.

Rabu, 12 Februari 2020

PENGARUH LIMBAH DARI PERKEMBANGAN INDUSTRI




Oleh : Jessica Chresstella

ABSTRAK

Jumlah manusia yang terus bertambah menyebabkan naiknya kebutuhan hidup seperti pangan, sandang dan lainya. Meningkatnya kebutuhan manusia ini  menyebabkan terjadinya peningkatkan pengunaan sumber daya alam dan limbah dari setiap produk industry yang dihasilkan. Aktivitas atau kegiatan manusia dalam memenuhi dan meningkatkan kualitas hidupnya dengan terus berupaya mengembangkan industry dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Bahan kimia yang banyak digunakan dalam industry memiliki pengaruh besar terhadap rusaknya lingkungan. Lingkungan yang sudah tercemar dapat membahayakan kehidupan manusia.

Kata Kunci : Lingkungan, Pencemaran Lingkungan


PENDAHULUAN

Lingkungan merupakan tempat hidup sekaligus menjadi tempat penampungan limbah hasil aktivitas manusia. Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Jika limbah dalam lingkungan masih dalam batas wajar maka lingkungan masih dapat bertahan untuk menetralkan dirinya kembali ke keadaan awal.  Namun, Jika limbah melebihi batas wajar maka dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa lingkungan telah mengalami pencemaran baik air, udara dan tanah. Parameter yang digunakan sebagai indikator pencemaran lingkungan secara biologi  menggunakan makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan mikroorganisme(bakteri).

Definisi dari pencemaran  adalah setiap  bentuk kegiatan yang dilakukan manusia dalam membuang bahan pencemar, baik berbenatuk padat, gas, cair  atau  partikel  tersuspensi  dalam  kadar  tertentu  sehingga dapat lingkungan ( Wardhana ,2001 dalam link www.indonesiastudents.com.

PEMBAHASAN


Jenis pencemaran berdasarkan penyebab polutannya dibedakan menjadi :

1.    Pencemaran Udara, yaitu benda asing yang masuk yang mempengaruhi kualitas udara di suatu wilayah tertentu. Jenis pencemaran udara (G.Tyler Miller Jr, 1979) utamanya berupa: carbon oxides (CO dan CO2), sulfur oxides (SO2 dan SO3), nitrogen oxides (N2O, NO dan NO2), hydrocarbons (CH4, C4H10 dan C6H6), photochemical oxidants (O3, PAN dan berbagai aldehid), particulates (asap, debu, kabut, jelaga, asbestos, Pb, Be, Cd, minyak, semprotan, garam sulfat), other inorganic compounds (asbestos, HF, H2S, NH3, H2SO4, HNO3), other organic compounds (pestisida, herbisida, berbagai alkohol, asam, bahan kimia lain), radioactive substances (tritium, radon, emisi dari BBM, instalasi pembangkit listrik), heat, dan noise.

2.    Pencemaran Suara (kebisingan), yaitu terjadinya bising (noise) di suatu lingkungan dan melampaui Nilai Ambang Batas yang ditentukan sesuai peruntukan lingkungan tersebut. Pengaruh kebisingan pada kesehatan manusia ditentukan oleh tingkat (kerasnya suara), jarak, dan intensitas kebisingan dari sumbernya. Setiap peruntukan lingkungan, misalnya lingkungan permukiman, lingkungan industri, dan lingkungan perkantoran, memiliki ambang batas yang berbeda satu sama lain.

3.    Pencemaran Air , yaitu benda asing yang masuk ke dalam suatu wilayah perairan dan menurunkan kualitas air di wilayah perairan tersebut. Menurut G. Tyler Miller Jr, 1979 dalam jurnal Ruang Lingkup Pencemaran oleh Sumampouw, Oksfriani Jufri dan Yenni Risjani, Jenis bahan pencemar air utamanya berupa oxygen demanding wastes (limbah rumah tangga, kotoran hewan, dan beberapa limbah industri), diseases causing agents (fungi, bakteri, dan virus), inorganic chemicals and minerals (asam, garam, dan logam beracun), organic chemicals (pestisida, plastik, deterjen, limbah industri dan minyak), plant nutrients (nitrat dan fosfat), sediments (tanah, lumpur dan benda padat yang dibawa erosi), radioactive substances, dan heat (berasal dan industri dan air pendingin dari instalasi pembangkit listrik).

4.    Pencemaran Tanah, yaitu benda asing yang ditambahkan di suatu areal lahan yang menyebabkan kualitas tanah di areal lahan tersebut kualitasnya menurun atau membahayakan makhluk hidup yang memanfaatkan tanah tersebut. Jenis bahan pencemar tanah dapat berupa bahan kimia, mikroorganisme, bahan radioaktif. Semua bahan pencemar yang ada dalam air juga mencemari tanah yang berkontak langsung dengan air tercemar tersebut.

5.    Pencemaran Radiasi, yaitu adanya bahan bersifat radioaktif yang memiliki kekuatan radiasi melampaui Nilai Ambang Batas yang ditentukan (radiasi bahan radioaktif), atau adanya panas yang menimbulkan radiasi panas yang melebihi temperatur normal di suatu lingkungan (radiasi panas).

KESIMPULAN DAN SARAN

Pencemaran Lingkungan yang terjadi karena aktivitas manusia dapat menganggu dan membahayakan kehidupan manusia. Kegiatan Industri merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan guna meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia. Akan tetapi kegiatan industry selain dapat berdampak positif juga dapat berdampak negative. Dampak positifya menghasilkan barang dan jasa, meingkatnya lapangan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup dan dampak negatifnya mengahsilkan limbah dan pencemaran lingkungan serta dapat menimbulkan kerusakan sumber daya alam dan menurunkan kualitas hidup karena lingkungan hidup menjadi kotor dan tecemar.

Pembangunan industri juga harus memperhitungkan dampak negative yang mungkin timbul dan harus diusahakan untuk meminimalkan dampak negative tersebut.
Perlu adanya tindakan pencegahan dan pengendalian agar limbah-limbah yang berasal dari industry terutama limbah dari bahan-bahan kimia tidak merusak lingkungan.


DAFTAR PUSTAKA

Sumampouw, Oksfriani Jufri dan Yenni Risjani. 2018. Indikator Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books_pencemaran_lingkungan diakses pada 7 Februari 2020
Rochmad, Subardan. 2006. Ruang Lingkup Pencemaran. Penerbit Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/Jurnal_lingkungan diakses pada 7 Februari 2020
Supraptini. 2002. Pengaruh Limbah Industri Terhadap Lingkungan Di Indonesia. http://repository.litbang.kemkes.go.id/Jurnal diakses pada 7 Februari 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.