.

Kamis, 19 Desember 2019

TEKNOLOGI HIJAU

Oleh : Rachmatika Anantia Agustin
@P18-ANANTIA

ABSTRAK
Terknologi hijau adalah pendekatan yang tepat dalam menangani masalah alam sekitar dan ekonomi. Teknologi hijau merupakan pembangunan dan aplikasi produk, peralatan serta sistem untuk memelihara sistem dan sumber semula jadi dalam usaha mengurangkan kesan negatif aktvitas manusia. Kebangkitan teknologi hijau hampir sejajar dengan fenomena teknologi informasi dan istilah teknologi hijau terus muncul kepermukaan. Teknologi hijau juga diperkirakan akan banyak melahirkan kreatifitas dan inovasi yang menyebabkan perubahan lebih baik bagi peradaban manusia. 

KATA KUNCI
Teknologi Hijau

I. PENDAHULUAN
Teknologi adalah sekumpulan pengetahuan ilmiah, mesin, perkakas, serta kemampuan organisasi produksi yang dikelola secara sistematis dan efektif. Pada tahun 1973 muncul istilah teknologi tepat guna yang memiliki prinsip menghilangkan ketergantungan pada sumber daya luar yang tidak dimiliki oleh masyarakat setempat. Setelah teknologi tepat guna memasyarakat dan dan diaplikasikan di berbagai bidang seperti transportasi, pertanian, usaha kecil, kedokteran dan pendidikan, maka kemudian munsul istilah teknologi hijau, yang artinya menurut Catatan Soemarno (2011) adalah teknik untuk menghasilkan energi dan atau produk yang prosesnya tidak mencemari lingkungan.  

II. PERMASALAHAN
Banyak teknologi yang bersifat rawan terhadap konsumsi energi. Seperti teknologi untuk bangunan, misalnya pembangunan gedung secara vertikal bersifat konsumtif energi antara lain untuk penyediaan fasilitas lift, eskalator, AC dan sebagainya. Kesdaran akan perlunya teknologi yang lebih ramah lingkungan makin meluas. Teknologi yang boros energi terutama sumber energi fosil, kalau tetap di pertahankan berpotensi besar mengancam kerusakan planet  bumi, sekaligus membahayakan kehidupan umat manusia. 

III. PEMBAHASAN
Teknologi hijau adalah teknologi yang penggunaannya minim menggunakan sumber daya alam, termasuk sumber daya energi, mineral, air dan material serta minim menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan manusia. 

Tujuan Teknologi Hijau

  1. Pengurangan Limbah 
  2. Manajemen Limbah
  3. Pencegahan Polusi 
  4. Peningkatan Nilai Produk

Konsep Teknologi Hijau

  1. Konsep keberlanjutan, dimana kebutuhan masyarakat secara terus menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam.
  2. Konsep daur ulang, dimana proses produksi dirancang sedemikian rupa supaya dapat di daur ulang.
  3. Konsep pengurangan limbah dan polusi, dimana pola produksi dan konsumsi diubah sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan seminimal mungkin limbah dan polusi.  
  4. Konsep inovasi, dalam hal selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif.
  5. Konsep viabilitas, kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan senantiasa terpelihara keberadaannya.
  6. Konsep edukasi, upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat secara keseluruhan melalui pendidikan dan pelatihan. 
Prinsip Utama Teknologi Hijau

  1. Kenyamanan lokasi
  2. Ekonomis 
  3. Ramah lingkungan

Ruang Lingkup Teknologi Hijau

  1. Energi hijau
  2. Bangunan hijau
  3. Kimia hijau
  4. Nanoteknologi hijau 
IV. KESIMPULAN 
Teknologi hijau diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan praktis/teknologi yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembangunan yang dapat mewujudkan tatanan infrastruktur untuk memenuhi kebuhtuhan manusia secara berkelanjutan, tanpa merusak atau mengganggu alam. Teknologi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan generasi saat ini dan tidak mengganggu ketersediaan kebutuhan generasi mendatang. 

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, A.A dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri

Bohkari, M., dkk. 2014. Hubungan Antara Kefahaman, Kesadaran, dan Amalan Teknologi Hijau Berdasarkan Perfetif Etnik Di Negeri Melaka. Dalam http://journal.utem.edu.my/index.php/jhcd/article/view/2124/1277

Ginting, N.T. 2008. Mitigasi dan Adaptasi Dampak Perubahan Iklim Melalui Penerapan Teknologi Hijau. Dalam http://jurnalpermukiman.pu.go.id/index.php/JP/article/view/201

Asriningpuri, H., Fajar Kurniawan dan Galih Prambudi. 2015. Teknologi Hijau Warisan Nenek Moyang di Tanah Parahyangan. Dalam https://journal.uii.ac.id/JSTL/article/view/3507/3100


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.