.

Sabtu, 08 September 2018

BIOKIMIA


 
Oleh : Musela Carentia (@K11-Musela)



Abstrak
Biokimia berasal dari kata Yunani  bios  “ kehidupan” dan chemis “ kimia”  yang sering diartikan sebagai ilmu yang mempelajari dasar kimia kehidupan. Atau dapat juga diartikan sebagai  salah satu ilmu yang mempelajari reaksi-reaksi kimia atau interaksi molekul dalam makhluk hidup.

Kata kunci : Biokimia dalam kehidupan manusia

Sepeti yang kita ketahui pada awalnya, banyak orang percaya bahwa makhluk hidup hanya bisa menghasilkan molekul hidup. Kemudian, pada tahun 1828, Friedrich Wöhler menerbitkan sebuah makalah tentang sintesis urea.
Hal ini membuktikan bahwa senyawa organik dapat diciptakan oleh makhluk hidup.

Pada tahun 1833, Anselme Payen menemukan enzim amilase. Eduard Buchner berhasil melakukan proses biokimia yang kompleks di luar sel pada tahun 1896 yaitu fermentasi alkohol di ekstrak sel ragi. Meskipun istilah “biokimia” pertama kali digunakan pada tahun 1882, tetapi istilah tersebut baru resmi diterima pada tahun 1903. Pada abad ke-20, biokimia berembang pesat seiring dengan penemuan teknologi baru seperti kromatografi, difraksi sinar X, mikroskop elektron, dll. Teknologi ini memungkinkan penelitian yang lebih rinci tentang berbagai molekul dan jalur metabolik sel seperti glikolisis dan siklus krebs.

Terdapat 92 unsur-unsur kimia alami yang penting untuk kehidupan. Sebagian besar elemen langka di bumi tidak dibutuhkan oleh kehidupan kecuali selenium dan yodium. Sementara itu, beberapa yang umum seperti aluminium dan titanium tidak digunakan oleh kehidupan. Semua hewan membutuhkan sodium, tetapi beberapa tanaman tidak. Tanaman membutuhkan boron dan silikon, tetapi hewan tidak atau dibutuhkan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Enam unsur kimia—karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, kalsium, dan fosfor—membentuk hampir 99% dari massa tubuh manusia. Selain enam unsur utama yang membentuk sebagian besar tubuh manusia, manusia juga membutuhkan 18 unsur lainnya namun dalam jumlah yang lebih kecil.
 
Monomer asam nukleat disebut nukleotida. Nukleotida yang paling umum adalah adenin, sitosin, guanin, timin, dan urasil. Adenin berikatan dengan timin dan urasit. Timin hanya mengikat adenin. Sitosin dan guanin hanya dapat saling mengikat satu sama lain.
Dan hubungan biologi molekuler dan biokomia saat ini hampir dianggap sama. Berikut adalah hubungan biokimia dengan ilmu biologi lainnya:
  1. Genetika adalah studi tentang pengaruh perbedaan genetik pada organisme.
  2. Biologi molekuler adalah studi tentang dasar-dasar molekul pada proses replikasi, transkripsi, dan terjemahan dari materi genetik.
  3. Biologi kimia berusaha untuk mengembangkan alat baru berdasarkan molekul yang memungkinkan gangguan dari sistem biologis sambil memberikan informasi tentang fungsi mereka.
Kesimpulan : Biokimia sangat lekat dalam kehidupan manusia,bahkan biokimia dapat berhubungan dengan segala macam bidang,seperti di bidang kesehatan dan pengobatan, biokimia menyelidiki penyebab suatu penyakit beserta obatnya. Dalam bidang nutrisi, biokimia mempelajari bagaimana cara untuk menjaga kesehatan dengan makanan dan mempelajari efek dari kekurangan nutrisi. Di bidang pertanian, biokimia menyelidiki tanah dan pupuk serta mencoba untuk menemukan cara untuk meningkatkan budidaya tanaman, penyimpanan tanaman, dan pengendalian hama



Daftar Pustaka
  • Hidayat,Atep Afia dan Muhammad Kholil.2017.Kimia,Industri dan teknologi Hijau.Pantom Media.Jakarta
  • Bahankuliahkesehata.blogspot.com/2011/05/materi-kuliah-pengantar-biokimia.html
  • Hedisasrawan.blogspot.com/2014/03/biokimia-artikek-lengkap.html.
  • Wwwkursksalvage.com/bagaimana-proses-biokimia.html.
  • http://www.ilmukimia.org/2013/04/biokimia.html
  • http://alatkimia.com/biokimia-dan-manfaatnya/

7 komentar:

  1. (@K29-Aprilia)
    Judulnya terlalu singkat. Tata penulisannya sudah bagus namun untuk daftar pustaka nya masih ada yg salah. Kontennya bermanfaat tapi kurang kutipan. Nilai 73

    BalasHapus
  2. (@K30-Puji)
    Judul :baik dan menarik
    Tata Tulis : penulisan rapih dan tata letaknya juga rapih
    Konten : sangat ilmiah dan banyak referensinya hanya kurang jurnal
    Mind map : rapih, hanya saja warna dasar terlalu gelap, dan logo mercu terlalu rapat dengan mind map
    Score : 78

    BalasHapus
  3. @K04-Bayu

    Judulnya menarik
    Penulisan abstrak yang menarik karena ada bahasa asingnya
    Konten masih harus diperbaiki terlihat seperti copas
    Mindmap kurang berwarna

    Nilai: 74

    BalasHapus
  4. @K13-Eggy
    Judulnya simple dan menarik, tata penulisannya masih belom justify tapi cukup berisi, mind mapnya masih belum ada nama pesertanya, daftar pustaka cukup
    Nilai : 73

    BalasHapus
  5. @K05-Risza

    Judul menarik
    Penulisan kurang paragraf.
    Konten masih harus diperbaiki
    Mind Map masih kurang jelas

    Nilai: 73

    BalasHapus
  6. @K28-Rofiqoh

    Materi bagus untuk menambah pengetahuan dan menarik
    nilai 78

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.