAFTAR PUSTAKA:

Utami, Silmi Nurul. tabel, periodik, pengertian, dan cara membacanya//https://www.kompas.com/skola/read/2022/11/07/143000769/tabel-periodik--pengertian-dan-cara-membacanya

studymarker, prediction, element, properties, based, periodic and trends//https://www-studysmarter-co-uk.translate.goog/explanations/chemistry/physical-chemistry/prediction-of-element-properties-based-on-periodic-trends


Utami, Silmi Nurul. tabel, periodik, pengertian, dan cara membacanya//https://amp.kompas.com/skola/read/2023/07/25/160000769/pengertian-tabel-periodik-unsur-klasifikasi-dan-cara-membacanya


6 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.