.

Sabtu, 08 September 2018

PENGELOLAAN MINYAK BUMI

Add caption
Diketik oleh : Andika Yudistira (@ProyekJ01,@J08-Andika)

Abstrak 
Apa sih minyak bumi itu? Minyak Bumi dalam Bahasa Inggris yaitu Petroleum, Minyak Bumi yaitu suatu cairan yang sangat kental yang berwarna hitam dan kehijauan, dan memiliki sifat yang mudah terbakar. Minyak Bumi memiliki tempat dibeberapa lapisan kerak bumi. Minyak Bumi adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan hidrogen dan karbon. Minyak Bumi yang baru saja diambil dari kerak bumi dan belum diolah diberi nama Minyak Mentah (crude oil). Sebelum digunakan Minyak Bumi harus melalui berbagai proses pengolahan untuk mendapatkan hasil minyak yang dapat digunakan masyarakat luas dengan cara memisah dan memilah berdasarkan titik didihnya. (Sasrawan, 2013)

Kata Kunci : Pengolahan Minyak Bumi, Petrokimia

   Pembentukan Minyak Bumi memiliki 6 tahapan proses pengolahan yaitu : Proses Destilasi , Proses Cracking , Proses Reforming , Proses Polimerasi dan Alkilasi , Proses Treating , dan yang terakhir Proses Blending. (Aulialia, 2016)
  • Proses Destilasi yaitu proses dimana Minyak Bumi diproses dengan memisahkan fraksi-fraksi yang terdapat di Minyak Bumi berdasarkan titik didihnya.
  • Proses Cracking yaitu proses yang memiliki tujuan untuk menguraikan molekul-molekul besar senyawa karbon menjadi molekul senyawa karbon yang lebih kecil.
  • Proses Reforming yaitu proses yang merubah molekul pada fraksi yang bermutu buruk menjadi molekul frraksi yang bermutu baik.
  • Proses Polimerasi dan Alkilasi, Proses Polimerasi yaitu proses penggabungan molekul kecil menjadi molekul yang besar dalam sebuah fraksi sehingga mutu dari produk akhir meningkat, sedangkan Proses Alkilasi yaitu proses penambahan atom pada suatu fraksi sehingga molekul fraksi tersebut menjadi lebih panjang dan bercabang.
  • Proses Treating yaitu proses pemurnian fraksi Minyak Bumi dengan tahap eliminasi bahan-bahan pengotor yang terdapat dalam proses pengolahan.
  • Proses Blending yaitu proses tahap terakhir pengolahan Minyak Bumi, Blending adalah proses peningkatan kualitas produk siap pakai dengan cara menambahkan zat aditif kedalam fraksi Minyak Bumi.
   Nah setelah melalui berbagai proses, Minyak Bumi akan menghasilkan berbagai macam hasil minyak yang dibutuhkan masyarakat luas, berikut 5 hasih olahan Minyak Bumi yaitu : Bensin , Solar , LPG (Liquid Petroleum Gas) , Avtur (Aviator Turbine) , dan Aspal. (Alkirasasi, 2017)

   Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa Minyak Bumi adalah kebutuhan pokok manusia saat ini, dan Minyak Bumi adalah suatu Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui, jadi cepat atau lambat Minyak Bumi akan habis bila dipakai secara terus menerus, Berikut saya akan menyebutkan dampak positif dan negatif dari penggunaan Minyak Bumi :
Dampak Positif :
- Minyak Bumi adalah sumber bahan bakar utama penghasil energi (bensin,solar)
- Minyak Bumi digunakan Industri Petrokimia sebagai bahan pembuatan polimer atau bahan chelimer lainnya.
- Penggunaan Minyak Bumi dapat berpengaruh besar bagi perekonomian suatu negara yang mengolah Minyak Bumi tersebeut.
Dampak Negatif
- Ketergantungan manusia pada penggunaan Minyak Bumi secara terus menerus yang akan berakibat habisnya Minyak Bumi.
- Hasil dari reaksi pembakaran Gas Karbondioksida (CO₂) yang bisa menyebabkan pemanasan global serta Gas Monoksida (CO) dari kendaraan.
- Efek produksi Minyak yang berlebihan akan menyebabkan terjadinya krisis. (Evan, 2015)
Jadi kesimpulan dari berbagai dampak diatas, kita sebagai manusia harus menjaga kelestarian Minyak Bumi dengan mengurangi penggunaan Minyak Bumi dan mencoba berinovasi untuk menciptakan sebuah energi dengan tidak bergantung pada Minyak Bumi dan ramah lingkungan agar Minyak Bumi terus ada dan tidak akan habis.

   Selanjutnya saya akan membahas tentang Industri Kimia, apa sih Industri Kimia atau Industri Proses Kimia itu? Industri kimia yaitu suatu industri yang mengolah bahan baku atau bahan mentah untuk menghasilkan suatu produk dengan menggunakan proses kimia. (Hidayat, 2008)
Lalu apa itu Industri Petrokimia? Petrokimia yaitu salah satu Industri Proses Kimia yang bergerak pada pengolahan bahan kimia menggunakan bahan baku dari proses pengolahan Minyak Bumi dan Gas Bumi. (Industri, 2015)

   Jadi kesimpulan dari Artikel ini adalah Minyak Bumi saat ini masih menjadi bahan pokok kebutuhan manusia dan Industri Kimia dan tinggal bagaimana kita sebagai manusia yang mengelola Minyak Bumi bisa mengelola Minyak Bumi dengan baik agar Ketersediaan Minyak di Bumi tidak cepat habis, dan kesimpulan lainnya yaitu Minyak Bumi adalah Sumber Daya Alam yang sudah tidak dapat diperbarui, kita sebagai manusia yang menggunakannya harus berinovasi dengan menciptakan sebuah karya untuk pengganti Minyak Bumi bila Minyak Bumi nanti habis.

   
DAFTAR PURTAKA :
1. Sasrawan, Hadi. 2013 , Minyak Bumi, hadisasrawan.blogspot.com, Dalam :
http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/06/minyak-bumi-artikel-lengkap.html (Diunduh 08 September 2018)
2. Aulialia. 2016 , 6 Proses Pengolahan Minyak Mentah Menjadi Minyak Bumi, ilmugeografi.com, Dalam :
https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/proses-pengolahan-minyak-mentah (Diunduh 08 September 2018)
3. Alkirasasi. 2017 , 5 Hasil Olahan Minyak Bumi, alkirasasi.wordpress.com, Dalam :
https://alkirasasi.wordpress.com/2017/12/23/hasil-olahan-minyak-bumi/ (Diunduh 08 September 2018)
4. Evan. Denmaz, 2015, Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Minyak Bumi, brainly.co.id, Dalam : https://brainly.co.id/tugas/2489820 (Diunduh 08 September 2018)
5. Hidayat, Arif. 2008 , Pengertian Industri Kimia, arhidayat.staff.uii.ac.id, Dalam : 
http://arhidayat.staff.uii.ac.id/2008/08/02/pengertian-industri-kimia/ (Diunduh 08 September 2018)
6. Industri. Proses, 2015 , Pengertian Dasar Industri Kimia Petrokimia, www.prosesindustri.com, Dalam : https://www.prosesindustri.com/2015/02/pengertian-dasar-industri-petrokimia.html (Diunduh 08 September 2018)

9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @J20-Fadilah
    Terimakasih untuk artikelnya, artikelnya sudah bagus tetapi Kurang pembahasan dan solusi
    (75 poin)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik , terimakasih muhammad fadilah untuk kritik dan masukannya

      Hapus
  3. @J09-Lintang

    Ada paragraf yang belum padu. Dimana seharusnya penjelasan tentang indusdtri kimia harusnya diawal sebelum mengarah ke industri minyak. Dan untuk mindmap sudah cukup bagus walaupun masih terlihat agak simple yang seharusnya lebih dibuat kompleks

    Nilai 78

    BalasHapus
  4. @J11-Denny
    Kritik: Perhatikan lagi tanda baca yang digunakan dan dipakai.
    Saran: Karena minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, ada baiknya penulis membuat suatu inovasi agar minyak bumi dapat dimanfaatkan dan dipakai secara maksimal.
    Komentar: Dampak negatif yang ditimbulkan dari minyak bumi harus kita minimalisir.
    Poin dari saya: 78.

    BalasHapus
  5. @J14
    Artikel ini dapat memberikan kita ilmu mengenai pengetahuan kimia pada pengelolaan minyak bumi dan juga memberitahukan kita beberapa dampak kimia disana
    Juga mind map di artikel ini sudah sangat baik
    Namun dalam daftar pustaka masih belum ada sumber dari jurnal
    Poin : 79

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.