.

Sabtu, 08 September 2018

Dampak Dan Inovasi Limbah Industri









Oleh: Risza Kurniawan
                                   @ProyekK01 @K05-Risza 
                                                        

    
Maraknya pertumbuhan industri manufaktur, berdampak pada meningkatnya jumlah limbah industri. Konsekuensi dari peningkatan jumlah limbah, akan mempengaruhi kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup. Maka dari itu, regulasi mengenai limbah industri mulai digalakkan oleh pemerintahan-pemerintahan di seluruh dunia. Regulasi tersebut mewajibkan para pemilik pabrik untuk mengolah kembali limbah mereka agar tidak berbahaya, dan bahkan pemanfaatan ataupun pemakaian ulang kembali. Pemanfaatan limbah bertujuan untuk mengubah efek limbah yang negatif menjadi bahan yang memiliki nilai fungsional yang positif.

Kata kunci : Penanganan  Dan Pemanfaatan  Limbah Industri
     
      Pencemaran akibat manusia adalah akibat dari aktivitas yang dilakukannya. Lingkungan dapat dikatakan tercemar jika dimasuki atau kemasukan bahan pencemar yang dapat mengakibatkan gangguan pada mahluk hidup yang ada didalamnya.
    
      Kampung Batik Semarang belum memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sehingga air limbah hasil produksi batik langsung di buang pada saluran pembuangan air. Limbah air yang berasal dari proses pewarnaan menyebabkan masalah terhadap lingkungan. Hal ini menyebabkan pencemaran pada saluran pembuangan air di lingkungan tersebut sehingga air di dalam saluran pembuangan bewarna hitam pekat. Uji terhadap BOD dan COD pada naftol sebesar 5 mg/l dan 83,9 mg/l, sedangkan pada garam sebesar 14mg/l dan 839 mg/l. Nilai COD tersebut melebihi baku mutu yang telah ditetapkan pemerintah sebesar 100 mg/l.
       
      Selama ini teknologi pengolahan air limbah yang umum digunakan adalah koagulasi-flokulasi. Teknologi ini mempunyai kelemahan pada biaya pengolahan yang tinggi dan volume sludge besar, terutama untuk mengolah air limbah yang berasal dari industri berbasis logam. Untuk itu dilakukan penelitian dengan cara merancang teknologi baru dengan prinsip dasar elektrokoagulasi flotasi. Teknologi ini diharapkan mampu secara teknik dengan biaya pengolahan yang lebih rendah. Prinsip kerja elektrokoagulasi flotasi adalah pelarutan logam anoda (M+) yang kemudian bereaksi dengan ion hidroksi (OH-) membentuk koagulan. Koagulan ini akan mengadsorbsi polutan-polutan menjadi senyawa berpartikel besar yang tidak larut yang akan terflotasi ke permukaan bak proses. Penelitian telah dilakukan dengan merancang alat yang terdiri dari bak umpan (40 liter), bak proses (300 liter), dan bak filtrasi (30 liter). Jenis elektroda anoda-katoda yang dipilih adalah Almunium (AL) dan Besi (Fe) yang berdimensi 25 cm x 50 cm sebanyak 4 pasang dengan jarak 2,5 cm. Tolok ukur keberhasilan menggunakan baku mutu air limbah industri golongan I (PERDA 10 tahun 2004).
          
      Pada penelitian ini, limbah cair yang berasal dari industri perikanan digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk cair organik. Effective microorganisms (EM4) digunakan sebagai bioaktivator enzim untuk perombakan material organik pada proses fermentasi dalam pembuatan pupuk organik cair. Pembuatan pupuk cair organik dilakukan di Laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Jurusan Keteknikan Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Indonesia dimulai Maret 2013 sampai dengan April 2013. Analisa parameter kimia kualitas pupuk cair organik seperti pH, C-organik, N total, P total, dan K total dilakukan di Laboratorium Kimia Tanah, Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya Malang.
        
     Dalam kegiatan operasional di Pabrik Kelapa Sawit, disamping akan dihasilkan produk utama (Main Product) berupa CPO dan PKO, juga akan dihasilkan produk sampingan (By-Product), baik berupa limbah padat maupun limbah cair dan juga polutan ke udara bebas. Berdasarkan jenis dan komposisi limbah di atas diketahui bahwa limbah cair memiliki kontribusi yang besar, yaitu antara 55% sampai 67% dari total TBS yang diolah. Limbah Pabrik Kelapa Sawit memiliki potensi nutrisi yang tinggi sebagai sumber nutrisi bagi pertumbuhan tanaman. Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit (LC PKS), Janjang Kosong, Kompos dan Abu Janjang mampu berperan sebagai pengganti pupuk konvensional (pupuk anorganik) yang murah dan dengan kandungan unsur hara (nutrisi) yang cuku memadai untuk menggantikan sumber nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Pemilihan bentuk dan metode aplikasi limbah harus dengan memperhatikan tyopografi, jenis tanah, jarak areal aplikasi dari PKS, biaya serta faktor lingkungan.

 Daftar Pustaka:
§  Mukimin, Aris (2006) http://eprints.undip.ac.id/15382/
§  Ayi Bahtiar(2007) http://repository.unpad.ac.id/1217/


9 komentar:

  1. @K04-Bayu

    Judul cukup baik teteapi masih bisa di improvisasi
    Tata penulisan abstrak yang sedikit kepanjangan namun kata kunci yang menarik
    Konten masih harus diperbaiki karena masih mengcopas seharusnya mengutip
    Daftar pustakanya masih kurang lengkap
    Mindmap yang kurang berwarna dan tidak ada logo kampus
    Nilai: 72

    BalasHapus
  2. ( @K08-Ryan )
    Judul : cukup menarik
    Tata tulis : rapih
    Konten : greget lahh
    Mind map : kurang logo mercubuana
    Nilai : 70

    BalasHapus
  3. @K03-Syaiful
    Judulnya menarik,penulisannya rapi tetapi tidak ada kontennya .Daftar pustakanya bagus. Mind mapnya menarik
    Nilai; 76

    BalasHapus
  4. K16-Syaiful

    Artikel menarik
    Judul bagus
    Kurang penempatan logo

    75

    BalasHapus
  5. @K24-Galang
    Mandmap rapih
    Judulnya menarik
    Nilai:70

    BalasHapus
  6. @K13-Eggy
    Judulnya dapat dibuat sebagai saran untuk kedepannya, tata penulisannya masih kurang tertata, logonya masih belum ada, daftar pustaka masih dari link mayoritasnya
    Nilai: 73

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. @k11-Musela
    Judulnya : sudah bagus untuk jadi refrensi
    Tata tulis : belum terlalu rapi
    Konten : masih kurang
    Mind map : kurng logo sama nama

    Nilai : 73

    BalasHapus
  9. ( @K07-Karlen )
    Judul sudah bagus,hanya saja sudah banyak yang menggunakan, tata tulis sudah rapih,untuk penulisan daftar pustaka masih kurang lengkap,mind map sudah baik hanya saja tidak ada logo Mercu Buana nya,untuk penilaian 70

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.