.

Jumat, 07 September 2018

Dampak dan Inovasi Limbah Plastik


Oleh : Erlangga Maulana Sakhi (@K02-Erlangga)

Abstrak 
Limbah Plastik adalah salah satu limbah yang sangat sulit diurai oleh alam. sampah plastik bisa dari mana saja, pabrik bahkan dari rumah tangga. Limbah plastik tidak hanya memiliki sisi negatif di tangan orang tertentu, plastik dapat menjadi barang yang memiliki nilai jual yang lebih. Seorang yang Inovatif dapat mengubah plastik menjadi bahan bakar atau bahan bangunan.

Kata kunci : Limbah plastik,Inovasi, Plastik, plastic bag, plastic bottle, trash.
            
Seperti yang kita ketahui plastik termasuk dalam hasil indutri sebuah perusahaan yang menggunakan berbagai bahan kimia. Menurut Hidayat dan Kholil (2017) “Kimia dan industri sangat erat salah satu aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri adalah plastik.”

            Sebelum kita membahas tentang inovasi terhadap limbah plastik, saya disini ingin menjelaskan mengapa limbah plastik saat ini sangat penting untuk di bahas. Pertama plastik memang menjadi salah satu bahan baku yang sangat berguna dan membantu manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun terdapat ancaman yang sangat berbahaya mengintai dibalik semua itu.

            Seperti yang kalian semua sudah tahu, bahwa plastik adalah salah satu barang industri yang menggunakan bahan kimia didalam proses pembuatannya, dimana membuat plastik sangat sulit diurai oleh alam. Menurut Hidayat, Mukhlis, dan Putri (2017) "Plastik di perkirakan membutuhkan waktu 100 – 500 tahun untuk terurai". Belum lagi plastik dapat mencemari berbagai aspek-aspek kehidupan seperti air,tanah,laut, bahkan udara. Jika kita tidak berhenti atau berusaha mengurangi penggunaan plastik bukan tidak mungkin kita akan merasakan dampaknya suatu saat nanti.

            Bukan hanya manusia yang dapat terkena dampak dari limbah sampah plastik. Hewan pun dapat terkena dampak dari limbah itu sendiri, baik di darat maupun lautan/perairan. Seperti penyu yang terjerat plastik holder minuman kaleng, atau pantai yang kotor membuat penyu tidak bertelur yang menyebabkan kepunahan spesies itu sendiri. Jika limbah plastik berlebihan yang terdapat di laut bukan tidak mungkin ikan yang selama ini kita konsumsi mengandung bahan kimia yang terdapat dilimbah plastik itu sendiri.


Add caption
Gambar 1.

            Inovasi yang saya ingin bahas disini adalah pemanfaatan limbah plastik berbagai macam menjadi barang yang memiliki nilai jual yang tinggi dengan kata lain dapat menjadi karya seni yang tinggi. Misalkan tas plastik dari sampah “plastik” bekas makanan atau sabun pencuci piring, vas bunga dari tutup botol, payung dan karya lainnya.

Sekarang juga limbah plastik digunakan sebagai pencampur bahan bangunan. Menurut Wibowo (2005), "Penambahan serat Poyethylene ke dalam campuran beton dengan kadar 0,3% meningkatkan kuat tekan sebesar 20,36%, meningkatkan kuat tarik belah sebesar 2,05%, meningkatkan nilai kapasitas momen balok sebesar 15,79% dan meningkatkan nilai toughness sebesar 318,61%."

Limbah plastik juga dapat di konversi menjadi bahan bakar minyak. Menurut Surono (2013) "Jenis sampah plastik sangat banyak, dan membutuhkan cara atau campuran bahan kimia yang berbeda seperti, Sampah plastik jenis polietilene atau pilipropilene dapat diolah dengan proses hydrocracking yang dibantu dengan katalism menjadi hidrokarbon rantai pendek (sekelas bensin)."

            Kesimpulan dari artikel ini adalah kita tidak bisa memungkiri seberapa penting peranan kimia di industri plastik. Plastik menjadi barang yang sangat bermanfaat jika kita menggunakanya dengan bijak. Namun plastik juga dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap alam jika kita memiliki kesadaran yang sangat sedikit terhadap sampah plastik. Bukan berarti tidak memiliki nilai positif, di tangan seseorang yang kreatif dan inovatif plastik dapat menjadi salah satu bahan yang berharga dan memiliki nilai jual  yang lebih daripada hanya menjadi sampah.



DAFTAR PUSTAKA
Soebandono,Bagus,. Pujianto,As’at,. Kurniawan,Danar. 2013. Perilaku Kuat Tekan dan Kuat Tarik Beton Campuran Limbah Plastik HDPE. Dan http://journal.umy.ac.id/index.php/st/article/view/435 (diunduh 6 September 2018)
Hidayat,Muhammad Adyan,. Mukhlis, Muhammad,. Putri, Nursyifa Aziza,.2017. Pengolahan Limbah Plastik. Dan http://yuumukhlis.blogspot.com/2017/03/pengolahan-limbah-plastik.html?m=1 (diunduh 6 September 2018)
Kriesna Jadmika, Bayu. 2012. Usaha Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik. Dan http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/91863 (diunduh 6 september 2018)
Sahwan, Firman Laili. 2011. SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH PLASTIK DI INDONESIA. Dan http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/62236 (diunduh 6 September 2018)
Hidayat, Atep Afia., dan Kholil, Muhammad. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta. Patona Media
Surono,Untoro Budi.  2013. Berbagai Metode Konversi Sampah Plastik

Sari, Maya. 2016. 13 Dampak Sampah Plastik bagi Kesehatan dan Lingkungan. Dan https://dosenbiologi.com/lingkungan/dampak-sampah-plastik (diunduh pada 7 September 2018)

Gambar 1: https://www.google.co.id/search?q=penyu+terjerat+sampah&safe=strict&client=ms-android-asus-tpin&prmd=inv&source=lnms&tbm=isch&sa=X&cshid=1536591176697&biw=360&bih=616&tbs=isz:l&ved=0ahUKEwjI76mn2LDdAhWKqI8KHUbIA88QlJcCCCEoAg#imgrc=LF6Egpt3xQ_3pM:https://www.google.co.id/search?q=penyu+terjerat+sampah&safe=strict&client=ms-android-asus-tpin&prmd=inv&source=lnms&tbm=isch&sa=X&cshid=1536591176697&biw=360&bih=616&tbs=isz:l&ved=0ahUKEwjI76mn2LDdAhWKqI8KHUbIA88QlJcCCCEoAg#imgrc=LF6Egpt3xQ_3pM:

15 komentar:

  1. Sama-sama gan, jangan lupa tambang ga boleh merusak bumi

    BalasHapus
  2. @K09-Nia

    Artikelnya bagus dan sangat bermanfaat, judul juga sudah menarik bahkan sudah dilengkapi pula dengan gambar, saran dari saya supaya dicantumkan sumber dari foto tersebut. Nilai 78

    BalasHapus
  3. @K21-Rohit Artikelnya bagus dan menarik untuk daftar pustaka banyak kutip jurnal. nilai 78

    BalasHapus
  4. @K18-Fierdian
    Menurut saya artikelnya sudah bagus, mind mapnya sudah jelas, daftar pustakanya lengkap, penulisannya lengkap dengan link.
    Nilai : 80

    BalasHapus
  5. K17-Natalia
    Artikelnya sudah bagus dan bisa dimengerti apalagi dicantumkan gambar, mind mapnya mempermudah pembaca memahami isi artikel. Secara keseluruhannya sudah bagus.

    Nilai : 79

    BalasHapus
  6. @K06-Faisal
    Dalam artikel ini menarik pembaca. Karna, isinya bagus dan menarik. Daftar pustaka bagus dan baik. Kemudian di isi terdapat kutipan.
    Nilai : 78

    BalasHapus
  7. ( @K07-Karlen )
    Judul sudah baik,hanya saja judul sudah banyak yang menggunakan,tata tulis sudah baik, content sudah berbobot,mind map sudah bagus seharusnya logo Mercu Buana ditaro di pojok kanan atas. Penilaian 72

    BalasHapus
  8. @K29-Aprilia
    Isinya sangat baik dan bermanfaat, pengutipan pun tercantum diisi artikel. Mind mapping cukup menarik. Nilai : 76

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.