.

Sabtu, 13 Oktober 2018

Pencemaran Lingkungan yang Disebabkan Oleh Limbah Industri


Dibuat Oleh : Karlen Alfani Ariesta ( @K07-Karlen)

Abstrak : Pencemaran lingkungan adalah, masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kulitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan (Silalahi, 2001)


Kata kunci : Pencemaran, pencemaran lingkungan, pencemaran limbah, industri, industri kimia.

Latar Belakang:
Pencemaran lingkungan adalah, masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kulitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan (Silalahi, 2001)
Menurut Hidayat, dan Kholil ( 2018) “Pencemaran lingkungan ( Environmental pollution ) merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpangurh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan, dan manusia.”
Pencemaran sering pula diklasifikasikan dalam bermacam-macam bentuk pola  pengelompokannya. Pengelompokan menurut jenis bahan pencemar menghasilkan pencemaran udara, air, tanah, makanan, dan sosial, sedangkan pengelompokan menurut sifat sumber, bisa menghasilkan pencemaran primer dan pencemaran sekunder.
https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiIwO_d84LeAhUEEnIKHZrSBXUQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fhealth.detik.com%2Fberita-detikhealth%2Fd-2405864%2Fgara-gara-polusi-bocah-8-tahun-di-china-sudah-kena-kanker-paru&psig=AOvVaw1O1UOTnWAEnQ07J2mvCA7w&ust=1539499866997540

Pencemaran limbah industri dibedakan berdasarkan industri yang dikerjakan. Macam-macam industri yang dihasilkan, antara lain; industri pangan, industri kimia & bahan  bangunan, industri sandang kulit & aneka, dan industri logan & elektronika. Limbah industri yang dihasilkan pun berbeda-beda dan efek samping atau dampak yang dihasilkan pun berbeda- beda.

1.      Limbah Industri Pangan.
Industri pangan, ialah sektor industri atau usaha kecil pangan yang mencemari lingkungan antara lain; tahu, tempe, tapioka, dan pengolahan ikan. Limbah usaha kecil pangan dapat menimbulkan masalah dalam penanganannya karena mengandung sejumlah besar karbohidrat, protein, lemak, garam-garam, mineral, dan sisa-sisa bahan kimia yang digunakan dalam pengolahan dan pembersihan.
Limbah industri tahu, tempe, tapioka, dan pengolahan ikan, serta industri pangan lainnya, dapat menimbulkan bau yang menyengat dan polusi berat pada air bila pembuangannya tidak diberi perlakuan yang tepat (Bachri, 1995)

2.      Limbah Industri Kimia, dan Bahan Bangunan.
Industri kimia adalah, perindustrian yang merujuk kepada industri yang terlibat dalam produksi zat kimia. Industri ini menggunakan proses kimia, termasuk reaksi kimia untuk membentuk zat baru, pemisahan berdasarkan sifat seperti kelarutan atau muatan ion, dan metode - metode lain.
Industri kimia seperti alkohol dalam proses pembuatannya membutuhkan air sangat  besar, mengakibatkan pula besarnya limah cair yang dikeluarkan lingkungan sekitarnya. Air limbah bersifat mencemari karena didalmnya mengandung mikroorganisme, senyawa organik dan senyawa anorganik.

3.      Limbah Industri Sandang Kulit & Aneka.
Sektor industri sandang dan kulit seperti pencucian batik, batik printing, pencemaran karena dalam proses pencucian memerlukan air sebagai mediunnya dalam jumlah yang besar. Proses ini menimbulkan air buangan yang besar pula, dimana air buangan mengandung sisa-sisa warna, kadar minyak tinggi,dan beracun.

4.      Limbah Industri Logam, dan Elektronika.
 Bahan buangan yang dihasilkan dari industri besi baja seperti mesin bubut, cor logam, dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Sebagian besar bahan pencemaranya  berupa debu, asap, dan gas yang mengotori udara disekitarnya. Selain pencemaran udara oleh  bahan buangan, kebisingan mesin yang ditimbulkan dalam industri baja (logam), akan menggangu ketenangan alam sekitarnya.

Solusi :
            Ada beberapa solusi yang dapat mengatasi pencemaran lingkungan disekitar perindustrian kimia , yaitu dengan cara filtrasi ( Penyaringan ) , penyaringan menggunakan media penyaring terutama untuk menjernihkan dan memisahkan partikel-partikel kasar dari limbah cair.
Lalu ada lagi , dengan cara biologi yaitu pemusatan molekul kompleks menjadi molekul sederhana. Proses ini sangan peka terhadap faktor suhu, pH, oksigen terlarut ,dan zat-zat beracun. Mikroorganisme yang digunakan untuk pengolahan limbah adalah bakteri, algae atau protozoa.

Kesimpulan :
Pencemaran limbah industri, ini akan berpengaruh  besar bagi lingkungan dan alam sekitar, sehingga kita wajib mengetahui bagaimana cara  pengelolaan, meminimalisir, dan pengolahan limbah industri yang tepat tanpa banyak menimbulkan dampak negatif  bagi kehidupan, supaya limbah hasil industri tidak mencemari lingkungan dan alam sekitar.
Dan sangatlah perlu perhatian penuh dari pemerintah untuk mekakukan tindakan yang lebih baik lagi dalam meningkatkan pelestarian lingkungan sekitar perindustrian.

DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.