.

Sabtu, 13 Oktober 2018

Pencemaran Udara


oleh :MuhamadFadilah(J20-Fadilah)

Abstrak: Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.

Kata kunci: Pencemaran ,udara.
·         Latar belakang
Pencemaran udara adalah peristiwa masuknya, atau tercampurnya, polutan (unsur-unsur berbahaya) ke dalam lapisan udara (atmosfer) yang dapat mengakibatkan menurunnya kualitas udara (lingkungan). Pencemaran udara dapat terjadi dalam berbagai cara,. Hal ini dapat menimbulkan dampak yang berbahaya bagi manusia, hewan, dan lingkungan. Sumber pencemar udara adalah aktivitas apapun yang menyebabkan polusi yang dipancarkan ke udara.
·         Penyebab pencemaran udara
Penyebab pencemaran udara ini pun dapat ditimbulkan melalui kegiatan atau aktivitas sehari- hari. adapun beberapa hal yang menyebabkan pencemaran udara antara lain adalah:

ASAP KENDARAAN
Asap kendaraan merupakan penyebab daripencemarani yang paling mudah untuk kita temui. Hal ini karena kendaraan merupakan alat transportasi yang siapa saja punyainya, baik kendaraan roda empat atau mobil maupun kendaraan bermotor. Asap kendaraan merupakan salah satu faktor penyumbang pencemaran udara yang sangat besar. Asap kendaraan yang setap hari di produksi oleh milyaran kendaraan setiap detiknya akan sangat menyebabkan pencemaran udara.
Oleh karena itulah kita sering mendapati bahwa daerah pedesaan udaranya lebih bersih dan sehat daripada di perkotaan. Hal ini salah satunya karena di pedesaaan jarang kita temui kendaraan bermotor atau mobil, sementara di kota sangat jarang yang mempunyai kendaraan bermotor maupun mobil.

KEGIATAN INDUSTRI/ASAP PABRIK
Asap pabrik yang dihasilkan dan biasanya dibuang melalui cerobong asap, apabila naik ke permukaan maka akan sangat membahayakan dan juga merupakan penyumbang dari gas- gas yang berbahaya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya asap yang dibuang tersebut merupakan wujud dari limbah pabrik yang tidak mempunyai fungsi sama sekali. Oleh karena itulah keberadaan limbah pabrik yang berupa gas dan di buang di udara ini merupakan faktor pemicu pencemaran udara.
                                       
LETUSAN GUNUNG BERAPI
Selain disebabkan oleh aktivitas manusia, ternyata polusi udara juga bisa disebabkan oleh alam. Faktor alam yang menyebabakan terjadinya polusi udara adalah meletusnya gunung berapi. Indonesia merupakan negara yang letaknya ada di sepanjang lempeng. Karena pengaruh letak geografis memiliki banyak sekali gunung berapi. Gunung berapi yang ada di Indonesia ini banyak sekali yang masih aktif dan beberapa di antaranya memiliki siklus meletus yang rutin beberapa tahun sekali. Oleh karena itulah tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat akan terjadi letusan gunung berapi.

KEBAKARAN HUTAN
Bencana alam senajutnya yang menyebabkan terjadinya polusi udara adalah kebakaran hutan. Hutan yang terbakar akan mengasilkan asap yang bertebaran kemana-kama. Asap- asap inilah yang menjadi sumber polusi udara. Oleh karena itulah banyak masalah timbul, terutama penyakit paru- paru apabila terjadi kebakaran hutan. beberapa masalah yang timbul ketika terjadi kebakaran hutan adalah munculnya penyakit paru- paru dan juga penyakit kulit.

·         Dampak pencemaran udara
1.      Dampak bagi kesehatan
Udara yang tercemar dapat masuk ke dalam tubuh melalui system pernapasan. Zat-zat pencemar berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas, sedangkan zat-zat pencemar berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Jika zat-zat pencemar telah masuk ke seluruh tubuh, tubuh seperti terkena racun, tetapi secara perlahan dan menumpuk dalam tubuh. Ketika timbunan dalam tubuh telah banyak, tubuh kita akan terasa sakit.Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) ini bisa diakibatkan kebakaran hutan yang meluas seperti di daerah Kalimantan dan Sumatera. Pencemaran udara ini juga menyebabkan penyakit asma dan bronchitis. Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik (beracun) dan karsinogenik (penyebab kanker).
2.      Dampak bagi ekonomi
Akibat pencemaran udara Bank dunia mencatat bahwa dampak kerugian akibat pencemaran udara sebesar RP 1,8  Trilyun.Jumlah meningkat pada tahun 2015 sebesar 4,3 Trilyun
3.      Dampak pada alam/pemanasan global
Pemanasan global merupakan dampak jangka panjang dari adanya polusi udara. Polusi udara dalam kategori tinggi dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu singkat akan memicu terjadinya pemanasan global. Hal ini karena kekayaan alam telah disabotase oleh manusia. Manusia yang telah emngalami kemodernan zaman akan melakukan berbagai macam aktivitas yang memicu polusi udara dan hal ini tidak bisa dikurangi. Manusia hanya akan mengontrol bertambahnya polusi udara dengan beberapa hal yang kecil saja. Dan tanpa kita sadari ternyata seiring manusia semakin modern justru Bumi akan semakin terancam keselamatannya.

·         Contoh pencemaran udara
1. Abu yang dikeluarkan akibat letusan gunung berapi
2. Gas-gas vulkanik
3. Debu yang berterbangan diudara akibat tiupan angin
4. Bau yang tidak enak akibat proses pembusukan sampah organik
5. Polusi udara dari luar maupun polusi dari dalam.

SOLUSI PENANGGULANGAN
Menghemat Energi yang digunakan.
Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui diantaranya Fuel Cell dan Solar Cell.

DAFTAR PUSTAKA
https://dosenbiologi.com/lingkungan/dampak-pencemaran-udara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.